Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTekanan Angin Ban Mobil Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh, Ini Alasannya

    Tekanan Angin Ban Mobil Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh, Ini Alasannya

    Ini akibatnya kalau kamu asal isi tekanan angin ban mobil!

    News.OLX – Tekanan angin ban mobil yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitasnya agar bisa optimal saat dibawa berkendara. Yang wajib kamu tahu adalah tekanan angin pada ban tidak boleh kurang atau berlebihan, usahakan untuk ikuti tekanan ban sesuai rekomendasi.

    Kenapa tekanan ban harus sesuai rekomendasi? Karena tekanan ban akan berpengaruh terhadap umur pakai ban juga. Jadi ketika kamu tidak mengisinya dengan benar, hal itu bahkan bisa berdampak terhadap perjalanan kamu.

    Terutama jika kamu ingin melakukan perjalanan jauh. Memeriksa dan menjaga tekanan angin ban mobil dengan baik sebelum melakukan perjalanan jauh sangat penting.

    Baca juga: Begini Ciri-Ciri Fan Belt Mobil yang Akan Putus, Segera Ganti!

    Dibawah ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menjaga dan memeriksa tekanan angin ban mobil sebelum perjalanan jauh :

    1. Keamanan saat di jalan

    Tekanan angin yang tidak sesuai dapat mengurangi stabilitas kendaraan kamu saat di jalan. Ban yang terlalu lembek dapat menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi atau dalam kondisi cuaca buruk.

    Sebaliknya, ban yang terlalu keras dapat mengurangi traksi dan mengakibatkan masalah pengereman. Sehingga tekanan angin ban harus sesuai dengan rekomendasi dan tidak sembarangan saat mengisinya.

    2. Kenyamanan saat berkendara

    Ban yang memiliki tekanan angin yang sesuai akan memberikan kenyamanan untuk kamu berkendara yang lebih baik. Kendaraan akan lebih mudah dikendalikan, dan perjalanan kamu akan terasa lebih nyaman tanpa getaran atau guncangan yang berlebihan.

    ban mobil (3)

    3. Efisiensi bahan bakar

    Ban yang memiliki tekanan angin yang tepat akan memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Ban yang terlalu lembek menyebabkan kendaraan bekerja lebih keras untuk bergerak, sehingga mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

    4. Mempengaruhi umur ban

    Ban yang terlalu keras atau terlalu lembek dapat mengakibatkan ausnya ban secara tidak merata.

    Baca juga: Jangan Asal Main Duplikat Kunci Mobil Immobilizer, Cek Syaratnya!

    Ini dapat mempersingkat umur ban dan mengharuskan kamu menggantinya ketika rusak, sehingga kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yang tidak diinginkan.

    5. Keseimbangan beban

    Tekanan angin yang tepat juga membantu dalam mendistribusikan beban kendaraan secara merata pada semua empat roda. Ini adalah faktor penting untuk menjaga kestabilan pada mobil dan menghindari keausan berlebihan pada salah satu sisi ban.

    6. Menghindari masalah yang tidak diinginkan

    Memeriksa tekanan angin ban sebelum perjalanan jauh juga memberi kamu kesempatan untuk mendeteksi masalah potensial pada ban, seperti kebocoran atau kerusakan.

    Dengan demikian, kamu dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum masalah tersebut berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius.

    Untuk memeriksa tekanan angin ban mobil, pastikan untuk merujuk pada panduan tekanan angin yang disarankan oleh produsen kendaraan kamu, yang biasanya dapat ditemukan di dalam buku manual kendaraan.

    Baca juga: Dampak Buruk Jika Mobil Kekurangan atau Kelebihan Oli

    Gunakan alat pengukur tekanan angin dan bisa juga dengan cara mengetuk ban apakah terasa keras atau lembek untuk mengukurnya dan pastikan ban dalam batas yang direkomendasikan sebelum kamu memulai perjalanan jauh.

    Jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin ban secara berkala selama perjalanan kamu untuk memastikan kestabilan dan keamanan berkendara kamu.

    Download aplikasi OLX Member of Astra di Play Store dan App Store. (Rk/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait