Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikRawan Rusak, Begini Tips Merawat Sliding Door di Mobil

    Rawan Rusak, Begini Tips Merawat Sliding Door di Mobil

    Sama seperti komponen lain, pintu geser atau sliding door pada mobil juga harus dirawat!

    News.OLX – Mobil pintu geser atau sliding door adalah fitur yang sangat populer dan memiliki banyak peminat terutama pada kendaraan keluarga atau minivan. Pintu geser ini memberikan kemudahan akses bagi penumpang, terutama saat membuka dan menutup pintu di ruang parkir yang sempit.

    Perawatan yang dilakukan untuk pintu geser ini harus lebih ekstra dibandingkan dengan pintu manual pada umumnya.

    Oleh karena itu, untuk memastikan pintu geser berfungsi dengan baik dan tahan lama, kamu perlu melakukan perawatan secara berkala. Ini dia tips dan trik merawat mobil pintu geser agar tetap awet untuk jangka panjang.

    1. Hindari menutup sliding door yang terlalu kencang

    Ketika menutup pintu geser, hindari menutupnya dengan kencang atau dengan kekuatan berlebihan. Hal ini dapat merusak kunci atau mekanisme pintu geser.

    Lebih baik tutup pintu dengan pelan agar pintu terkunci dengan baik. Jika terdapat kesulitan saat menutup pintu, periksa apakah ada hambatan atau kerusakan yang menyebabkan kesulitan tersebut.

    2. Rajin membersihkan dan melumasi rel sliding door

    Satu tips yang paling penting dalam merawat pintu geser adalah membersihkan dan melumasi rel pintu geser secara teratur. Kamu bisa gunakan sikat atau lap bersih untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada rel.

    Setelah membersihkan, aplikasikan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen pada rel pintu geser. Hal ini akan membantu menjaga gerakan pintu agar tidak macet dan mencegah gesekan berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada mekanisme pintu.

    mobil pintu geser (1)

    3. Rutin cek kondisi roller dan karet pintu

    Jangan lupa untuk mengecek kondisi roller pada pintu geser secara berkala. Periksa apakah ada kerusakan atau keausan pada roller, dan segera ganti jika diperlukan. 

    Selain itu, perhatikan juga karet pintu geser. Karet yang aus atau rusak dapat mengakibatkan masuknya air atau debu ke dalam kabin mobil. 

    Jika ditemukan kerusakan pada karet pintu, segera ganti dengan yang baru untuk menjaga kekedapan dan kenyamanan di dalam mobil.

    4. Hindari beban berlebih pada sliding door

    Hindari menumpangkan beban berlebih pada pintu geser, seperti meletakkan barang di kolong pintu atau menekan dengan tubuh pada saat keadaan pintu terbuka. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mekanisme pintu.

    5. Periksa dan atur kembali sistem pengereman otomatis

    Beberapa mobil pintu geser dilengkapi dengan sistem pengereman otomatis yang berfungsi untuk menghentikan gerakan pintu jika ada hambatan saat menutup.

    Cek secara berkala apakah sistem pengereman otomatis berfungsi dengan baik atau tidak. Jika terdapat masalah, seperti pintu tidak berhenti saat ada hambatan atau macet, segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan.

    Perhatikan tanda-tanda seperti suara bising pada pintu, getaran yang berlebihan, atau gerakan yang terhenti secara tiba-tiba. Jika ada tanda-tanda kerusakan, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

    Selain merawat pintu geser secara mandiri, sangat disarankan untuk melakukan secara berkala di bengkel resmi atau teknisi yang terpercaya. Perawatan yang baik akan memberikan keamanan serta kenyamanan saat menggunakan mobil.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait