Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Itu Engine Flush, Manfaat dan Waktu yang Tepat Melakukannya

    Apa Itu Engine Flush, Manfaat dan Waktu yang Tepat Melakukannya

    Wajib nggak sih melakukan engine flush?

    News.OLX – Sebagai pemilik mobil, penting untuk melakukan perawatan terhadap mobil. Ada berbagai macam cara untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, misalnya melakukan service berkala dan melakukan penggantian komponen yang sudah rusak dan aus. Salah satunya seperti penggantian oli mesin.

    Saat sedang mengganti oli di bengkel karena warna dan bentuk oli yang sudah mengental, pasti kamu pernah disarankan untuk menggunakan engine flush oleh para teknisinya. Memang, apa itu engine flush? Mari simak artikel berikut ini!

    Engine flush mobil

    Engine flush adalah proses pembersihan mesin mobil dari berbagai kotoran dan bahan-bahan kimia yang menempel pada mesin. Proses ini tentu sangat penting untuk kesehatan mesin mobil guna memperpanjang usia pemakaiannya.

    Baca juga: Memahami Bushing Mobil: Manfaat, Ciri Kerusakan, dan Cara Menggantinya

    Di dalam engine flush, cairan pembersih khusus dituangkan ke dalam mesin sebelum mesin dihidupkan. Cairan ini kemudian akan membantu membersihkan bagian-bagian yang terpapar oleh oli bekas, partikel besi, serta logam-logam lainnya.

    Melakukan engine flush adalah salah satu hal yang penting juga. Tidak hanya untuk membersihkan mesin, tapi juga fungsinya cukup banyak dan bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melakukannya. Berikut ini beberapa fungsi dari engine flush:

    • Membersihkan bagian mesin yang terkontaminasi beberapa bahan kimia.
    • Memperpanjang masa pakai mesin.
    • Meningkatkan efisiensi kerja mesin.
    • Meningkatkan performa mesin.
    • Menjaga kondisi mesin tetap baik.

    Engine Flush 2

    Mekanisme kerja engine flush mobil

    Proses engine flush ii dilakukan dengan cara menambahkan cairan khusus yang memiliki sifat pembersih pada saat mesin bekerja. Cairan ini akan membantu membersihkan seluruh bagian mesin yang terkumpul oleh debu, kotoran, dan lumpur.

    Baca juga: Mengenal Bore Up Mesin Mobil, Kelebihan dan Kekurangan Serta Manfaatnya

    Seperti apa cara kerja engine flush? Berikut ini adalah mekanisme kerja engine flush:

    1. Pengisian cairan engine flush pada radiator. Cairan engine flush dituangkan ke dalam radiator mesin sebelum mesin dinyalakan.
    2. Pemanasan mesin. Setelah menambahkan cairan engine flush, mesin harus dipanaskan selama beberapa menit agar cairan tersebut dapat bekerja dengan baik.
    3. Pembersihan. Saat mesin dipanaskan, cairan engine flush akan membantu memes dna membuang kotoran dan debu yang terkumpul di dalam mesin. 
    4. Drainage. Setelah beberapa saat, drain plug dibuka untuk mengeluarkan sisa cairan engine flush beserta kotoran yang terkumpul. 
    5. Penggantian air radiator. Setelah kamu melakukan proses drainage, radiator harus dikosongkan serta dibersihkan sebelum menambahkan air baru. 

    Waktu melakukan engine flush

    Sebagai pemilik mobil, penting juga untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk melakukan engine flush. Ini sangat penting karena melakukan engine flush pada saat yang salah dapat memperparah kondisi mesin mobil.

    Baca juga: Selain dari Jarak Tempuh, Ini Tanda Oli Mesin Motor Perlu Diganti

    Berikut ini faktor-faktor yang perlu kamu pertimbangkan untuk menentukan waktu yang tepat untuk engine flush:

    • Umumnya, mobil yang sering melakukan perjalanan jarak jauh bisa lebih cepat mengumpulkan kotoran dan membutuhkan engine flush. Hal ini juga karena mesin lebih sering melakukan proses pembakaran. 
    • Proses engine flush disarankan setelah mobil mencapai usia 3 tahun atau lebih.
    • Mobil yang mengalami masalah mesin seperti tersumbat atau berkurangnya performa, memerlukan engine flush yang lebih sering.
    • Mobil yang menggunakan mesin turbo atau mesin diesel membutuhkan engine flush lebih sering karena memiliki sistem pendingin yang agak berbeda. 
    • Mobil dengan kualitas bahan bakar rendah dapat mempercepat pembentukan kotoran dan membutuhkan engine flush.

    Sudahkah kamu melakukan engine flush? Jangan sampai tidak dan ketinggalan ya! Selain informasi terkait engine flush, kamu juga bisa mendapatkan informasi dan tips lainnya seputar otomotif melalui OLX.

    Tidak hanya itu! Kamu juga bisa mencari mobil atau motor bekas impian di OLX. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait