Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Membersihkan Door Trim Mobil Supaya Awet

    Cara Membersihkan Door Trim Mobil Supaya Awet

    Tombol-tombol yang kotor yang terdapat di door trim dapat mengganggu fungsi fitur mobil

    News.OLX Door trim merupakan komponen vital pada mobil yang seringkali terabaikan dalam perawatan.

    Padahal, door trim dilengkapi dengan berbagai tombol dan fitur penting yang perlu dirawat secara teratur agar tetap berfungsi optimal.

    Berikut adalah langkah-langkah efektif untuk membersihkan dan merawat door trim mobil sehingga dapat tetap awet dan berfungsi dengan baik.

    1. Gunakan alat pembersih lembut

    Setelah membersihkan door trim dengan vacuum cleaner, langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa kotoran yang masih menempel menggunakan sikat nilon lembut dan lap kering yang juga lembut.

    Baca juga: Dampak Buruk Jika Mobil Kekurangan atau Kelebihan Oli

    Pastikan alat yang digunakan tidak merusak lapisan panel pintu mobil, terutama jika door trim terbuat dari material kulit asli.

    door trim mobil (1)

    2. Manfaatkan vacuum cleaner

    Rutin membersihkan door trim dengan vacuum cleaner adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan dan fungsionalitasnya. Vacuum cleaner cocok digunakan untuk semua jenis bahan lapisan door trim tanpa membahayakan struktur lapisan bahan tersebut.

    Vacuum cleaner mampu membersihkan debu dan kotoran bahkan di sudut atau celah door trim yang sulit dijangkau tangan, membuat proses pembersihan lebih efektif.

    3. Gunakan cairan pembersih khusus

    Untuk door trim yang terbuat dari bahan vinyl, gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkannya. Hindari penggunaan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia dan pelarut, karena dapat membuat warna lapisan vinyl memudar.

    Baca juga: Aki Motor Sering Tekor, Apa Sih Penyebabnya?

    Pilihlah cairan pembersih yang dirancang khusus untuk perawatan door trim vinyl. Jika door trim menggunakan lapisan kulit, sebaiknya rawat minimal dua kali setahun dengan cairan pembersih kulit dan kain katun.

    Beberapa cairan pembersih kulit mengandung pelindung dari sinar ultraviolet. Bubuhkan cairan pembersih ke kain dan lakukan gerakan memutar untuk membersihkannya.

    Untuk noda yang membandel, ulangi proses ini beberapa kali hingga tidak terlihat. Setelah seluruh panel dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu gosok dengan kain katun bersih.

    Baca juga: Aki Kering Lebih Mahal daripada Aki Basah, Apa Alasannya?

    Untuk hasil yang lebih baik, gunakan conditioner khusus kulit yang dapat memperpanjang usia, meningkatkan penampilan, dan menjaga kelembutan kulit.

    4. Bersihkan tombol-tombolnya

    Selain membersihkan lapisan door trim, jangan lupa membersihkan semua tombol yang ada pada bagian tersebut. Tombol yang kotor dan berdebu dapat mengganggu fungsi fitur pada door trim.

    Gunakan vacuum cleaner dan sikat bulu lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang terdapat di celah-celah tombol pada door trim.

    5. Lakukan pembersihan secara rutin

    Salah satu kunci agar door trim mobil tetap awet dan berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin.

    Kotoran dan debu dari jalanan mudah menempel pada bagian door trim saat membuka pintu mobil, sehingga menjaga door trim secara berkala adalah hal yang penting. Jika dibiarkan, kotoran tersebut dapat merusak fungsi tombol dan fitur yang ada pada door trim.

    Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Arus Listrik Mobil Tidak Stabil

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait