Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & Trik6 Cara Perbaiki Pintu Kulkas Tidak Rapat

    6 Cara Perbaiki Pintu Kulkas Tidak Rapat

    Kulkas yang tidak tertutup rapat dapat membuat mesin tidak awet. Segera temukan cara perbaikinya di sini!

    News.OLX – Pintu kulkas di rumah kamu sulit menutup dengan baik? Sebetulnya, ada beberapa hal yang bisa membuat pintunya rusak dan tidak menutup dengan baik.

    Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa kasus ringan yang masih bisa kamu atasi sendiri di rumah, kok. Supaya bisa kembali seperti sedia kala, kamu bisa coba beberapa cara memperbaiki pintu kulkas di bawah ini. 

    1. Bersihkan gasket kulkas

    Sebelum berpikiran untuk membawa lemari pendingin kamu ke tempat service, coba lihat karet atau gasketnya lebih dulu. 

    Seringkali, pintu yang sulit menutup terjadi karena gasket yang kotor. Kalau ternyata memang kotor, kamu cukup bersihkan saja gasketnya dengan sabun dan kain bersih. 

    2. Ganti gasket kulkas

    Fungsi gasket pada lemari dingin ini sebetulnya sebagai segel yang mengunci antara pintu dan badan. Namun, jika gasket sudah berumur, fungsi segel ini akan menurun sehingga pintu pun sulit menutup dengan baik.

    Bila seperti ini, kamu bisa atasi dengan menggantinya dengan yang baru. Gasket lemari pendingin ini cukup mudah dicari, kok. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

    mobil timor (3)

    3. Perbaiki magnet lemari pendingin

    Selain gasket, fungsi segel pada lemari pendingin ini juga dilengkapi dengan magnet yang membuat pintu semakin tertutup rapat. 

    Namun, sama seperti gasket, magnet pun juga bisa melemah seiring umur lemari pendingin kamu bertambah. Untuk kasus ini, akan sulit untuk kamu memperbaikinya sendiri. Jadi, sebaiknya kamu meminta bantuan dari teknisi.

    4. Mengencangkan engsel pintu

    Terkadang, penyebab pintu sulit menutup dengan baik karena engselnya yang sudah mengendur akibat terlalu sering membuka dan menutup.

    Karena itu, untuk kasus ini, cara memperbaiki pintu kulkas yang bisa kamu coba adalah dengan mengencangkan engselnya. Terutama engsel di bagian atas yang memiliki tekanan lebih besar.

    5. Ganti engsel pintu kulkas

    Pada beberapa kasus, ada engsel yang memang sudah tidak bisa kamu perbaiki sendiri karena sudah rusak. Ini biasanya terjadi karena beban di pintu lemari pendingin yang terlalu berat.

    Bila seperti ini, kamu bisa mengganti seluruh engsel pada pintu lemari pendingin dengan yang baru. Namun, pastikan kamu memasangnya dengan kencang, ya.

    6. Kurangi bobot pada pintu

    Seperti pada penjelasan poin sebelumnya, beban pada pintu lemari pendingin yang terlalu berat bisa membuat pintu turun. Alhasil, kamu tidak bisa menutupnya hingga rapat akibat posisi pintu yang tidak pas.

    Bila seperti ini, cara memperbaiki pintu kulkas yang bisa kamu coba adalah dengan mengurangi bobot pada pintu lemari pendingin. Sebab, pintu tidak akan menurun akibat menahan beban berat.

    Ketika pintu kulkas di rumah kamu tidak bisa menutup dengan baik, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan, seperti gasket yang kotor, engsel yang kendur dan sebagainya.

    Namun, kamu masih bisa atasi masalah ini dengan beberapa tips di atas. Nah, kalau ingin mencari gasket, engsel maupun jasa service, kamu bisa temukan di OLX, ya. Jangan lupa juga untuk download aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait