OLX News – Noken As merupakan bagian yang penting dalam mesin. Noken As BRT merupakan alternatif jika kamu mengganti Noken As standar.
Seperti diketahui Noken As memiliki fungsi yang sangat penting. Komponen ini berfungsi untuk mengatur waktu buka dan tutupnya katup, dan ini berpengaruh pada kinerja mesin secara keseluruhan.
Untuk para penggemar modifikasi, memperbarui noken as sering kali menjadi opsi populer untuk meningkatkan performa mesin.
Di antara berbagai merk, Noken As BRT atau Brader Racing Team muncul sebagai salah satu produsen terkemuka yang menyediakan beragam pilihan noken as berkualitas.
Jika kamu bukan seorang mekanik tentunya kamu kesulitan memilih Noken As BRT yang memiliki 3 varian yaitu T1, T2, dan T3, berikut penjelasanya:
1. Noken As BRT T1
Dirancang untuk penggunaan sehari-hari, Noken As BRT T1 biasanya cocok bagi motor standar atau yang telah dimodifikasi sedikit. Berikut adalah fitur-fitur utamanya:
Lift Rendah: Durasi bukaan katup yang lebih singkat dibandingkan T2 dan T3, yang memberikan torsi lebih tinggi di putaran mesin bawah.
Profil Landai: Desain Noken yang landai memberikan mesin operasi yang halus serta responsif pada putaran rendah hingga sedang.
Cocok untuk Motor Standar: Model ini sangat cocok untuk motor standar atau yang mengalami modifikasi ringan seperti penggantian knalpot dan filter udara.
2. Noken As BRT T2
Noken as BRT T2 diperuntukkan bagi motor yang telah dimodifikasi secara lebih agresif. Karakteristiknya meliputi:
Lift Sedang: Durasi bukaan katup yang lebih panjang jika dibandingkan dengan T1, menambah tenaga di putaran mesin menengah dan tinggi.
Profil Menengah: Desain Noken yang lebih agresif memberikan hasil torsi lebih baik pada putaran mesin tinggi, tetapi sedikit menurunkan torsi pada putaran rendah.
Cocok untuk Modifikasi Sedang: Noken As ini sangat direkomendasikan untuk motor yang telah dimodifikasi dengan piston dan camshaft aftermarket, serta sistem pembuangan dan asupan lebih baik.
3. Noken As BRT T3
BRT T3 ditujukan untuk performa mesin yang maksimal di lintasan balap. Berikut adalah karakteristiknya:
Lift Tinggi: Durasi bukaan katup yang sangat lama, meningkatkan tenaga dengan signifikan di putaran mesin tinggi.
Profil Agresif: Desain Noken As yang sangat agresif mengoptimalkan aliran gas masuk dan keluar dari mesin, namun dapat mengurangi torsi di putaran rendah.
Cocok untuk Balap: Model ini ditujukan untuk motor yang telah dimodifikasi secara signifikan dan biasa digunakan dalam balapan.
Memilih noken As BRT yang sesuai sangat dipengaruhi oleh tujuan modifikasi serta karakteristik mesin. Noken as T1 ideal untuk penggunaan sehari-hari dan modifikasi ringan.
Noken As T2 cocok untuk modifikasi sedang, sementara T3 mendukung performa tinggi di lintasan balap.

Perbedaan Noken As BRT T1 dan T2: Mana yang Lebih Unggul?
Jika diatas telah diterangkan Noken As T3 yang memang dikhususkan untuk kecepatan tinggi, maka kebutuhannya adalah buat balapan.
Sementara itu, untuk penggunaan harian, manakah yang lebih unggul antara Noken As BRT T1 dan Noken As BRT T2?
Dalam industri otomotif, komponen noken as sangat penting bagi mesin kendaraan. Noken as berfungsi untuk mengatur waktu kapan katup mesin dibuka dan ditutup. Berikut perbedaan antara Noken As BRT T1 dan T2:
1. Profil Bump dan Durasi:
Noken As BRT T1: Memiliki profil bump yang kecil dengan durasi lebih singkat. Ini artinya, noken as BRT T1 memungkinkan katup terbuka dan tertutup lebih cepat, memberikan akselerasi dan respons yang lebih baik saat mesin beroperasi pada putaran rendah.
Noken As BRT T2: Menyediakan tenaga lebih besar pada putaran atas karena memiliki profil bump yang lebih besar dan durasi yang lebih lama.
2. Kinerja:
Noken As BRT T1: Lebih unggul dalam performa pada putaran rendah. Menyediakan torsi lebih banyak saat mulai bergerak atau saat menanjak.
Noken As BRT T2: Kinerjanya lebih baik ketika kecepatan tinggi.
3. Konsumsi Bahan Bakar:
Noken As BRT T1: Lebih hemat pada putaran rendah karena katupnya dapat buka dan tutup lebih cepat dan akurat.
Noken As BRT T2: Menyediakan lebih banyak tenaga pada putaran atas, tetapi penggunaan bahan bakar menjadi lebih tinggi.
Dari penjelasan diatas manakah yang lebih unggul antara Noken As BRT T1 dan Noken As BRT T2? Untuk menjawab hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengendara.
Jika kamu membutuhkan motor harian yang irit tetapi memiliki performa dan akselerasi mesin yang responsive maka kamu bisa menggunakan T1.
Tapi jika kebutuhan kamu untuk mendapatkan top speed, maka kamu bisa mengunakan T2 dengan konsekuensi konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan T1.
Dengan memahami perbedaan di antara ketiganya, kamu dapat menentukan Noken As BRT mana yang cocok untuk meningkatkan performa mesin kendaraan kamu. (TP)