Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTerhubung Dengan Smartphone, Ini Keunggulan Connected Cars

    Terhubung Dengan Smartphone, Ini Keunggulan Connected Cars

    Fitur yang dimiliki connected cars ternyata membuatnya lebih aman!

    News.OLX Smartphone barangkali nyaris tidak pernah lepas dari genggaman tangan manusia. Sebab smartphone memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan dunia di sekitar kita melalui panggilan, pesan teks, email, media sosial, dan aplikasi pesan instan.

    Tidak hanya itu, kini manusia pun juga dapat terhubung dengan mobil melalui smartphone yang digunakan. Hal ini yang kini dikenal dengan connected car atau mobil terhubung.

    Lantas, apa itu mobil terhubung serta bagaimana keunggulannya? Untuk mengetahuinya, yuk, simak artikel berikut ini.

    Mengenal connected car

    Dalam gambaran umum, mobil connected car memungkinkan pengemudi untuk tetap terhubung dengan dunia luar melalui smartphone.

    Artinya, teknologi yang ditanamkan dalam mobil memungkinkan pengemudi berkomunikasi dengan orang lain menggunakan smartphone tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

    Hal ini lantaran teknologi yang digunakan berkonsep Internet of Things (IoT), yang memungkinkan kendaraan bisa berinteraksi dengan perangkat pintar yang dimiliki pengguna. Salah satunya dengan smartphone.

    Dengan kemampuan ini, pengemudi dapat mengakses berbagai fitur dan layanan yang membantu perjalanan mengemudi, meningkatkan keselamatan berkendara, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih modern.

    Keunggulan connected car

    Selain meningkatkan keselamatan dan keamanan, connected car juga menawarkan sejumlah keunggulan yang dapat meningkatkan pengalaman sebagai pengemudi. Berikut adalah beberapa keunggulan teknologi ini.

    1. Kemampuan pemantauan

    Teknologi kendaraan terhubung memberikan kemampuan kepada pemilik kendaraan untuk memantau kendaraan mereka secara menyeluruh melalui ponsel pintar.

    Produsen mobil menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pemilik memantau kondisi kesehatan kendaraan. Hal ini termasuk laporan diagnostik otomatis yang dapat mendeteksi masalah atau kerusakan yang terdapat pada mobil.

    Selain itu, kendaraan ini juga menyediakan laporan bulanan tentang aktivitas kendaraan dan memberikan pemberitahuan terkait perawatan melalui aplikasi yang sesuai.

    2. Peningkatan keamanan

    Mobil terhubung dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, termasuk fitur pelacakan yang dapat diakses melalui ponsel pintar.

    Penggunaan fitur ini memungkinkan pemilik untuk melacak posisi kendaraan mereka dan, dalam situasi pencurian, menghubungi pusat panggilan guna menonaktifkan kendaraan.

    3. Pengaturan batas kecepatan

    Kendaraan terhubung juga dilengkapi dengan fitur notifikasi kecepatan yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk menetapkan batas maksimum kecepatan kendaraan.

    Jika kendaraan melebihi batas yang telah ditetapkan, pemilik akan menerima notifikasi, yang membantu mendorong pengemudi untuk mengemudi dengan lebih aman.

    smartphone

    Ciri-ciri connected car atau mobil terhubung

    Meskipun banyak mobil modern dilengkapi dengan teknologi canggih, tidak semua mobil memiliki teknologi terhubung atau IoT. Beberapa ciri-ciri umum yang menunjukkan bahwa sebuah mobil adalah mobil terhubung meliputi hal berikut.

    1. Konektivitas Bluetooth dan Port USB

    Adanya teknologi Bluetooth di dalam mobil memungkinkan kita untuk memutar musik atau video dari smartphon kita ke layar dashboard tanpa perlu menggunakan kabel. Port USB Power digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone dan dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti flash drive untuk memutar musik di mobil.

    2. Fitur hands-free

    Teknologi handsfree memungkinkan kita untuk menjawab panggilan tanpa melepaskan tangan dari kemudi. Ini membantu meningkatkan keselamatan saat mengemudi, karena kita dapat menjawab panggilan dengan satu tangan, tanpa perlu mengalihkan perhatian dari jalan.

    3. Memiliki Apple CarPlay atau Android Auto

    Banyak produsen mobil terhubung telah bermitra dengan perusahaan seperti Apple dan Google. Oleh karena itu, banyak mobil terhubung dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

    Ini memungkinkan pemilik atau pengemudi untuk menghubungkan smartphon kita ke layar dashboard dan mengoperasikannya dengan suara, sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

    Pengendalian fitur kendaraan di head unit

    Salah satu ciri khas mobil terhubung adalah kemampuan untuk mengontrol hampir semua fitur kendaraan melalui head unit di layar dashboard. Ini termasuk pengaturan lampu, spion, sunroof, dan banyak lagi.

    Mengingat manfaat dan fitur canggih ini, kita mungkin tertarik untuk mencari mobil yang dilengkapi dengan teknologi terhubung.

    Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang berbagai mobil terhubung atau varian kendaraan lainnya, tersedia berbagai sumber informasi dan penjualan kendaraan yang dapat membantu dalam pencarian kita.

    Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait