Sabtu, Juni 15, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBanyak Digunakan Pada Mobil Masa Kini, Apa Itu Fitur Adaptive Cruise Control?

    Banyak Digunakan Pada Mobil Masa Kini, Apa Itu Fitur Adaptive Cruise Control?

    Secanggih apa fitur Adaptive Cruise Control?

    Adaptive Cruise Control (ACC) adalah sebuah fitur canggih dalam kendaraan yang menggabungkan teknologi cruise control tradisional dengan sensor-sensor dan perangkat lunak untuk memantau lalu lintas di sekitar kendaraan.

    Di era kendaraan modern seperti saat ini, fitur Adaptive Cruise Control di Chery umumnya merupakan bagian dari sistem cerdas ADAS (Advanced Driving Assistance System).

    Mengutip laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, ada perbedaan antara fitur Cruise Control dan Adaptive Cruise Control.

    Pada fitur Cruise Control ini, pengemudi bisa melajukan mobilnya tanpa harus menginjak pedal gas. Namun ada batas ketentuan kecepatan maksimal dan minimal untuk mengaktifkan fitur tersebut.

    Baca juga: 10 Daftar Fitur-Fitur Keamanan yang Wajib Dimiliki Mobil

    Sedangkan Adaptive Cruise Control ini bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem. Adaptive Cruise Control juga lebih canggih karena bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas.

    Fitur ini lebih canggih karena menggunakan laser dan sensor-sensor lain termasuk untuk melakukan pengereman secara otomatis (adaptif). Untuk lebih lengkapnya, berikut cara kerja Adaptive Cruise Control.

    Adaptive Cruise Control dengan sensor radar atau kamera

    Sebagian besar kendaraan yang dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control dilengkapi dengan sensor radar atau kamera yang ditempatkan di bagian depan kendaraan.

    Baca juga: 8 Mobil yang Cocok untuk Wanita, Dilengkapi dengan Fitur-fitur Keren!

    Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kendaraan yang ada di depan pengemudi dan mengukur jarak antara kendaraan dan kendaraan di depan.

    Cruise control dengan pengatur Jarak

    Pengemudi dapat mengatur jarak yang diinginkan antara kendaraan mereka dan kendaraan di depan menggunakan kontrol yang ada di dalam kendaraan. Ini bisa berupa pilihan seperti “Jarak Jauh,” “Jarak Sedang,” atau “Jarak Dekat.”

    Cruise Control 2

    Sistem kendali otomatis

    Setelah Cruise Control diaktifkan dan jarak diatur, sistem Adaptive Cruise Control akan menjaga kendaraan kamu bergerak pada kecepatan yang konstan. 

    Namun, ketika kendaraan di depan kamu melambat atau berhenti, Adaptive Cruise Control akan mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti sepenuhnya jika diperlukan untuk menjaga jarak yang aman.

    Kemampuan akselerasi otomatis 

    Ketika kendaraan di depan mulai bergerak lagi atau meningkatkan kecepatan, Cruise Contro akan mengakselerasi kendaraan kamu kembali ke kecepatan yang diatur sebelumnya, asalkan tidak ada hambatan di depan.

    Pemberitahuan visual dan auditory

    Biasanya, kendaraan yang dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control akan memberikan pemberitahuan visual atau auditory kepada pengemudi ketika sistem ini aktif. 

    Baca juga: Alphard dan Vellfire Baru, Punya Fitur Adaptive Cruise Control Lebih Sempurna

    Ini bisa berupa ikon di panel instrumen atau bunyi peringatan.

    Keuntungan Cruise Control

    Keuntungan utama dari Adaptive Cruise Control adalah membantu mengurangi kejadian tabrakan akibat pengemudi yang tidak sempat mengurangi kecepatan ketika kendaraan di depan melambat atau berhenti tiba-tiba. 

    Fitur ini juga dapat mengurangi kelelahan pengemudi dalam perjalanan jarak jauh, karena mereka tidak perlu terus-menerus mengatur kecepatan dan jarak secara manual.

    Baca juga: 5 Mobil yang Ada Sunroof, Tampil Mewah dengan Berbagai Fitur Canggih

    Namun, perlu diingat bahwa pengemudi tetap bertanggung jawab atas kendaraan mereka dan harus tetap waspada terhadap lalu lintas di sekitarnya. 

    Meskipun Adaptive Cruise Control dapat membantu, pengemudi harus siap untuk mengambil alih kendali kapanpun diperlukan.

    Demikian ulasan terkait Itu fitur Adaptive Cruise Control. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait