Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSelain dari Jarak Tempuh, Ini Tanda Oli Mesin Motor Perlu Diganti

    Selain dari Jarak Tempuh, Ini Tanda Oli Mesin Motor Perlu Diganti

    Ganti Oli mesin wajib dilakukan kalau motor alami ini!

    News.OLX – Selaku pemilik kendaraan bermotor, penting untuk merawat mesinnya. Pasalnya, menjaga kesehatan mesin adalah hal upaya untuk memastikan kinerja motor yang optimal, salah satunya melalui penggantian oli.

    Fungsi oli mesin

    Oli pada mesin motor sebenarnya berfungsi sebagai pelumas dna membantu menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Namun, seiring waktu, oli akan terkontaminasi oleh partikel kotoran serta karbon yang muncul hasil pembakaran mesin, sehingga perlu diganti secara teratur.

    Ciri-ciri motor harus ganti oli

    Umumnya, motor melakukan service berkala yang dilakukan berdasarkan jarak tempuhnya. Namun, tidak hanya berpatokan pada hal tersebut, kamu juga perlu mengganti oli secepatnya jika merasakan beberapa tanda yang dialami oleh motormu.

    Baca juga: Beda Karakter Motor Matic Lama dan Baru, Perhatikan Pemilihan Oli Mesinnya!

    Berikut ini ciri-ciri motor harus segera ganti oli, sehingga kamu bisa memastikan mesin motor tetap sehat dan terjaga dengan baik.

    1. Warna oli yang sudah kotor

    Warna oli yang baru umumnya bening atau kecokelatan. Namun, jika oli sudah terlihat gelap atau bahkan hitam, itu menunjukkan bahwa oli sudah kotor dan perlu diganti.

    Warna oli yang gelap bahkan hitam pekat menandakan bahwa cairan tersebut telah terkontaminasi oleh kotoran, karbon serta metal yang terkikis dari bagian mesin saat terjadi gesekan antar komponen.

    Baca juga: Jangan Sepelekan Oli Mesin, Ini Waktu Yang Tepat Menggantinya

    Hal ini menunjukan bahwa oli sudah tidak lagi mampu menjaga mesin dengan baik, maka dari itu kamu perlu menggantinya.

    2. Konsistensi oli berubah

    Pada dasarnya, oli memiliki konsistensi yang relatif kental dan mudah mengalir. Namun, jika seiring waktu oli bisa kehilangan sifat pelumasnya karena terkontaminasi oleh partikel kotoran dan karbon yang terbentuk dari pembakaran mesin.

    Hal ini kemudian menyebabkan konsistensi oli menjadi lebih tipis dan mudah mengalir, yang dapat mengurangi efektivitasnya dalam melumasi mesin. Jika konsistensinya terus berubah, ini bisa jadi salah satu ciri-ciri motor harus ganti oli secepatnya.

    3. Bunyi mesin yang tidak biasa

    Jika kamu merasakan bunyi mesin yang tidak biasa dapat menjadi ciri motor harus ganti oli secepatnya. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan suara tidak normal.

    Baca juga: Ini Tanda Oli Mesin Mobil ‘Tekor’ dan Penyebabnya

    Namun, apabila oli sudah kotor atau kurang, pelumasan mesin nisa terganggu dan menyebabkan suara berisik. Bunyi mesin yang tidak biasa bisa berupa suara berderak atau berdecit ketika mesin berputar.

    Jika mendengar suara berdecit, sebaiknya segera periksa kondisi oli dan ganti jika diperlukan.

    Oli mesin (4)

    4. Kinerja motor yang menurun

    Jika kamu menemukan kinerja motor tidak bertenaga seperti biasanya atau merasa lebih berat  bahkan lambat, hal ini bisa jadi tanda bahwa oli sudah kotor atau perlu diganti.

    5. Waktu penggantian oli

    Penggantian oli secara rutin sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mesin motor. Jika waktu penggantian oli sudah terlampaui, hal ini bisa menunjukkan bahwa oli sudah terlalu lama digunakan dan perlu diganti.

    Baca juga: Mobil Parkir Lama di Garasi, Perlukah Ganti Oli Mesin?

    Demikianlah ciri-ciri motor yang kamu harus segera menggantinya tanpa melihat jarak tempuh yang sudah dilalui. Tentunya, kamu juga perlu mengganti oli motor sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen motor.

    Tentunya jika penggantian oli dilakukan dengan tepat dan teratur bisa membuat kinerja motor menjadi lebih andal serta memberikan pengalaman terbaik untuk pengendaranya.

    Selain itu, kamu juga bisa dapatkan mendapatkan berbagai informasi dan tips menarik lainnya seputar otomotif, dengan mengunjungi OLX.

    Bahkan, jika kamu ingin mencari mobil atau motor bekas impian, kamu juga bisa temukan juga di OLX. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait