Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    BeritaSasar Market Share 45%, Begini Strategi Mitsubishi Fuso di 2023

    Sasar Market Share 45%, Begini Strategi Mitsubishi Fuso di 2023

    JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor Mitsubishi Fuso di Indonesia berhasil melalui tahun 2022 dengan berbagai pencapaian yang cukup membanggakan di sektor penjualan kendaraan komersial.

    Tahun lalu, Mitsubishi Fuso mampu menjadi pemimpin untuk penjualan kendaraan niaga terbanyak dengan market share sebesar 41.1%.

    Hal ini terungkap saat Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, menggelar acara Media Gathering, Senin (6/3/2023) di Jakarta. 

    Meluncurnya produk terbaik yang sudah berbasis Euro4 dari Mitsubishi Fuso mendapat renspon positif dari para konsumen. Konsumen mengakui produk Fuso Euro4 menjadi “lebih kuat” dengan beberapa peningkatan teknis yang dilakukan. 

    Begitu juga dukungan di sektor aftersales dimana Mitsubishi Fuso juga terus meningkatkan ketersediaan spare part yang berkualitas, sesuai kebutuhan konsumen. 

    Dua strategi ini berhasil menempatkan merek kendaraan niaga asal Jepang ini tetap menjadi nomor satu di Indonesia.

    Tak puas dengan penguasaan market share 41.1%, Mitsubishi Fuso kemudian mencanangkan target bisa menguasai hingga 45% market share di tahun ini. 

    Beberapa strategi pun sudah disiapkan oleh perusahaan. 

    Beberapa produk terbaru akan dihadirkan di tahun ini, mulai dari Fighter X Mining Equipment Version 2 dan Fighter-X Super Long Trip yang menjadikan Mitsubishi Fuso sebagai pabrikan pertama yang meluncurkan MDT dengan tangki bahan bakar ganda.

    Di bulan April mendatang, Mitsubishi Fuso juga berencana untuk memperkenalkan varian baru di segmen Medium Duty Truck melalui Fighter X FN 62 F HD R. 

    Mudahkan pelanggan mengakses informasi lewat aplikasi MyFUSO

    Mitsubishi Fuso

    Selain meneruskan reputasi dari produk-produk terbaik Fuso Euro 4, tahun ini (2023) Mitsubishi Fuso akan fokus pada dukungan kepada konsumen selama kendaraan digunakan. 

    “Kami menyebutnya dengan “Integrated Powerful Solution” atau “Solusi Kuat Terintegrasi”. Mitsubishi Fuso akan memberikan dukungan terbaiknya kepada konsumen di setiap fase kepepemilikan dan penggunaan kendaraan, mulai dari menghadirkan produk yang unggul, menawarkan solusi pembiayaan dengan perusahaan rekanan, layanan purna jual yang fleksibel dan dapat disesuaikan, dan sistem manajemen armada yang didukung oleh Runner Telematic 3.0,” ujar Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT. KTB dalam sambutannya. 

    “Seluruh penawaran ini akan kami hadirkan melalui aplikasi MyFUSO apps dengan tepat waktu dan konsumen dapat mengetahui dengan detail melalui aplikasi ini,” sambungnya. 

    Aplikasi MyFUSO merupakan aplikasi digital terbaru dari Mitsubishi Fuso yang dirancang untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi terkait produk, layanan purna jual dan berbagai program lainnya. 

    Dengan sistem pengoperasian yang lebih mudah dan informasi lebih lengkap, konsumen akan mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan saat mendownload aplikasi ini. 

    Keunggulan menggunakan MyFUSO apps, antara lain: 

    • Fitur lengkap: mulai dari pengelolaan kendaraan, katalog suku cadang, permintaan pemesanan servis, pengajuan klaim garansi, dll 
    • Akses mudah informasi kendaraan: Service history, sertifikat garansi, dan lain-lain. 
    • Single Sign On (SSO) dengan Runner: akun My Fuso dan Runner terintegrasi. • Terintegrasi dengan Dealer : Informasi akan langsung diterima oleh dealer yang bersangkutan. 

    Konsumen pemilik kendaraan Mitsubishi Fuso bisa mengunduh aplikasi ini melalui platform Web Browser, Mobile Browser, Android Aps dan iOS Apps yang sudah tersedia dalam waktu dekat. 

    Mitsubishi Fuso luncurkan versi terbaru dari Runner Telematic 3.0

    Sebagai upaya dukungan lebih paripurna terhadap konsumen, Mitsubishi Fuso juga di kesempatan yang sama telah memperkenalkan Runner Ver 3.0.

    Aplikasi ini menghadirkan fungsi fitur yang lebih unggul dari segi tampilan dan pegoperasiannya dibanding versi sebelumnya, sehingga konsumen dapat lebih mudah menggunakannya. 

    Runner 3.0 dilengkapi dengan opsi layanan tambahan seperti Warehouse Management System, Service Management System, Data Integration, Fleet Business Support yang memudahkan sistem manajemen pekerjaan bagi konsumen sehingga dapat menjalankan bisnis dengan lancar.

    Sebelumnya, telematik sistem berbasis layanan GPS ini dikembangkan KTB dari tahun 2018, dan didedikasikan khusus bagi pelanggan pemilik dan pengguna kendaraan Mitsubishi Fuso.

    Hingga akhir tahun 2022 lalu, tercatat sudah ada 59.500 pengguna layanan ini dengan total kendaraan terinstalasi sebanyak 185.000 serta rasio aktivasi 63%.

    “Runner 3.0 akan menjadi solusi terbaik bagi pelanggan kami karena sudah mengalami penyempurnaan di beberapa aspek, mulai dari desain, business operation dan integration, lebih user friendly dan lebih siap mendukung bisnis pengguna Mitsubishi Fuso,” terang Duljatmono Sales and Marketing Director KTB.

    Aplikasi ini juga sudah memiliki fitur Job Order Management System, dimana penggunanya bisa melakukan setting job order di dalam sistem dan semua job (orderan) bisa dimonitor oleh Runner GPS. 

    Job order juga dapat dialokasikan ke Runner Driver Apps sehingga driver dapat memonitor setiap ada order dari manajemen.

    “Beberapa fitur tambahan ini akan sangat memudahkan konsumen setia Mitsubishi Fuso. Sekarang Runner bukan lagi sekadar GPS, tapi juga sudah bisa untuk membantu jalannya business operation. Kami sangat fleksibel dalam mengembangkan platform Runner berdasarkan kebutuhan konsumen,” pungkasnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait