Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Itu Bubut Cakram Mobil dan Apa Manfaatnya?

    Apa Itu Bubut Cakram Mobil dan Apa Manfaatnya?

    Yuk kenali manfaat bubut cakram buat sistem pengereman!

    News.OLX – Apabila kamu merasakan ada masalah pada pengereman khususnya di bagian disc brake (cakram) maka kamu bisa melakukan bubut cakram. Meskipun begitu, proses bubut untuk cakram tidak bisa sembarangan, harus di bengkel khusus yang menguasainya.

    Apa itu bubut cakram?

    Bubut cakram mobil adalah pengerjaan pembubutan pada komponen disc brake atau cakram rem mobil dengan alat khusus yang disebut rematching. Menggunakan alat tersebut, proses pembubutan bisa dikerjakan langsung tanpa harus melepas komponen cakram dari roda.

    Efeknya, tentu waktu pembubutan cakram yang jadi lebih cepat. Hal ini bisa dilakukan untuk cakram roda depan dan belakang. Umumnya, pengerjaan pembubutan ini dilakukan saat piringan cakram mobil aus atau bergelombang.

    Baca juga: Mengenal Kampas Rem Mobil, Fungsi, Penyebab Cepat Habis dan Cara Menggantinya

    Cakram yang sudah aus ini akan ditandai dengan setir yang bergetar, atau menarik ke salah satu sisi. Kinerja rem juga pasti akan menurun ketika cakram bergelombang.

    Manfaat bubut cakram mobil

    Manfaat utama dari bubut cakram adalah mengembalikan fungsi cakram sebagaimana mestinya sebagai satu komponen penting sistem pengereman. Tidak hanya itu, ada pula manfaat lainnya, yakni:

    1. Memperhalus permukaan cakram rem, sehingga dapat membuat tingkat pengikisan kampas rem bisa diminimalisir dan menjadi lebih awet. 
    2. Dapat meminimalisir keolengan kecil pada bagian cakram rem. 
    3. Lebih menghemat biaya bila dibandingkan dengan mengganti cakram rem dengan yang baru.
    4. Sistem pengereman kembali menjadi optimal.

    Cakram 2

    Komponen rem cakram mobil

    Jika mobil kamu sudah mengadopsi rem cakram untuk sistem pengeremannya, tentunya didukung oleh komponen-komponen yang vital bahkan penting keberadaannya, yakni:

    Baca juga: 4 Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus

    1. Kaliper

    Fungsi komponen ini ialah untuk menghimpit kampas rem pada piringan cakram sekaligus menopang kampas rem dan piston brake. Komponen ini bekerja dengan bantuan tekanan hidrolik dari minyak rem yang kemudian masuk melalui selang rem.

    2. Kaliper Bracket

    Komponen ini berfungsi untuk menahan kaliper agar tetap berada pada tempatnya. Komponen ini terhubung langsung dengan steering knuckle.

    3. Piston Brake

    Tanpa adanya piston brake, kaliper tidak dapat bekerja sempurna. Tugasnya untuk menekan kampas rem atau ke piringan cakram. Letaknya berada di dalam kaliper dengan bentuk serupa tabung. Salah satu ujungnya membentuk lekukan penyimpan karet pelindung debu.

    Baca juga: Catat, Kapan Waktunya Ganti Cairan Rem Mobil dan Motor

    4. Seal Piston

    Seal piston merupakan bagian dari piston brake yang berfungsi untuk menarik piston ke tempat semula setelah melewati proses pengereman. Komponen ini juga berfungsi menutup aliran minyak dari mekanisme hidrolik yang terjadi saat pedal rem diinjak.

    5. Selang hidrolik

    Fungsinya untuk menyalurkan minyak rem ke kaliper rem.

    6. Kampas rem

    Komponen ini bertugas untuk menekan piringan cakram sehingga menghasilkan daya gesek yang menghentikan putaran cakram.

    7. Master silinder

    Fungsinya untuk mengubah tekanan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik pada minyak rem. Dua tipe master silinder yang sering digunakan yaitu tipe tandem dan tipe tunggal.

    Baca juga: Mengenal Rem Tromol Mobil: Cara Kerja, Komponen dan Fungsinya

    8. Minyak rem

    Fungsinya antara lain untuk menyalurkan tenaga gerak dari pedal rem ke kaliper higga kampas rem dapat menekan piringan cakram dan menghentikan laju roda mobil.

    9. Tangki minyak rem

    Tangki minyak rem atau oil reservoir berfungsi untuk menampung cadangan minyak rem. Letaknya menyatu dengan silinder dan umumnya dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi volume minyak rem.

    10. Booster

    Terbuat dari selaput tipis yang tersambung langsung dengan intake manifold dan master silinder. Tentunya fungsi booster sesuai namanya untuk meringankan sekaligus melipat gandakan daya pengereman.

    Baca juga: Catat, Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Jalan Miring Tak Jaminan Aman

    11. Piringan cakram

    Fungsinya ialah untuk menerima tekanan dari kampas rem kemudian piringan cakram akan meneruskannya pada poros roda hingga akhirnya putaran roda berhenti.

    12. Pedal rem

    Komponen ini yang kemudian mengaktifkan atau bahkan mematikan pengereman. Ketika pedal rem diinjak, timbul gaya tekan yang bisa menghasilkan mekanisme hidrolik dan menggerakkan minyak rem, sehingga terjadilah pengereman.

    Biaya bubut cakram mobil

    Kamu bisa melakukan bubut cakram mobil dengan orang yang memang professional. Tentunyanya ini menjadi solusi yang menarik bagi pengendara untuk melakukan bubut dengan kisaran harga Rp 300 ribuan jika dibandingkan dengan harga yang lebih mahal mengganti dengan cakram yang baru.dengan harga sekitar Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah.

    Baca juga: Catat, Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Jalan Miring Tak Jaminan Aman

    Tentunya biaya tersebut juga perlu disesuaikan dengan kondisi mobil dengan spesifikasi yang sesuai atau pas dengan mobil yang dipakai.

    Dapatkan berbagai informasi menarik seputar dunia otomotif, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat hanya di OLX Member of ASTRA.

    Cari mobil bekas berkualitas incaranmu hanya di OLX dengan mengaksesnya lewat aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait