Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMana yang Lebih Terang, Lampu LED atau Halogen?

    Mana yang Lebih Terang, Lampu LED atau Halogen?

    LED vs Halogen mana yang lebih terang kalau diaplikasikan di headlamp kendaraan? Secara kedua lampu inilah yang paling banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru saat ini.

    News.OLX – Harus kita sadari, mobil-mobil modern umumnya sudah mengadopsi lampu LED pada penerangan utamanya. Jika masih menggunakan halogen maka bisa dipastikan mobil tersebut adalah varian terendah dan secara penampilan berkesan lebih murah.

    Menurut laman resmi Suzuki Indonesia, dikatakan lampu LED dan halogen merupakan dua jenis lampu yang memiliki banyak perbedaan. Baik dalam proses cara kerjanya, efisiensi energi, usia pakai, dan karakteristik cahaya yang dihasilkan.

    Baca juga: Lampu Kabin Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari, Ini Alasannya

    Lampu halogen cara kerjanya menggunakan filamen tungsten yang dipanaskan hingga suhu tinggi dengan arus listrik, lalu menghasilkan cahaya.

    Sedangkan lampu LED adalah rangkaian semikonduktor yang langsung mengkonversi energi menjadi cahaya. 

    Dengan cara kerja ini, maka lampu LED dapat langsung memancarkan cahaya secara maksimal, tidak memerlukan waktu pemanasan dan juga tidak menimbulkan panas seperti pada bohlam lampu halogen.

    Baca juga: Lampu Bi-LED Projector BEEBOT Lebih Terang Ratusan Kali, Tapi Tetap Nyaman Untuk Pengendara Lain

    Hal ini juga yang membuat lampu LED sifatnya akan lebih terang dibanding lampu halogen meski dengan dengan daya energi yang lebih rendah atau bahkan sama.

    Halogen 2

    Perbedaan lampu LED dan halogen

    Terkait perbedaannya, lampu halogen cenderung kurang efisien dalam penggunaan energi. karena sebagian besar energi yang digunakan diubah menjadi panas baru ke cahaya.

    Baca juga: Mengenal 15 Lampu Indikator Mobil yang Wajib Diketahui agar Aman Beraendara

    Sedangkan LED jauh lebih efisien, karena sebagian besar energi yang digunakan langsung diubah menjadi cahaya dengan sedikit atau tanpa panas yang dihasilkan.

    Selain itu dalam laman Suzuki juga didiungkap, jika usia pakai  lampu halogen cenderung lebih pendek dibandingkan lampu LED. 

    Jika lampu halogen umumnya dapat bertahan antara 2.000 hingga 5.000 jam, maka lampu LED dapat bertahan hingga 25.000 hingga 50.000 jam atau bahkan lebih, tergantung pada kualitas dan penggunaan.

    Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu Halogen, HID dan LED

    Selanjutnya untuk ketahanan, lampu halogen kurang tahan terhadap getaran dan guncangan karena filamen yang digunakan dalam lampu halogen sangat sensitif terhadap goncangan.

    Sedangkan LED lebih tahan terhadap getaran dan guncangan karena tidak menggunakan filamen. Jadi resiko lampu putus pada LED tidak ada jadi mengurangi biaya pemeliharaan dan penggantian.

    Lalu untuk harga, lampu halogen lebih murah dibandingkan dengan LED, tetapi biaya operasionalnya lebih tinggi karena usia pakai yang relatif pendek dibandingkan dengan LED.

    Lampu halogen cenderung lebih sering perlu diganti, yang dapat menjadi kerugian dalam hal biaya dan kenyamanan.

    Baca juga: Jangan Pakai Lampu Hazard Saat Hujan, Ini Alasannya

    Sedangkan LED lebih mahal, tetapi biaya operasionalnya lebih rendah dalam jangka panjang karena konsumsi energinya yang juga rendah.

    Demikian terkit perbedaan terang antara lampu LED dan halogen. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait