Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFlashdisk Tidak Terbaca? Lakukan Tips Ini

    Flashdisk Tidak Terbaca? Lakukan Tips Ini

    Jangan buru-buru ganti, flashdisk tidak terbaca bisa diatasi dengan cara ini!

    News.OLXFlashdisk merupakan perangkat penyimpanan data eksternal yang terhubung melalui port USB. Dikenal juga sebagai USB Flash Drive, alat ini mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

    Meskipun alat ini berguna dan sangat praktis untuk menyimpan file penting, sayangnya, flashdisk sering kali terpapar virus atau mengalami kerusakan. Alhasil, ada kemungkinan bahwa flashdisk tersebut tidak dapat dibuka sama sekali.

    Namun, tidak perlu panik terlebih dahulu, sebab terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi situasi tersebut. Berikut penjelasannya.

    1. Pemeriksaan port USB di laptop

    Colokkan flashdisk ke port USB pada laptop yang kamu punya. Periksa apakah terdapat kemungkinan bahwa port USB mengalami masalah, sehingga tidak dapat membaca flashdisk.

    Kemudian, coba colokkan flashdisk ke port USB lain pada laptop atau gunakan PC yang berbeda. Jika flashdisk dapat terbaca di perangkat lain, kemungkinan besar masalah terletak pada port USB pada laptop.

    Untuk itu, pastikan untuk membersihkan port USB dari debu sebelum memasang flashdisk. Sebab, port USB yang kotor bisa menjadi penyebab koneksi yang tidak stabil sehingga perangkat tersebut tidak terbaca oleh laptop kamu.

    2. Pemeriksaan flashdisk Itu Sendiri

    Selain mengevaluasi ketersediaan port USB, lakukan peninjauan langsung terhadap keadaan fisik flashdisk. Sambungkan flashdisk lain ke port USB pada komputer. Jika flashdisk tambahan dapat terdeteksi dengan baik, sedangkan flashdisk yang sedang bermasalah tidak memberikan respons, dapat disimpulkan bahwa flashdisk yang bermasalah kemungkinan besar mengalami kerusakan.

    3. Penggunaan Disk Management Tool

    Gunakan Disk Management Tool untuk memindai flashdisk dan mendeteksi serta memperbaiki kerusakan. Caranya dengan mencolokkan flashdisk ke port USB.

    Setelah itu, klik kanan pada logo Windows. Lalu, pilih Disk Management dan pilih Properties lalu. Kemudian tunggu hingga beberapa waktu hingga muncul tab baru pada layarmu. 

    Setelah itu, klik Tools dan pilih fitur Check. Di sana, temukan opsi check, lalu pilih Scan and Repair Drive. Tunggu hingga proses selesai, kemudian coba colokkan flashdisk lagi.

    4. Pengecekan flashdisk menggunakan device manager

    Di samping itu, kamu dapat melakukan pemeriksaan flashdisk menggunakan Device Manager. Metode ini dapat diterapkan apabila PC atau laptop mampu membaca flashdisk, tetapi file yang ada di dalamnya tidak dapat diakses.

    Langkah-langkahnya sebagai berikut: temukan Device Manager melalui fitur pencarian di Windows atau dengan menekan kombinasi tombol “Windows + X”, kemudian pilih Device Manager. Setelah membuka Device Manager, arahkan kursor ke Disk Drivers.

    Identifikasi drive flashdisk dan lakukan proses uninstall terhadap drive tersebut. Selanjutnya, pilih opsi Scan for Hardware Changes untuk memperbarui perubahan pada drive. Lakukan restart pada PC atau laptop kamu, dan cobalah untuk menyambungkan flashdisk kembali.

    flashdisk

    5. Pengecekan status flashdisk menggunakan command prompt

    Untuk memulai, buka menu dengan menekan logo Windows, kemudian ketik “command prompt.” Setelah muncul jendela hitam, ketikkan perintah “chkdsk G:” di dalamnya. Pastikan untuk menggantikan huruf “G” dengan huruf drive yang sesuai dengan flashdisk kamu, seperti F, H, atau yang lainnya.

    Selanjutnya, tekan tombol enter dan perhatikan hasil yang ditampilkan oleh command prompt. Jika flashdisk kamu mengalami masalah, akan muncul pemberitahuan bahwa Windows telah menemukan kesalahan atau masalah lainnya.

    6. Format flashdisk menggunakan disk management

    Langkah ini bersifat ekstrim karena dapat menyebabkan hilangnya data di flashdisk. Namun, dapat menjadi solusi jika flashdisk terinfeksi virus yang membuatnya tidak dapat terbaca.

    Gunakan “Windows + X” atau cari Disk Management melalui pencarian. Pilih lokasi flashdisk, klik kanan, pilih format. Tunggu hingga proses selesai, lalu coba gunakan flashdisk lagi.

    Semoga salah satu dari langkah-langkah di atas dapat membantu mengatasi masalah flashdisk yang tidak dapat terbaca. Penting untuk selalu melakukan pencadangan data penting sebelum mencoba untuk memformat flashdisk!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait