Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiBertahan Sampai 5 Generasi, Ini Sejarah Honda City

    Bertahan Sampai 5 Generasi, Ini Sejarah Honda City

    Perjalanan Honda City, sedan kompak yang masih eksis hingga sekarang!

    News.OLX – Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Honda City, salah satu sedan kompak Jepang yang telah hadir di pasar otomotif sejak beberapa dekade yang lalu. Honda City mungkin lebih dikenal oleh publik sebagai mobil sedan.

    Namun, tahukah kamu bahwa sejarah Honda City dimulai sebagai sebuah hatchback mungil? Mari kita mengulik perjalanan panjang Honda City dari generasi awal hingga saat ini.

    Honda City Generasi Pertama (1981 – 1993)

    Sejarah Honda City dimulai pada tahun 1981, ketika generasi pertama Honda City pertama kali diluncurkan di Jepang. Pada awalnya, City adalah hatchback yang menjadi mobil terkecil yang diproduksi oleh Honda saat itu.

    Baca juga: Sejarah Baru, Indonesia Dipercaya Produksi Moge Yamaha MT-07

    Namun, di Jepang, perjalanan City tidak berlangsung terlalu lama. Hanya hingga tahun 1993, generasi pertama dan kedua City tersedia di Jepang, dan tidak pernah ada versi sedan yang diproduksi untuk pasar domestik. Di Jepang, City hanya tersedia dalam versi hatchback, termasuk versi turbo dan cabriolet.

    Sementara itu, generasi pertama Honda City masuk ke Indonesia pada tahun 1996. Mobil ini dirancang untuk konsumen negara berkembang, termasuk Indonesia. Dengan kode bodi SX8, City hadir dengan dua pilihan mesin: 1.300 cc dan 1.500 cc.

    Pada tahun 2000, Honda memperkenalkan versi yang diperbarui dari City dengan teknologi mesin VTEC yang menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Mesin 1.500 cc dengan VTEC ini membuat City lebih hemat konsumsi BBM.

    Honda City Generasi Kedua (2002 – 2007)

    Pada awal tahun 2000-an, persaingan di segmen sedan kompak semakin sengit. Pada tahun 2002, Honda memperkenalkan generasi kedua Honda City.

    Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Mobil ini menggunakan platform GD yang juga digunakan oleh Honda Jazz. City generasi kedua hadir dengan teknologi mesin i-DSI pada mesin 1.500 cc yang menawarkan efisiensi bahan bakar yang optimal.

    Meskipun memiliki performa yang mumpuni, City tetap dikenal sebagai mobil irit bahan bakar. City generasi kedua berhasil mencetak konsumsi BBM hingga 21 km/liter, mengungguli pesaingnya di kelasnya.

    Generasi Ketiga (2008 – 2012)

    Pada generasi ketiga Honda City yang hadir di Indonesia, mesin yang digunakan semakin bertenaga. City masih dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc yang telah diperbarui dengan teknologi terbaru i-VTEC.

    Baca juga: Hyundai Motor Rayakan Sejarah Hadirnya Pony Coupe 1974, Sportcar Konsep Pertama Hyundai

    Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS dan torsi mencapai 145 Nm. Alhasil, generasi ketiga ini memberikan performa yang lebih kuat dibandingkan dengan model sebelumnya.

    Tidak hanya dalam hal mesin, dimensi City generasi ketiga juga mengalami perubahan signifikan. Mobil ini lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan versi sebelumnya, menciptakan ruang kabin yang lebih lapang dan nyaman untuk pengemudi dan penumpang.

    Dengan perubahan ini, kapasitas bagasi juga meningkat, mencapai total 506 liter. Hal ini membuat Honda City memberikan lebih banyak ruang untuk barang bawaan dan kebutuhan sehari-hari buat para penggunanya.

    Generasi Keempat (2013 – 2020)

    Generasi keempat Honda City, yang pertama kali diperkenalkan di India pada tahun 2013, mencatatkan sejarahnya sendiri. Meskipun di beberapa negara tersedia dengan mesin diesel, di Indonesia, City generasi keempat hanya tersedia dengan mesin bensin 1.5L i-VTEC.

    Baca juga: Sejarah Mobil Pertama di Dunia dan Penemunya

    Mesin ini telah mengalami penyempurnaan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Di samping itu, City generasi keempat juga memiliki chassis yang lebih ringan namun tetap kuat, memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

    Adapun fitur keselamatan telah dibenamkan dengan cukup lengkap. Mobil ini dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Tak hanya itu, mobil ini juga punya fitur Brake Assist (BA) turut meningkatkan kemampuan pengereman untuk situasi darurat. Mobil ini mengalami penyempurnaan pada 2017 lantaran mengalami facelift.

    Versi ini menghadirkan beberapa perubahan menarik seperti lampu depan yang dilengkapi dengan teknologi LED serta daytime running light (DRL) turut ditambahkan untuk meningkatkan visibilitas di siang hari, memberikan tampilan lebih atraktif.

    Baca juga: Mengenal Sejarah Honda City, dari Model Sedan hingga Hatchback

    Sementara itu, di bagian interior juga dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Head unit ini tidak hanya berfungsi sebagai perangkat hiburan, tetapi juga memungkinkan pemutaran musik melalui berbagai sumber, termasuk USB, AUX, dan fitur Bluetooth.

    honda city 2

    Generasi Kelima (2021 – Sekarang)

    Generasi terbaru dari Honda City, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021, menawarkan beberapa pembaharuan yang mencolok.

    City kini menggunakan platform yang berbeda dari Honda Jazz dan memiliki mesin baru dengan teknologi DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 121 PS dan torsi 145 Nm.

    Untuk generasi kelima Honda City ini, mereka benar-benar memberikan sentuhan yang lebih elegan dan fitur-fitur canggih yang belum pernah dilihat sebelumnya di kelasnya.

    Baca juga: Sejarah Mobil Listrik Pertama di Dunia, Sudah Ada Lebih dari 100 Tahun Lalu

    Misalnya, mereka menyematkan fitur Remote Engine Start yang memungkinkan kamu menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum kamu bahkan masuk ke dalam mobil. Praktis banget, kan?

    Lampu depannya juga patut kamu perhatikan. Kini, Honda City menggunakan Full LED Headlight yang didukung oleh LED Daytime Running Light dan LED Fog Light. Jadi, pencahayaan malam hari jadi lebih terang dan tampilannya semakin elegan.

    Adapun untuk bagian belakangnya, All New Honda City dilengkapi dengan Rear Combi Lamp with LED Light Bars yang memberikan kesan stylish dan modern. Ada juga Shark Fin Antenna yang semakin memperindah tampilan mobil ini.

    Di dalam mobil ini, kamu akan menemukan perangkat layar infotainment berukuran 8 inci yang sangat canggih. Fitur hiburan ini memungkinkan kamu untuk memutar musik dari berbagai sumber, dan untuk pengalaman audio yang lebih baik.

    Jika ditotal, terdapat speaker dengan jumlah total 8 unit yang siap memanjakan telingamu saat mendengarkan musik. Jadi, selain tampil elegan, Honda City generasi kelima ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang membuat perjalananmu semakin menyenangkan.

    Itu adalah sejarah singkat dari Honda City. Seiring berjalannya waktu, Honda City telah mengalami berbagai evolusi, menghadirkan inovasi teknologi, desain yang menarik, dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Dari hatchback mungil hingga sedan kompak yang canggih, Honda City terus berkembang dan menjadi salah satu pilihan utama di pasar otomotif Indonesia.

    Cari mobil bekas impianmu di OLX, download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait