Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAC Mobil Tidak Dingin, Begini Cara Atasinya

    AC Mobil Tidak Dingin, Begini Cara Atasinya

    Hal-hal ini ternyata juga bisa jadi alasan kenapa AC mobil kamu jadi tidak dingin, Lho!

    AC mobil yang tidak dingin tentunya bisa membuat penumpang menjadi tidak nyaman. Penyebab AC mobil yang tidak dingin pun cukup beragam. Namun, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa alasannya hanya karena freon rusak atau habis. 

    Padahal, selain itu, ada banyak sekali penyebabnya. Apabila AC mobil kamu bermasalah, sebenarnya kamu bisa mencoba mengatasinya sendiri sebelum kamu bawa ke bengkel. Namun, sebelum kamu mengetahui cara mengatasinya, lebih baik kenali dulu penyebab AC yang tidak dingin. 

    Penyebab AC mobil tidak dingin

    Fungsi dan cara kerja AC Mobil

    Tahukah kamu bahwa banyak sekali penyebab AC mobil tidak dingin? Selain faktor usia, perawatan mobil yang asal-asalan juga bisa membuat permasalahan ini kerap ditemui pada mobil. 

    Baca juga: Fungsi Evaporator AC Mobil, Cara Membersihkan, Menyetel, dan Menggantinya

    Tidak hanya itu, bisa jadi ada kebiasaan atau perilaku tertentu yg ternyata malah membuat AC mobil tidak dingin. Apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini!

    • Freon habis atau kurang

    Jika AC mobil kalau kurang dingin dan hanya keluar angin, bisa jadi penyebabnya adalah karena freon habis atau kurang. 

    Hal ini terjadi lantaran freon mengalami kebocoran pada beberapa bagian seperti sambungan pipa, saft, bahkan relief valve pada kompresor. 

    Jika terjadi kebocoran, cari tahu di mana letak bocornya sehingga ketika kamu isi kembali freonnya, tidak cepat habis. Mengisi freon dengan benar juga bisa membuat kamu terhindar dari masalah AC yang lainnya.

    • Fanbelt atau drive belt putus

    Fungsi fanbelt untuk mendistribusikan rotasi mesin ke kompresor, sehingga jika komponen ini putus maka kompresor tidak akan berputar. Hal ini membuat hilangnya sirkulasi pada freon. Dalam kondisi ini, kabin mobil suhunya naik dan bisa menjadi penyebab AC mobil kurang dingin.

    • Motor extra fan mati

    Ketika extra fan tidak berputar dengan maksimal maka akan menyebabkan proses kondensasi tidak berjalan dengan baik. Hasilnya, AC mobil tidak dingin saat dinyalakan.

    • Kompresor aus

    Kompresor AC mobil yang sudah aus dan jebol atau rusak bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Kondisi ini dapat dilihat saat bagian sight glass sudah menghitam.

    • Kondensor kotor dan berkarat

    Kondensor AC yang kotor dan berkarat bisa menyebabkan AC tidak dingin sata kondensor tidak bisa bekerja secara penuh untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepaskan kompresor. 

    • Magnetic clutch rusak

    Beberapa keadaan keadaan ketika magnetic clutch rusak seperti putus, spulnya terbakar, centerpiece tidak terhubung dengan puli kompresor bisa menyebabkan Ac mobil kamu tidak dingin. 

    • Evaporator kotor atau tersumbat

    Evaporator yang kotor atau tersumbat menyebabkan berkurangnya sistem sirkulasi pada AC. Dengan begitu, pasti AC tidak akan dingin saat dinyalakan.

    • Thermostat rusak

    Komponen Thermostat berfungsi untuk membaca temperatur dan suhu yang kemudian ditransfer ke amplifier di mana akan ditentukan dan diatur waktu cut off kompresor. 

    • Kelebihan oli kompresor

    Volume oli pada kompresor harus dalam takaran yang tepat. Kelebihan volume oli bisa membuat ruang bagi freon menyempit atau berkurang. Sehingga, freon dalam mobil tidak akan maksimal mendinginkan kabin. 

    • Pembuangan air kondensasi terhambat

    Kamu pernah melihat embun di dashboard mobil? Hal ini bisa jadi akibat dari tersumbatnya saluran air kondensasi yang menyebabkan AC tidak dingin dan bau yang tidak sedap. 

    Cara mengatasi AC mobil tidak dingin

    Jika AC mobil tidak dingin, jangan panik! Setelah kamu mengetahui penyebab-penyebab AC mobil tidak dingin, kini kamu juga perlu belajar untuk mengatasinya.  

    Baca juga: Apa Itu Thermostat AC Mobil? Cek Fungsi, Cara Membersihkan, Menyetel dan Menggantinya

    Untuk menghemat budget, sebelum membawanya ke bengkel, lebih baik kamu coba cara-cara berikut ini. Jika tidak berhasil baru kamu bisa membawanya ke bengkel. Berikut ini cara mengatasi AC mobil yang tidak dingin:

    1. Menjaga kabin tetap bersih dengan rutin membersihkannya dua minggu sekali.
    2.  Membersihkan kondensor AC karena kondensor yang penuh debu dan kotoran bisa membuat kinerjanya terhambat dan AC menjadi tidak dingin. 
    3. Rutin membersihkan filter AC dari debu dan kotoran minimal sebulan sekali. 
    4. Jangan menyalakan Ac secara langsung setelah mobil dihidupkan. Nyalakan fan saja dahulu baru kemudian nyalakan AC.
    5. Parkirlah di tempat yang teduh. Sebab paparan sinar matahari langsung dan jendela yang tertutup rapat membuat suhu di dalam kabin menjadi tinggi.
    6. Jangan merokok di dalam mobil karena asap bisa tersedot ke dalam evaporator dan lama-lama asap rokok bisa membuat kotor dan berlendir.

    Baca juga:  Kupas Tuntas Blower AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

    Tidak sulit bukan langkah-langkahnya? Jadi, kalau mau AC mobil kamu menghasilkan udara yang sejuk dan segar, pastikan kamu merawatnya, ya! 

    Selain informasi mengenai cara mengatasi AC mobil yang tidak dingin, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX

    Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa melakukan jual beli mobil secara terpercaya di sini. Yuk, kunjungi website OLX atau kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.  

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait