Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman

    7 Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman

    Bingung menentukan pilihan helm yang tepat untuk perlindungan kepalamu saat berkendara? Cek tujuh tips ampuhnya pada artikel ini.

    News.OLX – Sebagai salah satu perangkat keamanan selama berkendara, kamu harus berhati-hati dan bijak ketika memilih helm.

    Sebab, semakin bagus kualitasnya, maka perlindungan yang diberikan pun juga akan makin optimal. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum membelinya, pastikan untuk mengikuti tujuh tips memilih helm berikut ini:

    1. Helm Harus Produk Original dan Berlabel SNI

    Menggunakan produk original dari brand terpercaya adalah hal mutlak yang harus kamu terapkan. 

    Sebab jika memakai produk palsu atau tidak terjamin kualitasnya, biasanya proses pembuatannya asal-asalan dan tidak menjadikan keselamatan pengguna sebagai pertimbangan utamanya.

    Sementara itu,  pelindung kepala yang telah memiliki label SNI, secara otomatis telah sesuai dengan berbagai standar kelayakan untuk dipakai di negara ini. Harap teliti ketika melakukan pengecekan, karena beberapa hanya sekadar tempelan saja.

    2. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

    Ada cukup banyak jenis pelindung helm yang bisa kamu temukan di pasaran. Maka dalam tips memilih helm kedua ini, pastikanlah bahwa pelindung kepala tersebut sesuai dengan kebutuhan mobilitas harian.

    Perhatikan juga ukurannya, karena jika terlalu besar maupun kecil efeknya akan cukup mengganggu di kepala. 

    Misalnya saja jika ukurannya terlalu besar, maka posisinya di kepala tidak akan stabil atau goyang-goyang. Sementara jika terlalu kecil, kepala akan terasa ditekan, gerah, serta  sesak.

    Maka, pastikanlah ukurannya pas dengan kepala dan masih menyisakan sedikit ruang supaya sirkulasi udara bisa lancar.

    Jika membeli langsung, kamu bisa mencobanya di toko. Sementara jika membeli secara online, ceklah deskripsi mengenai masing-masing ukuran dan sesuaikan dengan kepala kamu.

    3. Cek Kekuatan Material Pembuatannya

    Pada tips memilih helm ini, kamu dianjurkan untuk mengetuk-ngetuknya untuk bisa cek kekuatan material pelindung kepala tersebut. 

    Bagian atasnya harus terasa kokoh agar bisa menahan berbagai tipe goncangan ketika terjadi sesuatu. Lalu, di bagian telinga harus kuat dan elastis agar bisa memberikan perlindungan ekstra kepada indra pendengar ini.

    Helm

    4. Fitur Keamanannya Harus Memadai

    Untuk mempermudah pandangan mata ketika berkendara pagi hingga malam hari, pastikan kamu memilih helm yang menggunakan kaca bening. Agar bisa menghindari silau ketika siang, pilih juga perangkat yang memiliki tambahan kaca hitam khusus di area mata.

    Untuk mengurangi resiko kemalingan, kamu bisa mencari pelindung kepala yang telah menanamkan fitur anti maling.  

    Hal ini akan sangat membantu ketika meninggalkannya di dalam bagasi. Selain itu, kamu juga dapat mempertumbangkan fitur lain yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

    5. Bagian Dalam yang Empuk dan Rapi

    Cobalah untuk menekan busa di bagian dalam pelindung kepala tersebut. Pastikan materialnya empuk dan tahan lama, sekalipun sering dicuci nanti. Hal ini tentu untuk memastikan kenyamanan di kepala selama memakainya.

    Cek juga detail jahitan di dalamnya. Jika rapi, maka perangkat ini memang telah melewati proses produksi yang profesional. Akan lebih bagus lagi jika bahan kain pelindung busa tersebut juga mudah dibersihkan ketika dicuci.

    6. Bagian Baut Pengait Helm Harus Kuat

    Salah satu hal yang tidak menyenangkan ketika memakai pelindung kepala setelah pemakaian rutin adalah baut pengait di bagian kaca yang semakin kendor. Akibatnya, kaca sering turun-naik. Oleh karena itu, ceklah bagian ini agar kamu tidak kesulitan di kemudian hari.

    7. Tanyakan pada Orang Lain

    Terakhir, kamu juga bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah memakai helm incaranmu. Review dari mereka biasanya lebih objektif dan bisa menjawab banyak pertanyaan itu.

    Jika sudah tahu helm mana yang akan dipilih, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Kamu bisa cek di OLX untuk membelinya atau menemukan informasi lain. Unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store sekarang!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait