Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Kerja dan Keunggulan Mesin Turbocharged pada Mobil

    Cara Kerja dan Keunggulan Mesin Turbocharged pada Mobil

    Ini yang bikin mobil turbocharged semakin diminati.

    News.OLX – Mesin turbocharged, sering disebut hanya “mesin turbo,” adalah teknologi yang semakin umum digunakan dalam industri otomotif. Mesin ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya dan efisiensi mesin.

    Tidak hanya untuk mobil balap, mesin turbo kini juga menjadi pilihan populer di berbagai kendaraan pribadi. Lantas, mengapa mesin turbo kian populer untuk mobil yang biasa dipakai sehari-hari? Yuk ketahui cara kerja dan keunggulannya!

    Cara kerja mesin turbo 

    Perlu kamu ketahui bahwa mesin turbocharged ini memanfaatkan aliran udara panas dari gas buang mesin untuk meningkatkan kinerja.

    Ini melibatkan beberapa komponen utama, seperti turbin, kompresor, dan intercooler. Adapun gas buang yang dihasilkan oleh mesin tidak langsung dikirimkan ke knalpot. Gas buang pertama kali dialirkan ke turbocharged, yang terdiri dari turbin.

    Turbin pada turbocharged kemudian diputar oleh aliran gas buang. Seiring dengan putaran turbin, kompresor yang terhubung dengan turbin juga berputar.

    Adapun kompresor memiliki tugas penting, yaitu memampatkan dan menghisap udara dari luar kendaraan ke dalam ruang bakar mesin. Dengan proses ini, tekanan dan kepadatan udara meningkat, yang membantu menciptakan pembakaran yang lebih efisien.

    Sermentara itu, udara yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih kaya oksigen, padat, dan bertekanan tinggi. Ini berarti bahwa campuran bahan bakar dan udara memiliki potensi daya ledak yang tinggi saat busi memicu pembakaran.

    Alhasil, dengan peningkatan tekanan udara di ruang bakar, tenaga dan torsi mesin dapat meningkat secara signifikan dalam satu siklus mesin pembakaran. Hasilnya adalah kendaraan yang lebih bertenaga.

    turbo (1)

    Keunggulan mesin turbo pada mobil

    Sekarang, mari kita bahas beberapa keunggulan dari mesin turbocharged pada mobil. Mesin turbo berfungsi untuk memberikan peningkatan performa yang signifikan.

    Mesin ini menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi, yang mengarah pada akselerasi yang lebih baik dan kemampuan untuk melewati kendaraan lain dengan mudah.

    Selain itu, mesin turbocharged dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Turbo memaksimalkan penggunaan bahan bakar dengan menghasilkan lebih banyak tenaga dari setiap tetes bahan bakar yang digunakan.

    Dengan membantu pembakaran yang lebih efisien, mesin turbocharged membantu mengurangi emisi gas buang yang merugikan lingkungan, seperti karbon monoksida dan hidrokarbon. Alhasil, mesin turbocharged membantu mengurangi emisi karbon dioksida (CO2), yang merupakan kontributor utama perubahan iklim global. Ini membuatnya lebih ramah lingkungan.

    Mesin turbocharged juga memungkinkan penggunaan mesin yang lebih kecil dengan hasil tenaga yang setara. Ini mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.

    Mesin turbocharged juga berfungsi untuk mempertahankan performa mesin pada ketinggian, di mana tekanan atmosfer lebih rendah. Turbo juga siap untuk memberikan tenaga ekstra saat diperlukan, misalnya, seperti mobil menyalip atau menghadapi tanjakan curam.

    Jadi, demikianlah cara kerja dan keunggulan mesin turbocharged pada mobil. Mesin ini telah menjadi bagian integral dari industri otomotif modern.

    Turbo menawarkan peningkatan performa, efisiensi bahan bakar, dan mengurangi emisi, menjadikannya pilihan yang menguntungkan bagi pemilik mobil. 

    Kunjungi  OLX Member of ASTRA untuk mendapatkan informasi seputar otomotif lainnya! Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait