Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCari Mobil MPV Paling Murah? Pertimbangkan Toyota Transmover

    Cari Mobil MPV Paling Murah? Pertimbangkan Toyota Transmover

    Meski dipasarkan untuk skema Business to Business (B2B) alias fleet dengan pembelian jumlah besar untuk kebutuhan perusahaan, namun saat ini Toyota Transmover bisa didapatkan secara perorangan.

    JAKARTA – Toyota Transmover merupakan mobil yang masih satu varian dengan Toyota Avanza. Pasalnya basic dari mobil ini memang dari Toyota Avanza tipe paling rendah. Tidak terlalu banyak memiliki fitur hiburan serta memiliki penampilan minimalis, Toyota Transmover banyak digunakan oleh perusahaan taksi sebagai armadanya.

    Bila Anda berminat dengan mobil ini karena lebih ekonomis dan sesuai kebutuhan, tentunya akan menghemat biaya pembelian kendaraan untuk usaha maupun dipakai pribadi.

    Dipasarkan dengan harga bersaing dengan mobil di kelas LCGC (Low Cost Green Car), mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini tentu memiliki keunggulan irit bahan bakar. Selain itu bila dibandingkan dengan Toyota Avanza, Toyota Transmover memiliki cukup banyak perbedaan pada fitur dan spesifikasinya. Hal ini tentu mempengaruhi kenyamanan serta sensasi berkendara saat perjalanan.

    Namun dalam segi dapur pacu, Toyota Transmover menggunakan mesin 1.3 L berteknologi Dual VVT-i. Mobil ini menjadi mobil tangguh seperti halnya Toyota Avanza yang sudah terbukti diminati jutaan masyarakat Indonesia.

    Baca juga: Review Toyota Voxy, Mobil Mewah Seperti Alphard Mini!

    Bila hanya ingin mendapatkan kendaraan untuk menunjang transportasi tanpa memperhatikan berbagai fitur lengkap, Toyota Transmover bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya dengan harga yang lebih terjangkau , Anda mendapatkan mobil kelas MPV yang bisa membawa 7 penumpang.

    Spesifikasi Toyota Transmover

    Masih menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Avanza, Toyota Transmover menggendong mesin dengan kapasitas 1.329 cc, 4 silinder segaris, DOHC, dan teknologi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 94 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum 120 Nm @4.000 rpm. Artinya, mobil tersebut punya karakter lonjakan torsi yang cukup besar di rpm bawah.

    Pada bagian kaki-kaki, Toyota Transmover menggunakan suspensi depan dengan MacPherson Strut with Coil Spring. Pada bagian belakang suspensi yang digunakan adalah 4-link Lateral Rod with Coil Spring.

    Pada mobil ini hanya tersedia transmisi manual saja dengan 5 percepatan. Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 43 L dengan sistem injeksi. Hanya disediakan transmisi secara manual saja karena lebih murah dibandingkan dengan transmisi otomatis. Alhasil, pangsa pasar yang dituju sebagai mobil armada taksi di kalangan pebisnis dipandang lebih murah.

    Toyota Transmover terbilang irit dalam konsumsi bahan bakar. Rata-rata konsumsi BBM yang dihasilkan berada di kisaran 1:11-12 km/liter untuk pemakaian dalam kota.

    Baca juga: Irit dan Ramah Lingkungan, Begini Spesifikasi dan Harga Toyota CHR Hybrid

    Interior yang Minimalis

    Interior bagian dalam Toyota Transmover
    Interior dalam Toyota Transmover (olx.co.id)

    Sedari awal, kehadiran mobil ini memang ditujukan untuk penjualan secara Business to Business (B2B) yang digunakan sebagai armada transportasi perusahaan maupun taksi. Maka dari itu, fitur-fitur serta interior di dalam mobil ini cukup minimalis. 

    Selain itu fitur hiburan berupa radio dan pemutar CD pada mobil ini memang ditiadakan, alias kosong. Pasalnya, tempat yang digunakan untuk perangkat audio ini biasanya menjadi tempat untuk alat pengukur biaya perjalanan atau argo pada taksi. Sehingga melihat ke dalam interiornya hanya ada panel pengatur suhu AC dengan model diputar seperti pada kompor.

    Pada bagian tengah kabin juga diposisikan AC double blower agar nyaman untuk para penumpang di bagian belakang. Meski memiliki 7 kursi penumpang, pada baris ketiga memakai jenis kursi yang dilipat. Sehingga bagian bagasi lebih lega untuk meletakan barang bawaan para penumpang.

    Doortrim yang digunakan pada Toyota Transmover masih menggunakan plastik. Berbeda dengan spesifikasi yang digunakan pada Toyota Avanza, sehingga kondisi dalam kabin terasa lebih tenang dan kedap suara. Tak heran jika beberapa orang ada yang menyebutkan saat di dalam mobil ini masih terdengar suara bising dari luar di perjalanan. 

    Baca juga: Fortuner TRD Sportivo, Kasta Tertinggi Mobil SUV Toyota Paling Laris

    Eksterior Mirip Avanza Lama

    Saat ini Toyota Avanza sudah memiliki penampilan baru yang lebih modern dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Nah, penampilan Avanza model lama digunakan oleh Toyota Transmover yang sekilas terlihat seperti Toyota Avanza di jalanan. Perbedaannya pada belakang mobil ini ada emblem bertuliskan Transmover.

    Memiliki eksterior standar, mobil ini belum dibekali dengan lampu kabut. Pada lampu depan masih mengandalkan lampu bohlam dan bagian spion menggunakan cover sewarna dengan bodi mobil.

    Toyota Transmover memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan ground clearance mencapai 200 mm. Pada Toyota Transmover ini menggunakan velg kaleng dengan ukuran 14 inci berwarna silver tanpa adanya tutup dop. Bannya sendiri menggunakan ukuran 185/70 Bridgestone Taxi Service / Dunlop Taxi.

    Baca juga: Melirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Fitur dalam Toyota Transmover

    Dikhususkan sebagai armada untuk bekerja, mobil ini memang didesain seminimalis mungkin untuk kebutuhan transportasi. Tidak banyak ditanamkan fitur-fitur canggih dalam mobil ini seperti produk Toyota pada umumnya. 

    Namun Toyota Transmover tetap ada beberapa fitur keselamatan yang tidak bisa ditinggalkan. Seperti sabuk pengaman yang menggunakan model tiga titik setiap kursi dan sudah dilengkapi dengan airbag SRS untuk mengamankan penumpang bagian depan. 

    Pada sistem pengeremannya pun sudah dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS) agar kondisi pengeraman tidak terkunci saat berhenti mendadak. 

    Baca juga: Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Toyota Avanza di Semua Tipe

    Harga

    Baru

    Pada tahun 2022 Toyota Transmover dijual dengan harga kisaran Rp170.000.000. Harga ini tentu sudah lebih murah daripada Toyota Avanza tipe paling rendah lainnya. 

    Bekas

    Untuk harga bekasnya dari Toyota Transmover ini ditawarkan dengan kisaran harga di Rp140.000.000 – Rp145.000.000.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait