Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    InformasiAsal Usul Car Free Day dan Artinya

    Asal Usul Car Free Day dan Artinya

    Car Free Day artinya hari bebas kendaraan bermotor. Gerakan ini bermula kesadaran pemanasan global dan emisi.

    News.OLX – Car Free Day artinya adalah hari bebas kendaraan, yakni hari ketika suatu kawasan terbebas dari semua aktivitas dari kendaraan bermotor. 

    Kamu bisa melakukan banyak hal seperti olahraga, naik sepeda, atau sekedar jalan kaki. Lantas, dari mana asal usulnya kampanye ini?

    Arti Car Free Day

    Car Free day artinya adalah gerakan bebas dari alat transportasi terutama yang bermotor, pada suatu waktu di wilayah tertentu. Gerakan ini sudah banyak bermunculan di kota-kota di Indonesia.

    Jakarta, Semarang, Solo, Tangerang, Bogor dan masih banyak lainnya, sudah menerapkan langkah tersebut. Banyak orang yang menggunakan waktu ini untuk berolahraga atau bersantai, sembari menikmati udara yang lebih bersih dan segar. 

    Sejarah Car Free Day

    Mulanya, gerakan ini menjadi kampanye dalam upaya mengurangi tingkat polusi akibat alat transportasi di kota besar. Belanda adalah negara pelopornya. Mereka memulai gerakan ini pada 25 November 1956. Kemudian, semakin berkembang luas di seluruh penjuru dunia. 

    Di Indonesia, kampanye ini sudah ada sejak 2002 di Jakarta. Kini, aktivitas yang juga dikenal dengan nama CFD ini menjadi rutin dilakukan pada akhir pekan. 

    Bahkan, di kota Bandung pun melakukan CFD pada malam hari. Selain menjadi ajang olahraga, CFD juga menjadi tempat orang menggelar karya seni dan aktivitas lainnya.

    car free day artinya (1)

    Manfaat Car Free Day

    Car Free Day artinya adalah hari dimana tidak ada alat transportasi yang melintas. Manfaatnya adalah sebagai berikut: 

    1. Kurangi Polusi 

    Car Free Day artinya bebas dari kendaraan bermotor. Ketika tidak banyak unit transportasi yang melintas, maka udara akan lebih bersih. Sebab, unit tersebut menjadi salah satu faktor penyumbang polusi udara dalam jumlah besar. 

    2. Bantu Urai Kemacetan 

    Di beberapa kota besar, seringkali terjadi kemacetan karena tingkat pergerakan masyarakat yang begitu tinggi. Dengan hari bebas dari alat transportasi tersebut, maka akan memberikan manfaat untuk mengurai kemacetan. Sebab, penggunaan unit transportasi pribadi berkurang dalam periode waktu tertentu.

    3. Sarana Interaksi Sosial

    Car Free Day artinya memang membebaskan hari dari unit alat transportasi. Namun, aktivitas ini juga memberikan ruang masyarakat agar bersosialisasi. Banyak orang yang berolahraga sekaligus menghadirkan kegiatan sosial. Hal ini akan mudah kamu temui di hampir semua CFD di kota-kota di Tanah Air. 

    4. Segarkan Pikiran

    Terakhir, manfaat penting dari aktivitas ini adalah menyegarkan kembali pikiran. Setidaknya kamu dapat berolahraga tanpa banyak menghirup udara kotor. Sekaligus, menenangkan pikiran dengan menikmati waktu yang lebih tenang tanpa suara bising alat transportasi. 

    Nah, itulah asal usul CFD dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Sebelum pergi ke CFD untuk olahraga, kamu mungkin butuh outfit agar menjadikan aktivitas kamu lebih nyaman. Temukan outfit terbaik di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait