Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah Ditemukan di Rumah, Bahan-Bahan Ini Bisa Menghilangkan Jamur Pada Bodi Mobil

    Mudah Ditemukan di Rumah, Bahan-Bahan Ini Bisa Menghilangkan Jamur Pada Bodi Mobil

    Kamu bisa bersihkan jamur pada bodi mobil pakai bahan-bahan ini!

    News.OLX – Jamur pada bodi mobil memang membuat tampilan menjadi kotor dan tidak enak dipandang. Yang perlu kamu ketahui adalah jamur disebabkan oleh sisa air yang menempel pada cat mobil sehingga menjadi bercak putih.

    Tidak hanya membuat mobil kamu terlihat kusam, namun jika sisa air pada bodi mobil kamu dibiarkan saja, efek dari jamur tersebut dapat merusak cat bodi mobil. Bahkan ketika ingin menjual mobil harganya malah anjlok.

    Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus teliti saat mencuci mobil dan wajib memeriksa secara keseluruhan apakah masih ada sisa air atau tidak. Lalu, saat musim penghujan pastikan lap mobil dengan bersih dan kering agar tidak menimbulkan jamur pada bodi mobil.

    Baca juga: 15 Tips Beli Mobil Bekas Ini Ampuh Untuk Menghindari ‘Amsiong’

    Jika akhirnya jamur yang membandel tidak bisa dihilangkan, kamu tidak perlu khawatir. Ternyata ada solusi bagaimana menghilangkan jamur pada cat mobil dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur :

    1. Pemutih pakaian

    Tidak hanya untuk menghilangkan noda pada pakaian saja, namun kandungan pada pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada cat mobil. 

    Cukup menggosokkan kain yang sudah dicelup ke dalam cairan pemutih pakaian pada bagian cat mobil yang berjamur, kemudian bilas dengan air bersih. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengelap bodi mobil hingga benar-benar kering.

    jamur (1)

    2. Pasta gigi

    Barang di kehidupan sehari-hari di sekitar kamu yang bisa membantu untuk menghilangkan jamur pada bodi mobil adalah pasta gigi. 

    Baca juga: Mau Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah? Segini Biayanya

    Caranya cukup oleskan pasta gigi pada kain bersih, lalu gosok halus ke bagian cat mobil yang berjamur secara merata. Kemudian diamkan selama beberapa saat hingga pasta gigi mengering. Terakhir, bersihkan dengan air dan lap cat mobil hingga kering.

    3. Cuka apel

    Kamu juga bisa menggunakan bahan di dapur untuk menghilangkan jamur loh. Barang tersebut adalah cuka apel.

    Kamu tinggal mencampurkan 3 sendok makan cuka apel dan 1 liter air, kemudian celupkan kain lembut dan gosok pada cat mobil yang berjamur hingga jamur bersih dan menghilang.

    4. Air soda

    Jika kamu memiliki air soda di rumah, kamu juga bisa manfaatkan untuk mengatasi jamur loh. Karena air soda tidak hanya bisa untuk menghilangkan jamur, namun juga dapat membersihkan karat pada besi dan barang-barang lainnya. 

    Caranya hampir sama dengan cara-cara di bahan sebelumnya. Tinggal siapkan kain bersih dan tuangkan air soda, lalu lap ke bagian cat mobil yang berjamur, kemudian keringkan.

    5. Alkohol 

    Alkohol juga salah satu bahan yang bisa membantu menghilangkan jamur di bodi mobil. Tetapi, kamu harus mengecek kadarnya dulu karena kadar yang digunakan hanya di kisaran 50% . Jika melebihi itu akan berpengaruh buruk setelah pemakaian.

    Baca juga: Bukan Cuma Buat Hobi, Mobil Klasik Cocok untuk Investasi?

    Alkohol cukup dituangkan pada kain lembut. Kemudian, gosokkan kain tersebut pada cat mobil yang tumbuh jamur hingga bersih, kemudian gunakan kain bersih dan kering untuk menyerap sisa-sisa alkohol pada cat mobil.

    Jika kelima bahan diatas tidak bisa membantu untuk menghilangkan jamur di bodi mobil kamu, kamu bisa membawanya segera ke bengkel terdekat untuk konsultasi dengan teknisi bagaimana untuk mengatasi hal tersebut.

    Jangan biarkan jamur pada mobil mengendap terlalu lama agar tidak mempengaruhi kualitas dari cat mobil kamu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait