Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJenis dan Tips Memilih Subwoofer Mobil

    Jenis dan Tips Memilih Subwoofer Mobil

    Pilihlah antara subwoofer aktif dan pasif sesuai dengan kebutuhan

    News.OLX – Memilih subwoofer mobil yang cocok untuk kendaraan adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas audio di mobil. Tidak semua subwoofer berkualitas sama, jadi harus pandai-pandai memilih sesuai kebutuhan.

    Artikel ini akan membahas berbagai jenis-jenis subwoofer mobil dan memberikan tips penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

    Sealed box

    Sealed box adalah jenis subwoofer yang tidak memiliki lubang. Ini memungkinkan subwoofer menghasilkan bass yang halus dan presisi. 

    Box ini cocok untuk kamu yang menginginkan respons bass yang akurat. Namun, kelemahan sealed box adalah efisiensi daya yang dibutuhkan lebih besar.

    Vented ported

    Vented ported mirip dengan sealed box, tetapi memiliki lubang yang meningkatkan efisiensi daya dan menghasilkan suara yang lebih keras. Cocok untuk kamu yang menginginkan suara bass yang kuat. Pembuatan box ini memerlukan penyetelan yang cermat.

    Infinite baffle

    Infinite baffle biasanya digunakan di mobil sedan. Ini memisahkan suara depan dan belakang, mengurangi resonansi. Kelebihan lainnya adalah hemat tempat.

    Acoustic couple

    Acoustic couple adalah jenis box subwoofer yang menggabungkan 2 subwoofer sekaligus dalam satu box. Ini menghasilkan suara bass yang lebih kuat. Namun, ada perbedaan data output dari masing-masing driver.

    Reflex bandpass

    Reflex bandpass digunakan untuk melewatkan frekuensi suara tertentu sesuai keinginan. Ada dua jenis, yakni single (satu lubang keluaran suara) dan double (dua lubang keluaran suara). 

    Letak lubang memengaruhi suara yang dihasilkan. Reflex bandpass memiliki kelemahan, seperti mudah rusak, distorsi tinggi, dan ukuran besar.

    subwoofer (2)

    Tips memilih subwoofer mobil 

    Masih bingung jenis subwoofer mana yang cocok dengan kamu? Cek tips berikut ini, ya!

    1. Pilih sesuai kebutuhan audio
    2. Sesuaikan ukuran dengan kapasitas ruang di mobil
    3. Cek Spesifikasi, pastikan sistem listrik mobil kamu cukup kuat untuk mengatasi kebutuhan daya subwoofer. 
    4. Tentukan anggaran
    5. Pilih antara subwoofer aktif dan pasif sesuai dengan kebutuhan

    Agar kamu tidak salah pilih subwoofer, kamu juga mengkonsultasikan kebutuhan kamu kepada teknisi ahli.

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait