Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Mobil6 Jenis Mobil Kijang di Indonesia, dari Buaya hingga Innova

    6 Jenis Mobil Kijang di Indonesia, dari Buaya hingga Innova

    News.OLX – Salah satu mobil yang paling terkenal di Indonesia adalah Toyota Kijang. Penamaan mobil yang merupakan akronim dari Kerja Sama Indonesia Jepang ini sudah hadir sejak tahun 1977.

    Pada generasi awalnya, bentuk dari Toyota Kijang sangatlah jauh dari yang ada sekarang ini. Pada generasi pertamanya pada tahun 70-an tersebut, Toyota Kijang hadir sebagai mobil bak terbuka.

    Menjadi sebuah mobil niaga, kini mobil Toyota Kijang sudah bertransformasi menjadi sebuah MPV. Dalam perjalanannya, Toyota Kijang bisa disebut sebagai mobil sangat sukses.

    Pasalnya dari generasi pertamanya hingga sekarang, masih memiliki banyak peminat. Apalagi sampai generasi ke-6 ini Toyota Kijang menjadi pilihan banyak orang sebagai mobil untuk moda transportasi sehari-hari.

    Pada setiap generasinya, Toyota Kijang memiliki penamaan tersendiri. Seperti halnya untuk generasi pertama yang disebut sebagai Toyota Kijang Buaya. Di generasi selanjutnya pun Toyota Kijang memiliki penamaan khas yang sampai sekarang mobil bekasnya masih banyak ditemui di pasaran.

    Berikut 6 jenis mobil Kijang di Indonesia dari generasi pertama hingga saat ini:

    Toyota Kijang Buaya

    Toyota Kijang Buaya
    Toyota Kijang Buaya yang disebut Kijang Tamaraw di Filipina (wikipedia)

    Sebagai generasi pertama dalam keluarga mobil Kijang, Toyota Kijang Buaya ini diluncurkan pada Pekan Raya Jakarta tahun 1977. Kala itu mobil ini menjadi pesain dari Mitsubishi Colt.

    Mendapat julukan sebagai Toyota Kijang Buaya karena model buka tutup kap mesin depannya mirip dengan mulut buaya bila sedang dibuka. Selain itu eksterior mobil ini pun terkesan mengkotak dan jendela sampingnya pun bukan dari kaca melainkan plastik dan terpal.

    Mobil Toyota Kijang Buaya ini dibekali dengan mesin tipe 3K berkapasitas 1.2L dengan transmisi manual 4 percepatan.

    Pada tahun awalnya, mobil ini hanya diproduksi berjumlah 1.168. Namun seiring berjalannya waktu dan minat konsumen yang semakin tinggi, pada tahun 1978 meningkat hingga 4 kali lipatnya dan terus bertambah dari tahun ke tahun.

    Saat ini keberadaan mobil ini pun cukup langka. Namun biasanya mobil ini sudah menjadi mobil kolektor, pasalnya harganya yang semakin tinggi bila dibandingkan dengan mobil pick up keluaran baru.

    Untuk harga mobil bekasnya saat ini sangat bervariatif mulai dari Rp40 juta hingga Rp60 jutaan.

    Toyota Kijang Doyok

    Toyota Kijang Doyok
    Toyota Kijang Doyok (Wikipedia)

    Pada generasi kedua, terdapat Toyota Kijang KF20 atau yang memiliki julukan Kijang Doyok. Mulai dirilis pada tahun 1981, Toyota Kijang ini sudah menjadi mobil MPV bukan pick up.

    Julukan Kijang Doyok ini konon karena penampilan mobil ini yang kotak-kotak kerempeng dan identik dengan tokoh kartun Doyok di koran Pos Kota. Maka mobil ini pun mendapat julukan tersebut.

    Untuk dapur pacunya, Toyota Kijang KF20 ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.3 liter 4K dan 1.5 liter 5K. Pada saat itu, hanya disediakan transmisi 4 percepatan manual. 

    Perbedaan dari generasi pertama, engsel pintunya sudah rapi dan jendelanya sudah menggunakan kaca, bukan plastik dan terpal. Perubahan pun dilakukan pada bagian gril dan bumper.

    Untuk harga mobil bekasnya, pasaran dari Toyota Kijang Doyok ini cukup bervariatif. Mengingat mobil ini adalah tahun tua dan cukup banyak digemari kolektor fanatiknya. Mobil ini mulai ditawarkan dengan harga Rp40 hingga Rp60 jutaan.

    Toyota Kijang Super

    Toyota Kijang Super
    Toyota Kijang Super (wikipedia)

    Setelah Toyota Kijang Doyok, generasi selanjutnya tampil lebih modern dan memiliki nama Kijang Super. 

    Diluncurkan pada tahun 1986, perubahan banyak terjadi pada Toyota Kijang generasi ke-3 ini. Menggunakan teknologi Full Pressed Body yang canggih di masanya yang dapat mengurangi 2-5 kg dempul setiap mobil.

    Mobil Toyota Kijang Super ini hadir pada tahun 1986 hingga tahun 1996. Kijang Super hadir dalam dua versi yakni sasis pendek KF40 dan sasis panjang KF50. 

    Selain itu pada generasi ketiga sempat dilakukan facelift pada tahun 1992 yang diberi nama Kijang Grand Extra. Hadir dengan teknologi Toyota Original Body yang menjadikannya sebagai minibus pertama dengan kualitas body bebas dempul setara sedan.

    Eksterior pada mobil ini semakin modern dengan pengubahan interior seperti desain dashboard baru dan hadirnya AC double blower. Pada 1995, terdapat pergantian mesin dari 5K 1.500 cc menjadi 7K 1.800 cc. Dari segi eksterior juga dibedakan dengan hadirnya grille tegak. 

    Kijang Generasi 3 ini berhasil mencetak sejarah pada tahun 1989 dimana terdapat peluncuran Kijang ke 200.000 unit yang bertepatan dengan produksi Toyota ke 500.000 unit.

    Untuk saat ini, mobil bekas Toyota Kijang Super ditawarkan mulai dari harga Rp30 hingga Rp60 jutaan.

    Toyota Kijang Kapsul

    Toyota Kijang Kapsul
    Toyota Kijang Kapsul (wikipedia)

    Pada generasi ke-4, penampilan Toyota Kijang ini sudah memiliki banyak sekali perubahan. Dari sebelumnya yang masih mengkotak, pada generasi ini sudah membulat dan mendapat julukan Kijang Kapsul.

    Diluncurkan pada tahun 1977, Toyota Kijang Kapsul ini memiliki bentuk yang aerodinamis dengan lekukan halus. Untuk pertama kalinya, model ini hadir dalam varian diesel dan transmisi otomatis. 

    Selain itu pada generasi ini Toyota Kijang memiliki banyak sekali pilihan varian karena perbedaan pilihan mesin hingga 18 model. Sebelumnya ada mesin bensin 1.800 cc tipe 7K, di generasi ini lahir mesin diesel 2.400 cc tipe L. 

    Kemudian, pada tahun 2000, Toyota juga mulai memproduksi Kijang dengan sistem pengabutan bahan bakar menggunakan injeksi. 

    Ada dua tipe pilihan mesin bensin EFI (Electronic Fuel Injection), yakni 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc bertenaga 80 dk dan 1RZ-E berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 100 dk.

    Untuk harga mobil bekasnya sendiri, Toyota Kijang Kapsul ini ditawarkan mulai Rp60 hingga Rp80jutaan.

    Toyota Kijang Innova

    Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova (wikipedia)

    Masuk ke tahun 2000-an, kini sudah banyak sekali mobil yang desainnya tampil semakin moderen. Begitu pula dengan Toyota Kijang yang menghadirkan Toyota Kijang Innova yang menjadi MPV sesungguhnya.

    Selain itu segmen pasarnya pun sudah mulai berubah karena mobil ini menjadi salah satu mobil Toyota yang sudah dibanderol dengan harga cukup tinggi. Hadir dari tahun 2004 hingga 2015 mobil ini memiliki pangsa pasar besar di mobil bekas.

    Dibekali dengan teknologi yang semakin canggih yaitu VVT-i. Mobil ini dibekali dengan mesin 2000cc dengan jenis 1TR-FE berkatup 16 DOHC. Tenaga yang dihasilkan pun jauh lebih besar dibanding Kijang generasi sebelumnya, yaitu sebesar 136 hp.

    Untuk varian mesin diesel, Toyota Kijang Innova menggunakan mesin D4D atau disebut Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection. 

    Selam 10 tahun kehadiran Toyota Kijang Innova ini sudah dilakukan beberapa kali facelift yang banyak mengubah desain fascia dan dan beberapa fiturnya.

    Untuk harga mobil bekas Toyota Kijang Innova saat ini masih cukup stabil dan tinggi. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp120 hingga Rp200 jutaan.

    Toyota Kijang Innova Reborn

    Toyota Kijang Innova Reborn
    Toyota Kijang Innova Reborn (wikipedia)

    Pada generasi terakhir untuk saat ini adalah Toyota Kijang Innova Reborn. Hadir sejak tahun 2015, mobil ini menjadi mobil yang memiliki segmen konsumen menengah ke atas. 

    Pasalnya, harga yang dibanderol untuk unit barunya sendiri sudah hampir mencapai setengah miliar. Terdapat beberapa varian dari mobil ini mulai dari G, V hingga Q. Untuk varian sportnya, mobil ini memiliki varian yang diberi nama Venturer.

    Toyota Kijang Innova Reborn dibekali dua pilihan mesin yaitu mesin bensin 2.000cc berkode 1TR-FE dengan teknologi Dual VVT-i dan mesin diesel 2.400cc berkode 2GD-FTV dengan intercooler dan VNT.

    Tampil mewah dan keren, penampilan Toyota Innova Reborn ini memang sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

    Untuk harga mobil bekasnya, mobil Toyota Kijang Innova Reborn ini ditawarkan mulai dari harga Rp240 hingga Rp350 jutaan.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai 6 jenis Toyota Kijang di Indonesia tentu sedikit banyak sudah mengetahui sejarah dari mobil tersebut. Sebagai mobil yang sudah lama dirilis di Indonesia, peminat dari Toyota Kijang semakin hari kian meningkat.

    Berminat untuk memilikinya? Pastikan untuk memilih dealer dan showroom mobil bekas terpercaya untuk mendapatkan unit yang Anda inginkan. Pastikan untuk mendapatkan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti di OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait