Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliJangan Lupa Cek Hal Ini Setelah Beli Mobil Bekas

    Jangan Lupa Cek Hal Ini Setelah Beli Mobil Bekas

    Pokoknya setelah beli mobil bekas, jangan lupa periksa hal-hal ini

    News.OLX – Beli mobil bekas bisa menjadi pilihan bijak untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau.

    Namun, setelah kamu berhasil menemukan mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, ada beberapa langkah penting yang perlu kamu ambil untuk memastikan bahwa pembelianmu tidak mengecewakan.

    Lantas apa langkah yang harus dilakukan? Mari kita rincikan beberapa hal yang harus dicek setelah beli mobil bekas, dengan fokus pada pemeliharaan, kebersihan, dan legalitas kendaraan.

    Sterilkan mobil

    Setelah kamu sukses membeli mobil bekas, langkah pertama yang harus diambil adalah cuci mobil dengan cermat. Meskipun mungkin mobil tersebut sudah dibersihkan oleh pemilik sebelumnya, mencucinya lagi merupakan tindakan preventif yang sangat penting.

    Baca juga: Apa Bedanya Beli Mobil Bekas dari Pemilik Langsung, Dealer, dan Online?

    Pembersihan menyeluruh melibatkan baik bagian interior maupun eksterior mobil. Bagian dalam mobil, seperti jok, dashboard, panel pintu, dan kemudi, harus diperhatikan secara khusus. 

    Ini adalah bagian yang sering disentuh, dan membersihkannya dapat membantu menghindari penyebaran virus dan bakteri. Gunakan sabun mobil dan air bersih untuk mencuci mobil dengan hati-hati, sertakan roda dan velg dalam proses pembersihan. 

    Setelah mencuci, pastikan untuk mengeringkan dan memberikan sentuhan akhir dengan menggunakan cairan pembersih khusus atau melalui fogging selama 15-30 menit.

    beli mobil bekas (5)

    Ganti oli

    Setelah membersihkan mobil, langkah selanjutnya yang perlu kamu ambil adalah mengganti oli dan cairan lainnya. Pergantian oli mesin, minyak rem, cairan radiator, dan transmisi perlu dilakukan segera setelah pembelian. 

    Baca juga: Jangan Pakai Tool Kit Mobil Bekas Kalau Kondisinya Sudah Begini!

    Cairan tersebut merupakan elemen kritis dalam menjaga performa dan keamanan mobil. Pastikan untuk menggantinya sesuai dengan standar pabrik dan periksa kondisinya dalam beberapa hari ke depan. 

    Jika jumlahnya berkurang secara drastis, ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada komponen yang menampung cairan. 

    Periksa kaki-kaki dan sistem pengereman

    Mobil yang baru saja kamu beli bisa saja sudah lama dipajang. Maka dalam memeriksanya fokuslah pada kaki-kaki mobil dan sistem pengereman. 

    Periksa kondisi roda, termasuk keausan dan tekanan udara yang tepat. Jika kondisi ban sudah tidak layak, segera gantilah untuk memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara. 

    Perhatikan juga sistem pengereman. Pastikan rem berfungsi dengan baik tanpa adanya bunyi atau getaran yang tidak wajar saat menginjak pedal rem. Selain itu, periksa suspensi dan sistem kemudi untuk memastikan mobil dapat dikendarai dengan aman dan nyaman.

    Spooring dan balancing

    Agar mobil makin stabil, lakukanlah spooring dan balancing roda. Spooring melibatkan penyesuaian sudut roda, sedangkan balancing melibatkan penyesuaian berat pada roda untuk memastikan keseimbangan. 

    Baca juga: Harga Spion Mobil Bekas, Mulai Dari Rp 500 Ribuan

    Melakukan prosedur ini secara berkala, terutama jika mobil digunakan di jalan tidak rata, dapat mencegah kerusakan pada komponen suspensi dan ban mobil. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kenyamanan dan stabilitas kendaraan saat berkendara.

    Balik nama kendaraan

    Terakhir, setelah melakukan semua pengecekan dan perawatan, jangan lupakan untuk melakukan mutasi dan balik nama kendaraan. Proses ini sangat penting untuk membuat kepemilikan kendaraan resmi beralih ke nama kamu.

    Daftarkan kendaraan di kantor Samsat setempat dan pastikan untuk menyimpan STNK dan BPKB dengan baik. Rutinlah memperpanjang pajak kendaraan agar kamu tidak terkena denda atau sanksi di masa mendatang.

    Baca juga: Tips Membeli Toyota Avanza Bekas, Ini yang Harus Diperhatikan

    Simpel tapi penting, demikianlah langkah yang baik untuk diikuti. Semuanya dapat dilakukan agar kamu dapat memastikan mobil bekas yang baru saja kamu beli tidak hanya bersih dan terawat dengan baik tetapi juga aman dan sesuai dengan regulasi hukum setempat. Selamat menikmati perjalanan baru dengan mobil bekas pilihan!

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait