Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Merawat Mobil Bekas Agar Prima dan Berasa Baru

    Tips Merawat Mobil Bekas Agar Prima dan Berasa Baru

    Bikin mobil bekas jadi rasa baru? Bisa! jika merawat mobil bekas dengan baik dan telaten, mobil bekas akan tetap prima dan terasa seperti baru.

    News.OLX – Banyak yang masih meragukan performa yang ditawarkan mobil bekas. Padahal, jika pemilik mobil memahami dan mengerti bagaimana perawatannya, bukan tidak mungkin mobil bekas bisa menghadirkan performa yang sama dengan mobil baru.

    Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika ingin membeli mobil bekas. Karena jika kamu merawat mobil bekas dengan baik dan telaten, mobil bekas akan tetap prima dan terasa seperti baru. 

    Baca juga: Wajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas, Apa Itu Nomor Rangka Mobil?

    Lantas, perawatan apa saja yang perlu dilakukan? Berikut tipsnya.

    1. Menjaga pola perawatan rutin

    Untuk merawat mobil bekas, kamu perlu melakukan perawatan rutin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan, seperti penggantian oli mesin, filter udara, busi, dan cairan pendingin. 

    Pemeliharaan yang baik dapat memperpanjang umur mesin dan menjaga kinerja optimal. Selain itu, perawatan rutin ini juga bisa membuat mobil bekas kamu tetap prima untuk jangka panjang.

    2. Cek sistem kelistrikan

    Rajin mengecek sistem kelistrikan juga salah satu hal yang bisa buat performa mobil kamu lebih optimal. Pastikan semua sistem kelistrikan berfungsi dengan baik, termasuk lampu, klakson, wiper, dan sistem hiburan. 

    Jika kamu menemukan ada sistem kelistrikan yang rusak, sebaiknya kamu harus cepat mengganti part tersebut agar tidak mempengaruhi kinerja dari komponen-komponen lainnya.

    3. Pemeriksaan rutin ban mobil bekas

    Untuk menjaga agar mobil bisa optimal dan membuat berkendara menjadi lebih nyaman, salah satu saran untuk kamu adalah periksa tekanan ban secara berkala dan pastikan ban tidak aus atau bocor. 

    Baca juga: 4 Tips Memilih Membeli Mobil Jadul

    Jika kamu merasakan ada yang kurang atau tidak optimal pada ban mobil, sebaiknya gantilah ban yang sudah aus dan lakukan rotasi ban secara berkala.

    4. Periksa sistem rem

    Sistem rem yang baik sangat penting untuk keamanan. Untuk itu, pastikan kamu periksa ketebalan kampas rem dan jika menemukan kerusakan, jangan menunda untuk menggantinya. Pastikan cakram rem dalam kondisi terbaik, tidak aus atau rusak.

    5. Bersihkan mobil secara berkala

    Menjaga kebersihan tentunya juga menunjang performa pada mobil dan juga dapat membuat mobil bekas terasa seperti baru. Cuci dan bersihkan mobil secara rutin, termasuk bagian dalam dan luar. 

    Selain itu, hindari juga penumpukan kotoran dan debu yang dapat merusak cat dan permukaan mobil.

    6. Perlindungan untuk cat mobil

    Jika kamu ingin memberikan perlindungan tambahan untuk cat mobil kamu, sebaiknya kamu bisa menggunakan wax atau lapisan pelindung cat mobil.

    Baca juga: Mesin Mobil Pincang, Apa Penyebabnya?

    Karena wax atau lapisan pelindung cat mobil yang diberikan secara berkala bisa menjaga kilap dan melindungi cat dari kerusakan akibat cuaca dan elemen lainnya.

    7. Perawatan interior mobil bekas

    Jangan lupa juga, selain menjaga kondisi eksterior kamu juga harus menjaga interior mobil untuk tetap bersih dan terawat. Kamu juga bisa menambahkan pelindung UV untuk melindungi bagian interior dari sinar matahari yang dapat merusaknya.

    8. Pertimbangkan perawatan mekanis tambahan

    Untuk mobil yang lebih tua, pertimbangkan perawatan tambahan seperti pembersihan sistem bahan bakar, pembersihan throttle body, atau penggantian sistem penyaringan udara.

    9. Ganti fluida dan cairan

    Saran yang sering direkomendasikan untuk yang mempunyai mobil bekas, sebaiknya gantilah cairan rem, cairan transmisi, dan cairan pendingin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan. 

    Baca juga: Karat, Musuh Utama Kendaraan, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya!

    Karena cairan yang bersih dan berfungsi dengan baik dapat memperpanjang umur komponen-komponen tersebut juga menunjang performa yang lebih optimal untuk mobil.

    10. Periksa suspensi dan sistem kemudi mobil bekas

    Buatlah jadwal untuk mengecek suspensi dan sistem kemudi dan pastikan keduanya berfungsi dengan baik. Ganti komponen yang aus atau rusak untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan berkendara.

    11. Parkir mobil dengan baik

    Jika kamu ingin menyimpan mobil dalam waktu yang lama, pastikan untuk menjaga baterai pada mobil tetap terisi, ban dalam kondisi yang baik, dan lindungi mobil dari elemen cuaca dengan menggunakan penutup kain atau cover.

    Dengan perawatan yang baik, mobil bekas kamu dapat tetap berjalan dengan baik, terasa seperti baru, dan memiliki umur yang lebih panjang. Ini juga dapat meningkatkan nilai jual mobil jika kamu memutuskan untuk menjualnya di masa depan.

    Dan kewajiban yang harus dilakukan adalah membuat jadwal service yang teratur, rutin dan berkala. Karena saat kita service di bengkel, kita juga bisa sekalian konsultasi mengenai masalah-masalah pada mobil dan mencari solusi untuk bisa mempertahankan keoptimalannya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait