Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriTidak Bikin Kantong Bolong, Ini 7 Mobil Bekas Irit Bahan Bakar dan...

    Tidak Bikin Kantong Bolong, Ini 7 Mobil Bekas Irit Bahan Bakar dan Harga Terjangkau

    Membeli mobil bekas memang menjadi alternatif terbaik jika Anda memiliki budget minim untuk kendaraan. Dengan banyaknya mobil baru yang keluar, beberapa mobil bekas harganya bisa terjun bebas. Hingga kini, di pasaran sudah banyak mobil bekas di bawah 80 juta yang ditawarkan.

    Selain harganya tergolong lebih murah, pajak mobil bekas lebih murah pada tahun rendah, premi asuransi lebih rendah, dan terdapat garansi dari pemilik sebelumnya. Sehingga, cukup aman bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, tapi terhalang budget terbatas.

    Bagi Anda yang berencana untuk membeli mobil bekas dengan harga di bawah 80 juta dan irit bahan bakar, kami memiliki beberapa rekomendasinya. Ada beberapa tipe mobil yang bisa dipilih untuk dijadikan pertimbangan, mulai dari MPV, SUV, city car, hingga sedan. Berikut beberapa rekomendasinya.

    1. Toyota Avanza (2004)

    Toyota Avanza Generasi Pertama
    Toyota Avanza Generasi Pertama (olxautos.co.id)

    Toyota Avanza sudah pasti perlu dipertimbangkan untuk dijadikan pilihan saat Anda mencari mobil bekas di bawah 80 juta. Meski sudah cukup lawas, mobil ini masih diburu banyak orang untuk dijadikan mobil keluarga. Selain karena bisa memenuhi berbagai kebutuhan harian dengan kubikasi 1.300 cc, mobil ini sangat irit bahan bakar.

    Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.630 mm, dan tinggi 1.695 mm dengan wheelbase 2.655 mm. Toyota Avanza keluaran 2004, sudah dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Timing (VVT-i) dan koil pengapian langsung individual dengan kode mesin K3-DE. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

    Baca juga: 9 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit BBM, Mana Pilihanmu?

    Dalam kondisi bekas, Toyota Avanza tahun 2004 tipe G dibanderol mulai Rp 75 jutaan saja. Sedangkan, untuk tipe E dan S yang diproduksi pada tahun 2005, dibanderol antara Rp 80 jutaan hingga Rp 100 jutaan, tergantung dari kondisi kendaraan.

    2. Nissan March (2014)

    Nissan March
    Nissan March (olxautos.co.id)

    Cari mobil irit BBM tipe city car di bawah Rp 80 jutaan? Nissan March lansiran 2014 pilihan yang cocok! Mobil yang didukung dengan kapasitas mesin 1.2 liter ini mampu menghasilkan tenaga hingga 75 Hp dengan torsi 104 Nm. Mesin ini dikombinasi dengan transmisi manual 5-percepatan dan automatic 4-percepatan.

    Bicara soal irit bahan bakar, mobil ini jagonya. Rata-rata konsumsi bahan bakar city car ini menembus 18,5 Kpl. Cocok untuk Anda yang berkendara harian di padatnya kota untuk berbagai kebutuhan. Bukan hanya itu, desain Nissan March juga tak lekang oleh waktu. Karenanya, masih banyak yang mencari mobil ini dalam kondisi bekas yang rerata dibanderol mulai Rp 70 jutaan.

    3. Honda Jazz (2004)

    Honda Jazz
    Honda Jazz (olxautos.co.id)

    Mobil produksi Honda ini menjadi salah satu mobil yang cukup populer di Indonesia pada masanya. Kini, Honda Jazz masih sangat diminati oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Selain desainnya yang stylish dan sporty, mobil ini cukup irit bahan bakar.

    Mengusung mesin berkode L15A 4 silinder 1.500 cc, mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi I-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition). Mesin ini memiliki output tenaga 88 PS atau 86,5 hp pada putaran 5.500 rpm dan torsi sebesar 128 Nm mulai putaran 2.700 rpm. Terdapat dua pilihan transmisi yang dipilih, yaitu otomatis CVT dengan simulasi 7-percepatan Steermatic dan manual 5-percepatan.

    Meski usianya sudah belasan tahun, Honda Jazz 2004 ini masih banyak dicari. Di pasaran, mobil bekas Jazz dibanderol mulai harga Rp 65 jutaan. Variasi harga tergantung dari kondisi aktual kendaraan, kelengkapan surat, catatan servis mobil, dan modifikasinya.

    Baca juga: Mau Bikin BBM Mobil Manual Irit? Ikuti Langkah Berikut!

    4. Mitsubishi Mirage (2012)

    Mitsubishi Mirage
    Mitsubishi Mirage (olxautos.co.id)

    Sempat berjaya setelah diperkenalkan pada tahun 2012, Mitsubishi Mirage kini sudah berhenti diproduksi sejak 2019 lalu. Mobil dengan dimensi panjang 3.795 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.510 mm ini, dipasangkan mesin dengan kode 3A92 MIVEC, DOHC, dengan kapasitas 1.2 L. Mobil ini memiliki konfigurasi 3 silinder segaris dan 12 valve. Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan maksimal 77 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 100 Nm pada 4.000 rpm.

    Mobil ini memiliki sejumlah keunggulan, seperti putaran setir yang ringan, AC dengan climate control, suspensi empuk, dan desain interior yang kekinian. Ditambah lagi, mesinnya irit bahan bakar. Dengan segala kelebihan yang bisa dinikmati, mobil bekas Mitsubishi Mirage dibanderol mulai Rp 70 jutaan.

    5. Chevrolet Spin (2013)

    Chevrolet Spin
    Chevrolet Spin (olxautos.co.id)

    Pertama kali diperkenalkan di tanah air pada tahun 2013, mobil ini sempat membawa nama Chevrolet melambung dan bersaing dengan mobil-mobil pabrikan Jepang. Sayangnya, perusahaan yang menaungi keberadaan Chevrolet Spin berhenti beroperasi pada 2016 yang menyebabkan penjualannya otomatis terhenti. Padahal, mobil ini cukup dicari dan diidamkan karena terkenal irit bahan bakar.

    Chevrolet Spin memiliki dimensi panjang 4.360 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.664 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Mobil ini terdiri dari beberapa tipe. Tipe mesin yang pertama 1.2 L dengan 4 silinder DOHC 16 valve Dual VVT-i. Kemudian, ada juga kapasitas 1.3 L dengan 4 silinder Common Rail Direct Injection Turbocharger dan kapasitas mesin 1.5 L dengan 4 silinder DOHC 16 valve Dual VVT-i.

    Baca juga: Modal Desain dan Diklaim Irit BBM, Ini Spesifikasi Lengkap Honda Mobilio

    Meski sudah tidak lagi diproduksi, Anda masih bisa membeli mobil Chevrolet Spin bekas. Rerata harga yang ditawarkan di pasaran mulai dari Rp 70 jutaan. Perlu diperhatikan, saat membeli mobil ini, Anda harus pintar-pintar mencari suku cadang.

    6. Isuzu Panther (2004)

    Isuzu Panther
    Isuzu Panther (olxautos.co.id)

    Jika Anda mencari mobil bermesin Diesel di bawah yang “bandel” dan irit bahan bakar, menjatuhkan pilihan pada Isuzu Panther adalah pilihan tepat. Serupa Avanza pada masa kini, Isuzu Panther menjadi mobil yang begitu populer pada masanya. Isuzu Panther produksi 2002 – 2004 pre-facelift kini ada yang di jual di bawah Rp 80 jutaan.

    Mobil yang sering disebut dengan Panther Kapsul ini memiliki kapasitas mesin 2.500 cc dengan jenis mesin 4 silinder Turbo Diesel OHV Direct Injection dan 4 silinder OHV Direct Injection. Output tenaganya cukup besar, yaitu 74 PS pada 3.900 rpm dan torsi maksimum 160 Nm pada 2.000 rpm. Sedangkan, pada mesin turbonya memiliki tenaga maksimum 78 PS pada 3.900 rpm dan torsi sebesar 182 Nm pada 1.800 rpm.

    Bagi Anda yang memiliki budget antar Rp 75 jutaan sampai Rp 100 jutaan, bisa membeli Isuzu Panther bekas produksi 2002 – 2004. Namun, apabila budget Anda di bawah Rp 70 juta, tidak perlu khawatir karena bisa memilih Panther generasi kedua yang harga bekasnya mulai Rp 50 jutaan. 

    7. Toyota Soluna

    Toyota Soluna
    Toyota Soluna (olxautos.co.id)

    Rekomendasi selanjutnya jatuh kepada Soluna dari pabrikan Toyota. Mobil ini sangat tepat untuk dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin memiliki mobil sedan berbentuk compact yang sangat irit bahan bakar. Untuk estimasinya menghabiskan sekitar 13 – 18 km per liter tergantung dari kondisi jalan.

    Soluna menggunakan mesin 1.5L 5A-FE 4 silinder segaris dengan 16 valve DOHC. Mobil ini tersedia dua transmisi, yaitu manual dan otomatis. Kini Toyota Soluna bekas dibanderol mulai dari Rp 40 jutaan. 

    Itulah beberapa rekomendasi mobil bekas di bawah 80 juta yang irit bahan bakar. Apapun pilihannya, sesuaikan budget dan kebutuhan Anda. Ingat, selalu periksa secara detail saat hendak membeli mobil bekas. Pastikan juga memilih mobil bekas di tempat yang terpercaya.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Di sini kami jamin semua mobil yang bisa dipilih berkondisi prima dan bergaransi. Mobil yang tersedia telah melalui inspeksi detail dari tim ahli kami. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian Anda hanya di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait