Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & TrikYuk! Kepoin Biaya Servis Dinamo Mobil di Bengkel

    Yuk! Kepoin Biaya Servis Dinamo Mobil di Bengkel

    Sedang merencanakan untuk servis dinamo mobil? Sebaiknya Pilih bengkel dinamo mobil terpercaya supaya hasilnya lebih maksimal.

    News.OLX – Kehadiran bengkel dinamo mobil sudah menjamur di berbagai daerah. Dari yang bertindak khusus sebagai bengkel spesialis, bengkel resmi, hingga bengkel umum, sanggup memperbaiki dinamo bermasalah.

    Namun kira-kira berapa ya harga servis di bengkel dinamo mobil? Sebelumnya kita harus tahu dahulu apa itu dinamo mobil.

    Dinamo mobil, juga dikenal sebagai alternator, adalah salah satu komponen kelistrikan yang sangat penting dalam sistem kendaraan. Fungsinya utama adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. 

    Baca juga: Mudah Ditemukan di Rumah, Bahan-Bahan Ini Bisa Menghilangkan Jamur Pada Bodi Mobil

    Dinamo mobil memproduksi daya listrik yang diperlukan untuk mengisi baterai kendaraan dan menyediakan daya untuk berbagai sistem elektronik di dalam mobil, termasuk lampu, sistem audio, pengisian gadget, sistem pengapian, dan sebagainya.

    Cara kerja dinamo mobil

    Dinamo mobil biasanya terhubung dengan mesin kendaraan melalui sabuk yang berputar saat mesin beroperasi. Sabuk ini terhubung ke puli penggerak yang terpasang pada poros engkol mesin. 

    Cara kerja dinamo mobil, saat mesin menyala, puli penggerak berputar, menggerakkan sabuk, dan pada gilirannya, memutar puli pada dinamo mobil.

    Baca juga: Penyebab Kunci Mobil Susah Dicabut, Begini Cara Mengatasinya

    Prinsip utama yang digunakan dinamo mobil adalah induksi elektromagnetik. Di dalam dinamo mobil terdapat dua bagian penting, yakni rotor dan stator. 

    Rotor adalah bagian yang berputar dan terhubung dengan puli penggerak melalui sabuk, sedangkan stator adalah bagian diam yang mengelilingi rotor. 

    Stator dilengkapi dengan kumparan kawat tembaga yang membentuk medan magnet. Saat rotor berputar, medan magnet yang dihasilkan menginduksi arus listrik pada kumparan kawat tembaga stator. 

    Arus ini kemudian mengalir melalui regulator dan diubah menjadi tegangan searah (DC), yang digunakan untuk mengisi baterai kendaraan dan menyediakan daya bagi sistem elektronik.

    bengkel dinamo mobil

    Biaya servis di bengkel dinamo

    Biaya service di bengkel dinamo mobil bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk merek dan model mobil, jenis perbaikan yang diperlukan, dan lokasi. Harga service di bengkel dinamo mobil juga bisa berbeda antara bengkel resmi dan bengkel independen.

    Baca juga: Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

    Misal di bengkel resmi Hyundai, biaya service perbaikan dinamo mobil berkisar ratusan ribu, sedangkan jika harus mengalami pergantian biaya mengganti dinamo mobil berkisar mulai dari Rp 1,5 juta.

    Sedangkan mengacu pada bengkel dinamo mobil umum, misal Dokter Mobil. Di sana dibagi antara kerusakan dinamo starter termasuk ringan, yang biaya servis diperkirakan sekitar Rp 200.000.

    Hal ini juga berlaku jika dinamo starter masih berfungsi tetapi lemah. Nah, jika dinamo starter mati total, kategori kerusakan tersebut dianggap parah.

    Dalam kasus kerusakan parah, yang harus memungkinkan mengganti dinamo mobil perkiraan biayanya mulai Rp 650.000 hingga Rp 1.000.000. Belum termasuk jasa.

    Baca juga: Macam-macam Lampu Indikator Mobil Beserta Fungsinya

    Dengan memahami fungsi dan cara kerja dinamo mobil serta perkiraan biaya perbaikannya, pemilik kendaraan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan kendaraan mereka tetap berfungsi secara optimal. Dan jangan lupa untuk selalu memilih bengkel dinamo mobil yang sudah terpercaya.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait