Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    LainnyaCara Setting Bluetooth Audio Mobil, Penyebab Kendala dan Cara Mengatasinya

    Cara Setting Bluetooth Audio Mobil, Penyebab Kendala dan Cara Mengatasinya

    Bluetooth audio mobil adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan Anda untuk menyalakan audio dari perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet ke sistem audio mobil. Bluetooth audio mobil akan membuat Anda tak perlu lagi menggunakan kabel atau koneksi fisik lainnya dalam menyalakan audio.

    Bluetooth audio mobil dapat memberikan kemudahan yang akan Anda rasakan seperti bisa dengan praktis mendengarkan musik. Namun kemudahan ini masih belum sepenuhnya dipahami oleh beberapa orang. Masih banyak ada yang bingung cara setting Bluetooth audio mobil.

    Cara setting Bluetooth audio mobil cukup praktis dan tidak susah. Selain memahami cara setting Bluetooth audio mobil, ada beberapa masalah juga terkait Bluetooth audio mobil yang tidak bisa connect dengan perangkat.

    Baca juga: Begini Cara Mudah Aktifkan Aplikasi Y-Connect Yamaha Nmax Baru

    Ada beberapa solusi cara mengatasi Bluetooth audio mobil tidak bisa connect yang perlu anda pahami. Pemahaman tentang setting Bluetooth audio mobil hingga cara mengatasi Bluetooth audio mobil yang tidak bisa connect dengan perangkat akan dijelaskan secara detail di bawah ini. 

    Cara Setting Bluetooth Audio Mobil

    Bluetooth audio mobil sangat membantu Anda untuk menyalakan audio seperti musik di mobil. Cara setting Bluetooth audio mobilnya cukup praktis dan mudah dipahami. Berikut cara setting Bluetooth audio mobil yang bisa Anda praktekan langsung di mobil Anda.

    1. Nyalakan head unit dan tunggulah sampai benar-benar dalam keadaan standby.
    2. Jika keadaan sudah standby, kemudian ubah mode input ke Bluetooth.
    3. Aktifkan Bluetooth dengan menggunakan head unit di android.
    4. Jika Bluetooth sudah menyala, selanjutnya buka pengaturan bluetooth pada smartphone Anda.
    5. Hubungkan bluetooth audio mobil dengan smartphone dan tunggu sampai benar-benar terbaca.
    6. Pastikan sudah terkoneksi antara Bluetooth audio mobil dengan smartphone.
    7. Anda sudah bisa menikmati lagu di smartphone melalui bluetooth audio mobil di mobil Anda.

    Keuntungan Penggunaan Bluetooth Audio Mobil

    Bluetooth audio mobil memberikan kemudahan bagi penggunanya. Dari kemudahan tersebut ada beberapa keuntungan dari penggunaan Bluetooth audio mobil sebagai berikut.

    • Ringkas tanpa kabel

    Bluetooth audio mobil akan membuat Anda jadi lebih ringkas ketika ingin memutar lagu di mobil. Tak perlu pakai kabel, dengan koneksi Bluetooth bisa menghubungkan smartphone dengan Bluetooth audio mobil.

    Kemudahan inilah yang bakal bikin Anda terbantu dengan adanya Bluetooth audio mobil.

    • Kualitas suara baik

    Kualitas suara dari Bluetooth audio mobil telah meningkat secara pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan sistem audio mobil modern sudah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mengoptimalkan kualitas suara dari sumber Bluetooth. 

    Selain itu, kebanyakan perangkat Bluetooth modern mendukung codec suara yang sangat mumpuni, seperti aptX dan LDAC, yang meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan.

    • Kompatibilitas luas

    Perangkat elektronik di zaman modern ini cukup beragam seperti smartphone dan tablet. Perangkat tersebut kini sudah bisa terhubung dengan Bluetooth. Kemudahan inilah yang membuat Anda bisa dengan praktis bisa terhubung dengan sistem audio mobil Anda tanpa perlu membeli perangkat khusus.

    Baca juga: 5 Fitur Modern dan Mewah yang Cocok Dipasang di Mobil Klasik

    • Mainkan musik tanpa harus pegang perangkat

    Dengan Bluetooth audio mobil, Anda bisa memainkan musik atau audio lainnya tanpa harus mengambil atau memegang perangkat Anda. Ini sangat berguna ketika mengemudi, karena bisa membantu Anda dalam menghindari gangguan dan mengurangi risiko kecelakaan.

    Penyebab Bluetooth Audio Mobil Tidak Bisa Connect

    Bluetooth audio mobil juga bisa mengalami beberapa masalah. Masalah yang timbul salah satunya tidak bisa connect ke perangkat. Berikut ada beberapa penyebab audio mobil tidak bisa connect ke perangkat.

    • Gangguan pada perangkat

    Penyebab bluetooth audio mobil tidak tersambung, mungkin saja karena adanya gangguan pada perangkat. Coba cek smartphone atau tablet Anda dan pastikan dalam keadaan tak alami gangguan.

    • Gangguan pada head unit

    Setelah memeriksa perangkat, periksa juga head unit. Pastikan head unit bisa ke mode Bluetooth dan membaca koneksi Bluetooth yang sudah menyala pada perangkat. Jika tidak tersambung, bisa jadi head unit alami gangguan.

    • Hardware Bluetooth rusak

    Gangguan pada head unit saat Bluetooth tidak bisa terkoneksi ada beberapa penyebabnya. Salah satunya hardware Bluetooth alami kerusakan. Jika rusak, maka kamu perlu servis atau menggantinya dengan yang baru.

    • Jarak terlalu jauh

    Bluetooth memiliki jarak terbatas, sehingga jika perangkat Anda terlalu jauh dari sistem audio mobil Anda maka koneksi Bluetooth bisa saja terputus. Pastikan Anda berada dalam jangkauan yang memadai saat mencoba terhubung.

    • Baterai yang lemah

    Pastikan perangkat Anda memiliki daya yang cukup agar bisa terhubung dengan sistem audio mobil. Baterai yang lemah pada perangkat Anda bisa saja menghambat kemampuan Bluetooth untuk terkoneksi dengan perangkat.

    • Gangguan frekuensi

    Sinyal Bluetooth dapat terganggu oleh adanya sumber frekuensi lainnya, seperti perangkat Wi-Fi, telepon seluler, atau perangkat elektronik lainnya. Pastikan tidak ada sumber gangguan frekuensi lainnya yang bisa menghalangi koneksi Bluetooth.

    Baca juga: 7 Rekomendasi Audio Mobil Terbaik, Jangan Salah Pilih

    Cara Mengatasi Bluetooth Audio Mobil Tidak Bisa Connect

    Cara setting bluetooth mobil
    Ilustrasi setting bluetooth (olxautos.co.id)

    Setelah menemukan penyebab Bluetooth audio mobil tidak bisa connect, maka ada beberapa cara mengatasi yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

    • Coba Restart Perangkat

    Cara termudah untuk mengetahui Bluetooth apakah bisa connect lagi atau tidak yakni dengan me-restart ulang. Coba untuk restart kembali perangkat dan coba kembali hubungkan dengan perangkat yang bluetoothnya sudah menyala. 

    Biasanya dengan cara seperti ini Anda akan bisa kembali membuat perangkat ke performa terbaiknya tanpa adanya gangguan lagi pada software maupun hardware.

    • Lakukan Reset Head Unit

    Tidak hanya restart perangkat, Anda juga bisa lakukan reset head unit. Reset ini bisa membuat head unit kembali ke peraturan awal atau pengaturan pabrik. 

    Kembali ke pengaturan pabrik bisa membuat head unit kembali seperti baru lagi. Kualitas sinyal bluetooth yang ada di dalam head unit mobil Anda juga akan kembali seperti semula.

    • Hapus koneksi dan bersihkan perangkat

    Jika perangkat sebelumnya sudah terhubung, cobalah untuk menghapus koneksi tersebut dari sistem audio mobil dan perangkat. Setelah itu cobalah hubungkan kembali. 

    Jika masih belum bisa, Anda bisa lakukan langkah dengan bersihkan perangkat dan area sekitarnya dari debu atau kotoran yang mungkin saja menghalangi sinyal Bluetooth.

    • Periksa pembaruan perangkat lunak

    Pastikan perangkat Anda dan sistem audio mobil menjalankan versi perangkat lunak yang terbaru. Jika tidak, lakukan pembaruan untuk mengatasi masalah koneksi Bluetooth. 

    • Ganti Koneksi AUX

    Jika 4 cara di atas tidak berhasil, cobalah kamu dengan ganti koneksi AUX. Di setiap head unit atau tape mobil tentu punya mode input AUX. AUX adalah jenis koneksi audio dengan menggunakan kabel. Mode manual dengan AUX bisa jadi solusi sementara agar bisa mendengarkan musik di mobil Anda.

    Jika masalah pada Bluetooth audio mobil anda tidak dapat teratasi, mungkin Anda perlu menghubungi produsen mobil atau produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

    Nah, setelah menyimak ulasan di atas mengenai cara setting bluetooth audio mobil tentu sangat mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Hal ini pun bisa langsung Anda coba sendiri di mobil kesayangan Anda.

    Selain itu kalau untuk urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah,kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait