Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori10 Tips Berkendara saat Mudik dan Apa Saja yang Harus Disiapkan?

    10 Tips Berkendara saat Mudik dan Apa Saja yang Harus Disiapkan?

    News.OLX – Tidak terasa hari lebaran tahun 2023 akan segera tiba. Rasa rindu dengan orang tua dan saudara-saudara di kampung halaman sudah sangat besar. Apalagi setelah beberapa tahun belakangan ini ada pandemi COVID 19 yang membuat banyak orang menunda pulang ke kampung halaman.

    Momen mudik lebaran ini memang selalu dinantikan. Mulai dari mudik menggunakan kereta, bus, kapal laut, sampai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Diperkirakan jumlah pemudik tahun ini melonjak sangat pesat, bahkan diprediksi mencapai 124 juta orang akan mudik ke kampung halaman.

    Nah, untuk mempersiapkan diri, ada beberapa tips aman berkendara saat mudik lebaran nanti nih, khususnya untuk para pengguna mobil. Supaya aman, berikut beberapa tips yang perlu Anda simak dengan baik.

    Tips Berkendara Saat Mudik

    Tips berkendara saat musik

    Periksa Kondisi Kendaraan 

    Salah satu yang wajib dipastikan ketika ingin mudik menggunakan kendaraan adalah memastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Mulai dari periksa rem, lampu, ban, mesin, dan juga semua kelengkapan kendaraan lainnya. Jangan sekali-kali memaksakan kondisi kendaraan yang kurang nyaman. Oh iya, jangan lupa juga untuk membawa dokumen kendaraan yang lengkap.

    Istirahat yang Cukup 

    Tidak kalah penting, memastikan tubuh Anda cukup istirahat sebelum memulai perjalanan jauh, juga sangat penting loh. Karena, ketika Anda mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk, dapat mengurangi konsentrasi dan reaksi Anda dalam mengemudi. Hal itu berbahaya, apalagi dengan kondisi jalan yang cukup padat. Jadi, jika merasa mengantuk saat berkendara, badan kurang fit, alangkah lebih baik Anda segera berhenti dan istirahat. Karena sampai dengan selamat adalah hal paling utama, ketimbang tiba dengan cepat.

    Patuhi Aturan Lalu Lintas

    Selalu patuhi aturan lalu lintas, termasuk batasan kecepatan, rambu-rambu, marka jalan, serta tanda pengaturan arus lalu lintas. Jangan pernah memaksakan sesuatu yang tidak diperbolehkan, seperti menggunakan bahu jalan. Kondisi jalanan yang tidak menentu, bisa saja membuat kendaraan Anda tidak stabil, dan rawan terjadi kecelakaan. Pokoknya, hindari melanggar aturan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

    Gunakan Sabuk Pengaman

    Pastikan semua penumpang menggunakan sabuk pengaman, baik di depan maupun yang duduk di bagian belakang. Sabuk pengaman dapat melindungi Anda dari cedera saat terjadi kecelakaan.

    Jaga Jarak Aman

    Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jarak yang cukup memberikan Anda waktu yang cukup untuk bereaksi jika terjadi situasi darurat atau pengereman mendadak. Anda sering melihat kan di bagian belakang truk atau bus? Mereka selalu memberikan peringatan untuk menjaga jarak. Karena ukurannya yang besar, membuat jarak pandang kita ke depan pun berkurang, maka antisipasi yang paling bisa dilakukan adalah dengan menjaga jarak aman.

    Hindari Menggunakan Ponsel

    Menggunakan ponsel saat mengemudi dapat sangat berbahaya, dan ini valid. Banyak kasus kecelakaan terjadi karena pengemudi teralihkan ke handphone. Selain itu, Anda juga harus  menghindari mengobrol atau mengirim pesan saat mengemudi. Jika perlu menggunakan ponsel, parkirkan kendaraan Anda di tempat yang aman terlebih dahulu. Karena kehilangan konsentrasi beberapa detik saja, akibatnya bisa sangat fatal loh. Karena terkadang ada saja jalanan yang tidak bagus, ada saja pengemudi yang menyalip, jadi tetap fokus dan berhati-hati.

    Hindari Mengemudi di Malam Hari

    Mungkin banyak yang berpikir kalau melakukan perjalanan malam itu adalah pilihan yang baik, karena dirasa jalanan akan lebih sepi atau karena penumpang jadi bias tidur. Jangan salah, mengemudi di malam hari justru lebih berisiko karena visibilitas yang rendah. Jika memungkinkan, hindari mengemudi di malam hari atau pastikan lampu kendaraan Anda dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan. Kalau memang terpaksa harus melakukan perjalanan malam, pastikan Anda cukup tidur dan kondisi badan dalam keadaan prima.

    Siapkan Peta atau GPS

    Ini juga penting untuk disiapkan. Mungkin Anda merasa sudah tahu jalur untuk sampai ke tujuan, namun terkadang ketika Anda menggunakan GPS, Anda menjadi punya pilihan jalan yang lebih banyak. Maka dari itu, penting juga memastikan Anda memiliki peta atau GPS yang akurat untuk membantu Anda menavigasi rute perjalanan. 

    Simpan Barang Bawaan dengan Aman

    Pastikan juga barang bawaan Anda diletakkan dan terpasang dengan baik juga aman di dalam kendaraan. Hindari menempatkan barang yang dapat mengganggu pengemudi atau menghalangi pandangan.

    Selalu dalam Kondisi Siaga

    Tetap waspada dan perhatikan kondisi sekitar Anda saat mengemudi. Selalu siaga terhadap situasi yang dapat membahayakan, seperti cuaca buruk, jalan berlubang, atau pengemudi lain yang melakukan kesalahan.

    Nah, itulah tips-tips yang bisa Anda ikuti ketika melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil. Selain itu, ada juga nih beberapa persiapan yang harus Anda pastikan sudah siap untuk melakukan perjalanan mudik. Apa saja kah itu?

    Apa Saja yang Harus Disiapkan Ketika Mudik dengan Mobil?

    Hal-hal yang harus disiapkan saat mudik
    Sumber: olxautos.co.id

    Dokumen dan Surat Izin Mengemudi 

    Pastikan Anda membawa dokumen kendaraan yang lengkap seperti STNK, SIM, dan asuransi kendaraan. Pastikan juga dokumen-dokumen tersebut masih berlaku dan ditempatkan di tempat yang mudah diakses di dalam kendaraan ya.

    Peralatan Darurat 

    Ini salah satu yang penting, siapkan peralatan darurat seperti ban serep, kunci roda, alat-alat dasar, segitiga pengaman, peralatan P3K, dan juga lampu senter. Pastikan juga Anda tahu cara menggunakan peralatan tersebut jika diperlukan.

    Memastikan Bahan Bakar yang Cukup

    Pastikan kendaraan Anda memiliki bahan bakar yang cukup untuk perjalanan mudik Anda. Hindari mengemudi dengan tangki bahan bakar yang hampir kosong dan pastikan Anda tahu di mana bisa mengisi bahan bakar di sepanjang rute perjalanan Anda.

    Makanan dan Minuman 

    Persiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan yaa, terutama jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Karena kita tidak tahu apakah bisa selalu bisa masuk ke rest area atau melipir untuk beli makanan minuman. Jadi, lebih baik bawa bekal yang praktis dan juga mudah disimpan, serta cukup air minum untuk menghindari dehidrasi ya.

    Informasi Rute dan Tujuan

    Teliti dan periksa informasi rute perjalanan Anda sebelum berangkat. Pastikan Anda tahu jalan yang akan diambil, titik istirahat, dan tujuan akhir Anda. Jangan ragu untuk mencari informasi tambahan tentang kondisi jalan, rute alternatif, dan tempat peristirahatan

    Selain hal-hal yang harus dipersiapkan tersebut, ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama mudik dengan menggunakan mobil ya, seperti:

    • Mengemudi dalam keadaan mengantuk atau tidak fit
    • Mengemudi dalam pengaruh alkohol
    • Mengemudi sambil bermain handphone
    • Melakukan U-turn atau parkir sembarangan
    • Mengemudi terlalu cepat atau melebihi batas kecepatan
    • Mengemudi dalam kondisi emosi yang tidak stabil
    • Mengemudi dengan tidak tahu rambu-rambu lalu lintas.

    Beberapa hal itu harus selalu diingat dan diperhatikan ya. Karena jika salah satunya terjadi, tentu akan sangat berbahaya bagi perjalanan Anda juga orang lain. Berkendaralah yang baik, ingat tujuan Anda ketika mudik adalah bertemu dengan orang tua dan sanak saudara. Jadi, pastikan semua aman terkendali.

    Selalu berhati-hati dan selamat melakukan perjalanan mudik lebaran 2023.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait