Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori8 Jenis Mobil Offroad Terbaik, Ini Spesifikasi Singkat dan Harganya

    8 Jenis Mobil Offroad Terbaik, Ini Spesifikasi Singkat dan Harganya

    JAKARTA – Bagi pecinta petualangan, mobil offroad tentu menjadi salah satu pilihan terbaik dalam menemani setiap perjalanannya. Pasalnya, mobil offroad sendiri memang didesain untuk dapat melibas berbagai medan jalan selain jalan aspal mulus di perkotaan.

    Selain itu mobil offroad sendiri menjadi salah satu mobil yang kental dengan ketangguhan mesinnya yang bertenaga untuk dipakai dalam medan yang berat. Hingga saat ini sudah banyak sekali pilihan mobil offroad yang dihadirkan berbagai produsen mobil dunia.

    Jenis yang dihadirkan untuk mobil offroad ini pun ada dua macam. Yaitu mobil SUV, dan Crossover SUV. Pada mobil ini penggerak rodanya pun 4×4.

    Bahkan harga dari mobil offroad sendiri tersedia dalam berbagai harga. Mulai dari Rp100 jutaan untuk mobil bekasnya dan harga unit baru bagi mobil offroad keluaran terbaru bisa menjadi milyaran rupiah.

    Namun, perlu diperhatikan bahwa mobil offroad memang umumnya mahal. Untuk mobil offroad bekas yang saat ini harga jualnya murah dikarenakan tahun pembuatannya yang memang sudah lama dan fiturnya tentu sudah ketinggalan cukup jauh dengan mobil baru.

    Namun bagi Anda yang berminat untuk meminang mobil offroad bisa menyimak ulasan dibawah ini sebagai bahan pertimbangan dalam memilih rekomendasi mobil offroad.

    Rekomendasi mobil offroad terbaik

    1. Suzuki Jimny

    Suzuki Jimny mobil offroad
    Suzuki Jimny (olx.co.id)

    Suzuki Jimny merupakan mobil dari pabrikan asal Jepang yang sudah cukup populer di Indonesia. Mobil offroad mungil ini keluaran terbarunya sempat menarik banyak perhatian hingga harus indent cukup lama. 

    Memiliki dimensi yang mungil, Suzuki Jimny ini memiliki kemampuan untuk menyandang mobil offroad. 

    Suzuki Jimny sendiri dibekali dengan mesin K15B yang memiliki kapasitas  1.462 cc. Mesinnya ini pun mampu menghasilkan tenaga 102 PS dan torsi 130 Nm. 

    Sebagai mobil offroad, mobil ini dibekali dengan suspensi 3 Link Rigid Axle dan coil spring pada sisi depan dan belakang. Fitur ini mampu meredam guncangan saat melewati jalan yang tidak rata. 

    Jimny juga dilengkapi dengan mode berkendara All Grip Pro 4WD yang dapat menyesuaikan kebutuhan pengemudi. Untuk mobil ini di Indonesia dibanderol dengan harga Rp400 jutaan.

    2. Mitsubishi Pajero Sport

    Offroad Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport (olxautos.co.id)

    Mitsubishi Pajero Sport merupakan mobil SUV dari menjadi rival dari Toyota Fortuner. Mobil yang memiliki penampilan gagah dan stylish ini bisa menjadi salah satu pilihan mobil offroad untuk menemani petualangan Anda.

    Memiliki tampilan yang khas dari Mitsubishi berupa Dynamic Shield. Mobil ini pun memiliki performa yang tangguh. Dibekali dengan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.400 cc dengan VGT-Intercooler. Mobil ini pun cukup banyak ditemui di jalanan karena memang cukup populer.

    Mesin tersebut ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 PS atau setara 179 tk dan torsi 429 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini pun disalurkan oleh transmisi otomatis 8 percepatan dengan sport sequentia.

    Varian 4×4 Pajero Sport hanya tersedia dua tipe, yaitu GLX dan Dakar Ultimate. Varian GLX dibanderol dengan harga Rp500 juta. Sementara varian Dakar Ultimate dijual dengan harga Rp700 jutaan.

    3. Toyota Fortuner

    Offroad Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner (olxautos.co.id)

    Sebagai salah satu SUV andalan Toyota, mobil Toyota Fortuner memang sangat populer di masyarakat Indonesia. Mobil ini pun menjadi rival dari Mitsubishi Pajero.

    Sama-sama memiliki penampilan yang stylish dan gagah, kemampuan Toyota Fortuner pun patut diperhitungkan untuk urusan offroad. Dibekali dengan dua mesin pilihan yaitu 2.400 cc 2GD dan 2.800 cc 1GD. 

    Selain itu ada varian varian 4×4, Fortuner mengusung mesin 2.800 cc 1GD-FTV yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 201,1 tk dan torsi 499,2 Nm. Mesin 1GD-FTV ini dikombinasikan dengan transmisi 6 speed otomatis dengan Sport Sequential Switchmatic.

    Untuk varian 4×4, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp700 jutaan (varian 2.8 VRZ A/T DSL).

    4. Jeep Wrangler

    Offroad Jeep Wrangler
    Jeep Wrangler Rubicon (olx.co.id)

    Sebagai pilihan mobil offroad, Jeep Wrangler menjadi salah satu pilihan mobil yang sangat cocok untuk petualangan. Mobil dengan penampilan seperti mobil militer ini memang sangat menarik pecinta olahraga offroad.

    Pada Jeep Wrangler sendiri terdapat dua varian yaitu Jeep Wrangler Rubicon dan Jeep Wrangler Sahara. Pada mobil ini dibekali dengan mesin 2.0 liter 4 silinder, 16 Valve yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 270 hp dan torsi 400 Nm. 

    Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang multi-link, serta shockbreaker coil spring. Di Indonesia, Jeep Wrangler tersedia dalam dua tipe, yaitu Sahara dan Rubicon dengan harga jual berkisar di Rp1,6 miliar.

    5. Mercedes Benz G-Class

    Sebagai merek mobil Eropa yang mewah, Mercedes Benz juga memiliki pilihan mobil offroad mewah yang cukup banyak diminati oleh pecinta otomotif Indonesia. Memiliki kesan mewah sebagai mobil Eropa, tenaga yang dimiliki pun cukup mumpuni untuk melibas jalanan berat.

    Sudah hadir sejak tahun 1979, mobil Mercedes Benz G-Class ini menjadi salah satu mobil legendaris. Bahkan mobil ini pun cukup banyak digunakan oleh pejabat dan petinggi negara dunia.

    Model terbaru dari G-Class menggunakan mesin turbo V8 berkapasitas 4.000 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 450 tenaga kuda. Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan lewat sistem transmisi otomatis 7 percepatan.

    Di Indonesia, mobil ini dijual dengan kisaran harga Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

    6. Isuzu D-Max

    Offroad isuzu d max
    Isuzu D-Max (olx.co.id)

    Merek Isuzu memang cukup banyak ditemui produknya yang berupa truk besar untuk digunakan dalam kendaraan logistik. Namun Isuzu sendiri juga memiliki mobil tipe lain yang memang dipasarkan untuk segmen mobil pikap, seperti Isuzu D-Max.

    Isuzu D-Max sengaja dirancang agar mampu memenuhi kebutuhan bagi konsumen dalam berbagai bidang, khususnya tambang. Tidak jarang bahwa mobil ini menjadi salah satu pilihan para pecinta olahraga offroad untuk melibas jalanan terjal dan berat.

    Isuzu D-Max sendiri dibekali dengan mesin 1.898 cc yang mampu menyemburkan tenaga 150 PS pada 3.600 rpm dan torsi 35,7 kgm pada 2.600 rpm. Mesin ini juga sudah dilengkapi teknologi turbo desain baru yang diatur secara elektrik. 

    Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan lewat transmisi manual 6 percepatan. Untuk harganya sendiri Isuzu D-Max dijual dalam rentang harga Rp360 jutaan hingga Rp460 jutaan.

    7. Land Rover Range Rover

    Offroad land rover range over
    Land Rover Range Rover (olx.co.id)

    Sebuah mobil yang sudah hadir sejak tahun 1950, Range Rover dari pabrikan asal Inggris Land Rover merupakan SUV mewah yang cukup banyak menarik perhatian konsumen. Hadir menjadi salah satu mobil mewah yang banyak diminati para selebriti dunia, Range Rover sendiri mumpuni untuk menjadi mobil offroad.

    Land Rover Range Rover tersedia dalam dua pilihan varian, yaitu short wheel base (SWB) dan long wheel base (LWB). Kedua varian tersebut dilengkapi dengan mesin Ingenium 3.0 liter 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 350 PS. 

    Untuk meminang mobil ini masuk ke dalam garasi mobil Anda, harga yang harus dibayar untuk memboyong mobil ini berkisar Rp5,4 miliar.

    8. Ford Everest Titanium

    Offroad Ford Everest Titanium
    Ford Everest Titanium (olx.co.id)

    Ford Everest Titanium merupakan mobil yang berasal dari produsen otomotif Amerika Serikat. Mobil ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjadi mobil offroad untuk melibas berbagai medan terjal.

    Sebagai mobil offroad ia dibekali dengan mesin diesel 4-silinder EcoBlue biturbo yang berkapasitas 2.151 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 10-percepatan. Mesin ini pun mampu mengeluarkan tenaga maksimum 213 hp pada 3.750 rpm serta torsi puncak 500 Nm pada putaran mesin 1.750-2.000 rpm.

    Untuk meminang mobil asal Amerika Serikat ini, Anda harus merogoh kocek hingga Rp850 jutaan.

    Nah, setelah menyimak mobil offroad terbaik, sedikit banyak pasti Anda sudah memiliki gambaran. Untuk masalah mobil bekas, jangan sampai salah pilih, pastikan Anda memilih dealer terpercaya yang memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait