Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTarif Tol Jakarta-Surabaya Terbaru, Ini Daftar Lengkapnya

    Tarif Tol Jakarta-Surabaya Terbaru, Ini Daftar Lengkapnya

    Tarif tol Jakarta-Surabaya telah mengalami beberapa penyesuaian seiring berjalannya waktu. Biaya tol untuk perjalanan antara Jakarta dan Surabaya bervariasi tergantung pada ruas tol yang akan dilalui. 

    News.OLX – Informasi mengenai tarif tol Jakarta-Surabaya menjadi sangat penting. Hal ini terutama bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain, termasuk saat musim mudik seperti Lebaran.

    Dengan mengetahui tarif tol Jakarta-Surabaya, pemilik kendaraan pribadi dapat memperkirakan pengeluaran mereka untuk biaya masuk ke jalan tol. Berikut merupakan daftar tarif tol Jakarta-Surabaya yang berlaku untuk tahun 2023.

    Tarif tol Jakarta – Surabaya

    Jakarta-Cikampek sebesar Rp 20.000. 

    Cikopo-Palimanan sebesar Rp 119.000. 

    Palimanan-Kanci sebesar Rp 12.500. 

    Kanci-Pejagan sebesar Rp 29.500 

    Pejagan-Pemalang sebesar Rp 60.000 

    Pemalang-Batang sebesar Rp Rp 45.000 

    Batang-Semarang sebesar Rp Rp 86.000 

    Semarang ABC sebesar Rp 5.500 

    Semarang-Solo sebesar Rp 66.500 

    Solo-Ngawi sebesar Rp 104.500 

    Ngawi-Kertosono sebesar Rp Rp 91.000 

    Kertosono-Mojokerto sebesar Rp 49.000 

    Mojokerto-Surabaya sebesar Rp 39.000 

    Baca juga: Tol Getaci Jadi Jalan Bebas Hambatan Terpanjang di Indonesia, Segini Perkiraan Tarifnya

    Jika diakumulasikan, total biaya yang dihabiskan untuk tarif tol dari Jakarta menuju ke Surabaya adalah sebesar Rp 727.500. Sebab itu, jangan lupa untuk menyiapkan saldo yang cukup di kartu elektronik (e-money) atau e-toll kamu.

    tarif tol (2)

    Rest area Trans Jawa

    Saat melintasi Tol Trans Jawa, ada baiknya kamu singgah di tujuh rest area yang disediakan di sepanjang pulau Jawa ini. Lokasinya strategis dan dikelilingi pegunungan nan indah. 

    Lantas, seperti apa keindahan yang dihadirkan serta di mana lokasi rest area tersebut? Berikut penjelasannya.

    1. KM19 (Jakarta-Cikampek)

    Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, rest area KM19 mungkin sudah tidak lagi asing dan dikenal sebagai salah satu tempat beristirahat terbaik. 

    Rest area ini telah beroperasi sejak tahun 2005 dan sering disebut sebagai “rest area kapal” karena desain kanopinya menyerupai bentuk kapal.

    Baca juga: Kapan Ganti Air Radiator? Ciri Cairan Pendingin Harus Diganti!

    Tempat ini sering dijadikan tujuan bagi mereka yang melakukan perjalanan ke arah Cikampek. Rest area ini menawarkan beragam fasilitas, termasuk restoran, kafe, dan minimarket, sehingga para pengguna jalan tol bisa memenuhi berbagai kebutuhan mereka selama istirahat.

    Terkini, terdapat berita yang menyebutkan bahwa rest area KM19 sedang dalam proses pembangunan hotel bintang 3. Hal ini akan menjadikan rest area ini sebagai tempat pertama yang memiliki hotel di ruas jalan tol Trans Jawa.

    2. KM102

    Ketika kamu mengemudi melewati ruas tol Palimanan, tak perlu khawatir karena ada satu destinasi istimewa yang siap memberikan pengalaman luar biasa, yaitu rest area KM102 arah Cirebon, Jawa Barat. 

    Rest area KM102 menjadi pilihan unggul untuk beristirahat dengan segala fasilitas yang lengkap dan memadai.

    Baca Juga: Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Rest area ini tak hanya menyediakan stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) untuk kendaraan, tetapi juga menawarkan beragam pilihan kuliner di restoran-restoran berkualitas. 

    Kamu juga dapat menikmati secangkir kopi di kafe yang nyaman atau memenuhi kebutuhan sehari-hari di minimarket yang tersedia.

    Yang membuat rest area ini semakin istimewa adalah parkir luas yang memungkinkan kamu untuk berhenti dan bersantai dengan nyaman. Selain itu, sistem keamanan yang selalu terpantau dengan baik memberikan rasa aman yang tak tergantikan.

    Saat berada di rest area KM102, kamu dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Jangan lupa untuk menjelajahi gerai oleh-oleh yang menyediakan beragam pilihan, sehingga kamu bisa membawa kenang-kenangan untuk keluarga atau teman-teman di kampung halaman.

    3.KM166

    Salah satu rekomendasi terbaik untuk beristirahat adalah di rest area KM166 arah Cirebon. Tempat ini setara dengan KM102, termasuk dalam daftar rest area tipe A yang dikelola oleh jalan tol.

    Baca juga: Salah Pilih Pelumas Bisa Bikin Mesin Mobil Jebol Kepanasan

    Fasilitas yang ditawarkan di rest area KM166 ini juga sangat lengkap, mulai dari stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), restoran yang menyajikan beragam hidangan lezat, kafe untuk menikmati segelas kopi yang menyegarkan, minimarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga area parkir yang luas dan aman yang selalu diawasi.

    4.KM207A

    Salah satu alternatif rest area terbaik yang patut dipertimbangkan adalah di KM 207A. Tempat ini sering dijadikan pilihan favorit para pengemudi yang melintasi tol Kanci. 

    Satu hal yang cukup menarik di rest area ini adalah adanya stasiun pengisian daya untuk mobil listrik, yang terletak persis di depan gerai kopi Starbucks. Jadi, para pengemudi yang menggunakan mobil listrik dapat mengisi daya sambil beristirahat sejenak.

    Rest area ini juga dikenal dengan beragam pilihan kuliner yang selalu ramai dikunjungi oleh para pengguna jalan tol. 

    Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, termasuk toilet, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), restoran, kafe, minimarket, area parkir yang luas, gerai oleh-oleh, masjid, dan fasilitas pengisian angin nitrogen.

    Baca juga: Penyebab dan Cara Atasi Mesin Mobil Cepat Panas

    Terlebih lagi, pada sore dan pagi hari, tempat ini menawarkan suasana yang sangat menyenangkan dan pemandangan yang menyejukkan, membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk berhenti sejenak selama perjalanan.

    5. KM22 Semarang

    Selanjutnya, terdapat rest area lain yang patut diperhitungkan, yaitu Rest Area KM 22 di Semarang-Bawen, Jawa Tengah. Rest area ini terletak di Ungaran Timur dan memiliki ciri khas sebuah masjid dengan kubah merah yang mencolok.

    Masjid ini sering dijadikan tempat sholat bagi para pengemudi yang melakukan perjalanan ke arah Jawa Tengah dan sekitarnya. Selain itu, tempat ini juga menawarkan beragam fasilitas yang sangat memadai bagi pengunjungnya.

    Baca juga: Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Area parkir di rest area ini cukup luas, memberikan kemudahan bagi pengguna jalan tol. Namun, perlu diingat bahwa selama musim mudik, seperti Lebaran, hampir semua rest area cenderung menjadi sangat ramai dan penuh oleh berbagai jenis kendaraan.

    Selain keberadaan masjid yang menarik, rest area ini juga dikenal memiliki beragam pilihan kuliner yang dijual oleh para pedagang. Jadi, selama istirahat, kamu bisa menikmati berbagai makanan lezat yang ditawarkan di sini.

    6. KM456 (Pendopo)

    Selanjutnya, ada Rest Area KM 456 yang telah dinobatkan sebagai rest area terbaik di Indonesia menurut Kementerian PUPR. Mengapa rest area ini mendapatkan penghargaan tersebut?

    Baca juga: Oli Mobil Berwarna Hitam, Apakah Tanda Mesin Bermasalah?

    Rest area ini memiliki desain bangunan yang mengusung tema pendopo, sehingga sering disebut sebagai “rest area pendopo.” Bangunan ini terletak di atas lahan seluas 3,3 hektare, dan menawarkan pemandangan yang sangat memukau, terutama saat pagi dan sore hari.

    Keunikan lainnya adalah adanya sky bridge atau jembatan penghubung yang menghubungkan dua rest area arah Surabaya dan Jakarta. 

    Ketika cuaca cerah, pengunjung berkesempatan untuk menikmati pemandangan gunung Merbabu yang megah dan sawah yang memanjakan mata.

    Selain keindahan alam, rest area ini juga menyediakan berbagai tenant seperti restoran, kafe, minimarket, serta gerai pakaian dan oleh-oleh. 

    Namun, penting untuk diingat bahwa di sini tidak terdapat stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), jadi pastikan kendaraan Anda memiliki cukup bahan bakar sebelum memasuki area ini.

    7. KM487 (Bale Nglaras)

    Terakhir, ada Rest Area KM 487 yang juga dikenal dengan nama “Bale Nglaras.” Tempat istirahat ini terletak di KM 487 A dan 487 B, arah Jakarta, di tol Semarang-Solo.

    Baca juga: Fungsi Radiator Mobil, Ini Komponen dan Cara Kerja Hingga Perawatannya

    Saat memasuki rest area ini, mata kita akan langsung disambut oleh sebuah patung sapi yang tersenyum. Patung ini menjadi ciri khas yang sulit untuk dilupakan dan menjadi penanda bagi banyak orang.

    Rest area seluas 1,3 hektare ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang ke sini.

    Sayangnya, perlu diingat bahwa di rest area ini tidak tersedia stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), sehingga tempat ini benar-benar difokuskan sebagai lokasi istirahat semata.

    Untuk menikmati pemandangan terbaik di rest area ini, direkomendasikan untuk datang pada pagi sebelum jam 9 atau di sore hari. Saat cuaca cerah, gunung Merbabu dan Merapi akan menyambut pengunjung dengan pemandangan yang memukau dari kejauhan, memancarkan keindahan alamnya.

    Baca juga: Mesin Motor Overheat, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Itu adalah biaya tarif tol Jakarta ke Surabaya serta tujuh rest area terbaik di sana. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait