Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriApa Fungsi Power Window Mobil? Ini Cara Kerja, Kerusakan dan Cara Memperbaikinya

    Apa Fungsi Power Window Mobil? Ini Cara Kerja, Kerusakan dan Cara Memperbaikinya

    Power window mobil merupakan fitur yang disematkan pada kendaraan agar dapat dengan mudah dan praktis saat mengatur kaca jendela. Bila zaman dahulu kaca jendela dibuka dan ditutup dengan cara diengkol, saat ini sudah tinggal di pencet saja.

    Keberadaan power window ini sudah hampir disematkan di semua mobil penumpang baru. Selain mobil penumpang seperti pikap, truk dan sejenisnya terkadang tidak disematkan power window.

    Meskipun power window ini menjadi sebuah teknologi yang sangat tidak berhubungan dengan mesin mobil. Namun keberadaannya tentu akan membuat nyaman pengguna mobil.

    Power window sendiri merupakan rangkaian elektronik yang menggerakan kaca jendelo mobil hanya dengan menekan tombol. Baik itu untuk buka tutup hingga menguncinya.

    Apabila tidak ada power window tentu akan cukup kesulitan saat membuka jendela apalagi saat fokus mengemudi. Keberadaannya ini pun membuat pengaturan jendela semakin praktis. 

    Berikut ulasan mengenai power window yang bisa Anda pelajari apabila menemukan masalah di mobil Anda.

    Cara Kerja Power Window Mobil

    Pada setiap mobil penumpang keluaran baru, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur power window. Fitur pada mobil yang membuat pengendara semakin praktis dalam mengaturnya ini memiliki cara kerja sebagai berikut:

    • Saat Menutup Manual

    Cara kerja power window ketika menutup manual adalah dimulai saat pengemudi memposisikan kontak mobil pada posisi ON. Selanjutnya saklar di sisi pengemudi akan ditarik sehingga membuat arus listrik dari aki akan mengalir ke kumparan relay utama power window. 

    Relay selanjutnya akan menyalakan integrated circuit pada saklar utama dan menghidupkan transistor untuk mengalirkan arus ke motor power window sehingga kaca jendela naik ke atas atau menutup.

    • Saat Membuka Manual

    Setelah kunci kontak pada posisi ON dan saklar di sisi pengemudi ditekan, maka arus listrik akan mengalir ke relay utama power window. 

    Selanjutnya relay utama akan menghidupkan IC dan transistor sehingga membuat rangkaian massa pada relay turun. Selanjutnya motor power window akan berputar dan jendela akan bergerak turun atau membuka.

    • Saat Menutup Manual

    Cara kerja power window pada saat menutup manual dimulai pada saat saklar pada posisi on. Saklar pada sisi pengemudi ditarik, arus listrik dari baterai akan mengalir ke kumparan relau utama power window.

    Relay ini yang kemudian menyalakan IC pada saklar utama. Selanjutnya IC menghidupkan transistor agar mengalirkan arus ke motor power window.

    • Saat Menutup Otomatis

    Ketika kaca jendela mobil menutup otomatis, saklar power window pada posisi ditarik penuh sehingga membuat rangkaian power window menerima sinyal otomatis. 

    Selanjutnya rangkaian kontrol akan menahan agar transistor utama dan transistor posisi naik tetap aktif selama kurang lebih 10 detik.

    Kerusakan Power Window Mobil

    Cara kerja power window
    Power window (freepik)

    Kerusakan yang ditemui pada power window ini bermacam-macam. Namun kebanyakan kerusakan ini ditemui karena pemakaiannya yang sering dan sudah cukup lama.

    Bisa juga karena kotoran yang banyak masuk ke rel kaca sehingga membuat kaca mobil Anda macet saat dinaikan maupun diturunkan. Berikut kerusakan yang sering ditemui pada power window.

    • Saklar rusak

    Karena intensitas penggunaan yang cukup sering, menekan tombol yang berlebihan bisa membuat saklar cepat rusak. Maka dari itu tidak disarankan untuk digunakan berlebihan. Sehingga usia dari saklar ini lebih awet.

    • Rel kaca mobil kotoran

    Membersihkan mobil secara rutin, akan berpengaruh pada kotoran yang banyak menempel di kaca. Apabila kaca ini selalu bersih, otomatis, kemungkinan power window rusak karena kotoran semakin kecil.

    • Motor penggerak aus

    Motor penggerak pada power window ini pun bisa saja rusak ketika sudah aus dan memang membutuhkan servis hingga penggantian baru. Apabila sudah lama, power window memang harus dilakukan servis.

    Cara Memperbaiki Dinamo Power Window yang Lemah

    Kerusakan pada dinamo power window ini memang kerap ditemukan. Biasanya kerusakan ini terjadi pada brush atau sikat motor yang berfungsi menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor. 

    Gesekan rotor dengan brush inilah yang cepat atau lambat membuat motor macet dan kaca mobil tidak bisa dinaikkan atau diturunkan. Untuk mengatasinya sendiri bisa dilakukan penggantian pada komponen brush pada dinamo yang aus tersebut.

    Ada juga penggunaan relay 5 kaki yang disematkan pada rangkaian power window agar gerak kaca mobil menjadi lebih cepat.

    Cara Memperbaiki Power Window Mobil Macet 

    Dalam memperbaiki power window yang rusak tentu akan dikhususkan sesuai dengan kendala yang ditemui. Baik itu karena saklar yang rusak maupun rel kaca yang sudah kotor. 

    • Saklar rusak

    Saklar yang rusak pada power window biasanya kaca tidak bisa dioperasikan dengan mudah karena terkesan macet. Padahal kemacetannya ini terjadi karena saklar yang sudah usang.

    Untuk memperbaiki power window yang macet karena saklar yang rusak adalah dengan mengganti dengan perangkat saklar yang baru. 

    • Rel kaca kotor

    Rel kaca yang kotor tentu akan membuat power window macet. Untuk mengatasinya sendiri cukup mudah yaitu dengan cara membersihkannya dengan membongkarnya.

    Pembersihan ini cukup simpel dibandingkan mengatasi kerusakan lainnya seperti saklar yang rusak maupun dinamo yang bermasalah.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai power window, sedikit banyak pasti Anda sudah paham. Selalu jaga kondisi mobil Anda agar selalu dalam kondisi prima.

    Kalau urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait