Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiBerlaku Selama Puasa, Cek Jam Pelayanan BPKB di Polda Metro

    Berlaku Selama Puasa, Cek Jam Pelayanan BPKB di Polda Metro

    Urus BPKB Jabodetabek selama bulan puasa? Ini jam pelayanan BPKB di Polda Metro Jaya.

    News.OLX – Selama bulan puasa Ramadan 1445 H atau 2024 M, Polda Metro Jaya melalui akun X (eks Twitter) mengumumkan perubahan jam pelayanan BPKB di area operasional Jabodetabek. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan waktu ibadah: puasa dan salat.

    Jam Pelayanan BPKB Selama Puasa 2024 di Polda Metro Jaya

    Bersumber postingannya melalui akun X tersebut, layanan pengurusan berupa pengesahan, dan penerbitan BPKB pada bulan puasa akan buka selama enam hari, dari Senin hingga Sabtu.

    Untuk waktu operasional lengkap selama bulan puasa di Polda Metro, berikut jadwalnya.

    • Hari Senin sampai dengan Kamis mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB dengan jam istirahat dari pukul 12.00 sampai 12.30 WIB.
    • Hari Jumat pelayanan buka dari pukul 08.00 sampai 14.30 WIB dengan jam istirahat dari pukul 11.30 sampai dengan 12.30 WIB untuk keperluan salat Jumat bagi muslim.
    • Hari Sabtu buka dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB dengan jam istirahat mulai dari pukul 12.00 hingga 12.30 WIB.

    puasa (1)

    Langkah Mudah Mengurus BPKB

    Agar terhindar dari antrian panjang, kamu bisa datang pada pagi hari. Pada jam pagi, matahari belum terlalu terik. Sehingga, kamu tidak akan merasa tenggorokan kering (memicu rasa haus luar biasa) atau kepanasan selama puasa yang akan menguras energi.

    Selain itu, siapkan dokumen-dokumen pengurusan BPKB dengan teliti dan lengkap agar pelayanan terlaksana lebih cepat juga lancar, seperti:

    • Formulir permohonan,
    • Laporan polisi (jika hilang atau rusak),
    • Cek fisik kendaraan yang terlegalisasi,
    • Fotokopi BPKB, juga
    • Identitas pemilik.

    Setiap pelayanan memiliki dokumen pendukung yang berbeda, pastikan untuk mencari tahu dokumen apa saja yang kamu butuhkan selama pengurusan.

    Di sisi lain, persiapkan biaya administratif yang cukup. Karena dalam pengurusan BPKB, ada penarikan tarif operasional sesuai peraturan perundang-undangan dari pemerintah Indonesia.

    Aturan ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2010 yang membahas tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Umumnya pelayanan penerbitan BPKB untuk kendaraan bermotor baru bertarif Rp225.000, baik roda dua maupun roda tiga. Sedangkan untuk kendaraan dengan roda empat atau lebih, biaya administratif pembuatan baru sejumlah Rp375.000.

    Nah, sudah tahukan jam pelayanan BPKB di Polda Metro? Catat jam pelayanan BPKB di atas agar tak salah jadwal.

    Dapatkan update info terbaru hanya di OLX. Tersedia juga aplikasi OLX yang bisa kamu download via Google Play Store atau App Store untuk akses lebih praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait