Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWeekend Kreatif Bikin Interior Mobil Kesayangan Nyaman, Begini Caranya!

    Weekend Kreatif Bikin Interior Mobil Kesayangan Nyaman, Begini Caranya!

    Lakukan ini biar interior mobil tetap nyaman dan sehat!

    News.OLX – Interior mobil yang bersih, tentunya akan memberikan rasa nyaman baik bagi pengemudi mobil maupun penumpang mobil. Interior mobil yang nyaman dan bersih membuat berkendara lebih menyenangkan.

    Dalam artikel ini kami akan membahas tips untuk membersihkan interior mobil agar kamu tetap nyaman saat berkendara. Namun sebelum kita membahas tips membersihkan interior mobil, kami akan membahas apa saja manfaat dari membersihkan interior mobil.

    Manfaat membersihkan interior mobil

    Berikut ini beberapa manfaat membersihkan interior mobil:

    1. Memberikan rasa nyaman

    Dengan bersihnya interior dan tidak ada bau pada interior maka akan menambah rasa nyaman baik bagi pengemudi mobil maupun penumpang.

    Permukaan interior mobil yang kotor dapat berdampak pada saluran pernapasan dan kulit kamu sehingga membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

    2. Mencegah penyebaran virus dan bakteri serta menjadi sarang binatang

    Bila kamu menghabiskan banyak waktu didalam mobil selama perjalanan atau sering melakukan perjalanan jarak jauh, maka penting bagi kamu untuk membersihkan mobil karena interior mobil sangat rentan menjadi media penyebaran virus dan bakteri.

    Baca juga: Mudah Ditemukan di Rumah, Bahan-Bahan Ini Bisa Menghilangkan Jamur Pada Bodi Mobil

    Selain itu bila kamu memiliki kebiasaan makan di dalam mobil, pastikan kamu makan dengan bersih dan membersihkan sampah serta sisa makanan kamu agar tidak mengundang binatang seperti semut dan serangga, bahkan tikus.

    Dengan memiliki interior mobil yang bersih, kamu bisa memulai gaya hidup yang lebih sehat.

    3. Menjaga nilai mobil

    Interior mobil yang bersih akan menjaga kamu dari pengeluaran anggaran mendadak yang besar akibat tidak terawatnya interior mobil. Mobil kamu juga akan menjadi lebih awet bila interior nya senantiasa dibersihkan.

    Selain itu, bila suatu hari kamu berpikir untuk menjual mobil kamu, dengan menjaga kebersihan interior mobil dapat mencegah harga jual mobil kamu terperosok jauh karena interiornya terlihat tetap bersih dan tidak kusam.

    Baca juga: Tol Getaci Jadi Jalan Bebas Hambatan Terpanjang di Indonesia, Segini Perkiraan Tarifnya

    Hal ini menandakan bahwa pemilik mobil sangat merawat mobil sehingga dapat menarik perhatian calon pembeli.

    mobil listrik (9)

    Tips membersihkan interior mobil

    Berikut ini akan kami bagikan tips untuk membersihkan interior mobil.

    1. Siapkan peralatan untuk membersihkan interior mobil

    Peralatan yang paling esensial untuk kamu miliki adalah vacuum cleaner, sikat gigi atau sikat kecil khusus untuk membersihkan interior mobil, kain microfiber, serta cairan pembersih khusus interior mobil.

    2. Bersihkan seluruh sampah pada interior mobil

    Sebelum memulai membersihkan mobil, bersihkan terlebih dahulu sampah-sampah yang terlihat dan tidak bisa tersedot oleh vacuum.

    Jangan lupa siapkan tempat sampah di kabin mobil kamu mulai dari bagian depan hingga bagian belakang agar sampah tidak tercecer di dalam mobil kamu.

    3. Bersihkan keset atau karpet lantai

    Keset atau karpet lantai mobil adalah bagian yang paling sering terkena kotor dan noda. Bila kamu memiliki karpet berbahan kain, kamu dapat menyedot terlebih dahulu debu-debunya dengan vacuum.

    Baca juga: Keren, Karya Anak Bangsa Bisa Bikin Interior Mobil dari Bahan Kelapa

    Kemudian, angkat dan keluarkan keset mobil kamu lalu gunakan cairan pembersih stain remover lalu gosok dengan sikat yang halus hingga bersih. Jemur karpet hingga kering lalu masukkan kembali ke dalam mobil bila sudah kering sempurna.

    Bila kamu menggunakan keset berbahan dasar karet, maka pembersihannya akan lebih mudah. Kamu hanya perlu menggosoknya dengan cairan pembersih mobil dan dibilas dengan air lalu dijemur hingga kering dan dipasang lagi ketika sudah kering.

    4. Kenali tipe jok mobil kamu sebelum mulai dibersihkan

    Bila kamu memiliki jok berbahan dasar kulit, gunakan kain lap berbahan dasar halus. Basahi kain lap tersebut dan mulailah membersihkan jok secara perlahan. Lalu semprotkan cairan pembersih jok ke seluruh permukaan jok mobil kamu.

    Baca juga: Interior Warna Cerah Bikin Kabin Terkesan Lapang, Tapi Bagaimana Perawatannya?

    Usahakan agar cairan pembersih maupun sabun yang digunakan tidak mengering sebelum kamu selesai mengelap seluruh permukaan jok mobil. Bila jok mobil kamu berbahan dasar beludru, kamu harus menyiapkan lap yang berbahan dasar halus.

    Selain itu, siapkan juga sikat kecil khusus membersihkan interior mobil serta cairan khusus pembersih jok dengan bahan beludru. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah melakukan vacuum pada jok mobil.

    Kemudian semprotkan cairan khusus pembersih jok dengan bahan beludru dan sikat permukaan jok hingga kotoran yang ada atau menempel hilang. Bila sudah dipastikan bersih semua maka kamu dapat mengelap jok mobil dengan kain lap bersih yang kering.

    5. Bersihkan dashboard mobil

    Untuk bagian dashboard mobil kamu memerlukan kain lap, cairan pembersih, cairan pelindung, serta kemoceng. Membersihkan dashboard tidak terlalu sulit.

    Baca juga: Cegah Goresan di Interior Mobil, Lindungi Pakai V-KOOL PPF Interior Protection

    Kamu hanya perlu membersihkan bagian yang berdebu dengan kemoceng, lalu menyemprotkan cairan pembersih pada dashboard kemudian dilap hingga seluruh permukaan dashboard bersih.

    Sebagai sentuhan terakhir, gunakan cairan pelindung agar dashboard kamu tetap terlihat mengkilap dan tidak kusam.

    6. Bersihkan compartment mobil

    Bersihkan bagian compartment mobil dengan cairan pembersih. Terutama bagian cup holder karena sering kali terdapat debu-debu yang menempel maupun tetesan atau tumpahan dari sisa air minum yang dapat menimbulkan lengket.

    Kamu dapat membersihkannya dengan menyemprotkan cairan pembersih lalu di lap dengan kain microfiber.

    Bersihkan Bagian Jendela dan Celah-Celah Mobil

    Lakukan pembersihan dengan rutin pada bagian jendela mobil dengan menggunakan kain microfiber dan cairan pembersih kaca jendela. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah jamur dan membuat pemandangan kamu dari dalam mobil lebih jernih.

    Baca juga: Keren, Karya Anak Bangsa Bisa Bikin Interior Mobil dari Bahan Kelapa

    Kamu juga dapat menggunakan tongkat yang dilapisi kain microfiber untuk menjangkau celah-celah mobil yang sulit dibersihkan.

    Dengan membaca manfaat dari menjaga kebersihan interior mobil seperti yang kami jelaskan diatas maka lebih penting pula pentingnya menjaga interior mobil kita. Inilah manfaat serta tips dan cara membersihkan interior mobil kamu.

    Kamu tidak perlu mengeluarkan anggaran yang banyak untuk membersihkan interior mobil kamu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi dan  tips-tips bermanfaat lainnya seputar otomotif di OLX.

    Kamu juga dapat membeli mobil atau motor impian kamu di OLX Member of Astra sekarang juga. Yuk kunjungi website OLX atau kamu dapat mengunduh aplikasi OLX di Play Store atau di App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait