Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    ReviewMana yang Lebih Awet, iPhone atau Android?

    Mana yang Lebih Awet, iPhone atau Android?

    Android dan iphone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika kamu ingin handphone yang tahan lama, berikut komparasinya.

    News.OLX – Android atau iPhone, mana yang lebih baik? Perdebatan tentang keduanya memang tidak pernah usai.

    Lantas, awet Android atau iPhone? Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa perangkat buatan Apple berumur lebih pendek. Tapi, apakah ini benar? atau justru sebaliknya apakah bertahan lebih lama ketimbang smartphone Android? Berikut ulasannya.

    Desain

    Android sejak 2018 mulai menampilkan kaca di bagian depan dan belakang. Namun demikian, ini adalah fitur pada ponsel premium saja.

    Sementara, perangkat iOS telah mengalami beberapa perombakan desain yang signifikan selama bertahun-tahun. Semuanya mulai berubah dengan iPhone 6S, yang menampilkan casing aluminium kelas luar angkasa di bagian belakang. Fitur ini telah berkembang menjadi kaca belakang mulai dari iPhone 8 dan seterusnya. 

    Selain itu, iPhone 12 dan versi lebih baru kini memiliki tepi datar dengan kaca sejajar dengan bingkai logam, bukan melengkung seperti pada versi iPhone sebelumnya. 

    Menurut Apple, tepian yang rata membuat bagian depan dan belakang dua kali lebih tahan lama ketimbang model lama. Maka, awet Android atau iPhone? Pada poin ini, iOS unggul.

    Android (3)

    Baterai

    Baterai di setiap ponsel cerdas akan menurun seiring berjalannya waktu. Kamu mungkin perlu menggantinya suatu saat nanti. Apple tidak pernah membuat klaim besar mengenai masa pakai baterai perangkatnya. Sementara, model Android misal seperti Samsung memiliki baterai yang sangat besar.

    Namun, dalam hal siklus pengisian daya, semua perangkat yang menjalankan iOS 13 dan lebih tinggi memiliki fungsi pengisian baterai yang dioptimalkan untuk mencegah baterai cepat rusak. 

    Dikarenakan Android tidak memiliki fitur tersebut, maka kemampuan pengisian daya akan menurun saat mencapai antara 300 dan 500 siklus pengisian daya atau 16 bulan, bergantung pada penggunaan. 

    Perangkat Keras dan Kinerja

    Dalam hal perangkat keras dan kinerja, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apple terkenal dengan kualitas build premium, desain ramping dan integrasi perangkat lunak dan keras yang optimal. 

    Di sisi lain, smartphone Android hadir dalam berbagai desain dan gaya, dan banyak di antaranya yang menawarkan opsi penyimpanan luas. 

    Keamanan dan Privasi

    Saat memilih antara dua jenis smartphone ini, banyak faktor yang berperan. Salah satu faktor terpenting bagi banyak pengguna adalah keamanan dan privasi. Hal ini terutama berlaku mengingat meningkatnya kekhawatiran atas pelanggaran data dan serangan siber.

    Keduanya, memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dalam hal keamanan dan privasi. Misalnya, sistem iPhone yang tertutup membuatnya aman terhadap malware dan virus. Kemudian, proses persetujuan aplikasinya yang ketat, yang memastikan bahwa hanya aplikasi sah yang tersedia di App Store.

    Di sisi lain, Android membuatnya lebih rentan terhadap malware dan virus. Maka, awet Android atau iPhone? Pada poin ini, iOS kembali unggul.

    Kesimpulannya, iPhone bertahan lebih lama ketimbang Android. Alasannya adalah fakta bahwa Apple memiliki kontrol yang sangat ketat terhadap perangkat keras dan lunak serta mempertahankan standar yang sangat tinggi.

    Namun demikian, sebagian besar smartphone Android premium memiliki performa yang juga tak kalah dan dapat bertahan lama. Maka, semua itu kembali ke individu sebagai pengguna dalam menentukan mana yang paling berdampak pada umur panjang.

    Setelah kamu mengetahui perbandingan keduanya, mana yang akan kamu pilih? Semua bergantung pada kebutuhan dan kesesuaian anggaran kamu. 

    Jika sudah yakin dengan pilihanmu, saatnya mencari produk terbaik secara online lewat situs OLX. Kamu bisa download aplikasi OLX lewat Play Store dan App Store agar transaksi jauh lebih mudah.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait