Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    BeritaMobil Hybrid di Indonesia Semakin Banyak, Apa Saja Keunggulannya?

    Mobil Hybrid di Indonesia Semakin Banyak, Apa Saja Keunggulannya?

     Tren mobil hybrid di Indonesia terus mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini terlihat dari sudah mulai banyak pabrikan-pabrikan otomotif di Indonesia yang menelurkan produk-produk mobil hybrid terbaru.

    News.OLX – Tidak hanya itu saja, teknologi yang ada pada mobil hybrid juga terus mengalami pengembangan. Itu artinya mobil hybrid di Indonesia sudah mulai disambut baik di masyarakat.

    Apa lagi kehadiran mobil hybrid di Indonesia juga disambut baik pemerintah Indonesia yang memberikan insentif bagi kendaraan ramah lingkungan, termasuk mobil hybrid

    Insentif ini meliputi potongan pajak, bea masuk yang lebih rendah, dan insentif lainnya yang membuat mobil hybrid lebih terjangkau.

    Baca juga: Mobil Hybrid vs Turbo, Mana yang Lebih Irit BBM?

    Mobil hybrid sendiri merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis sumber tenaga, yaitu mesin pembakaran dalam (berbahan bakar minyak) dan motor listrik. 

    Kedua jenis tenaga ini bekerja secara bergantian untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi daripada mobil konvensional yang hanya mengandalkan mesin pembakaran dalam.

    Keunggulan Mobil Hybrid

    Cara kerja mobil hybrid adalah menggunakan motor listrik saat bergerak dengan kecepatan rendah dan memanfaatkan energi dari baterai. Apabila baterai habis, sistem akan secara otomatis beralih ke mesin bensin atau diesel untuk menggerakkan kendaraan. 

    Hal ini menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan mengurangi emisi gas buang.

    Baca juga: Kenali Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid, Tipe Kendaraan yang Saat Ini Makin Populer

    Beberapa keunggulan mobil hybrid antara lain:

    Lebih hemat BBM dan performa meningkat

    Pada mobil hybrid mesin akan bekerja lebih ringan karena terbantu motor listrik. Sumber penggeraknya pun menyesuaikan dalam kondisi tertentu.

    Misal dalam kemacetan kondisi stop and go, mobil akan lebih mengandalkan motor listrik dari pada mesin yang memerlukan bensin sebagai penggerak. Jadi penggunaan bensin akan bisa terasa jauh lebih irit karena hanya digunakan dalam kondisi tertentu.

    Baca juga:7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia Tahun 2023, Tentukan Pilihan Anda

    Mobil hybrid memiliki performa mesin yang lebih baik dibandingkan dengan konvensional. Karena pada mobil hybrid murni, motor listrik juga akan membantu memberikan torsi yang sifatnya seketika. Jadi antara motor listrik dan mesin akan sama-sama memberikan daya yang menghasilkan akselerasi dan torsi.

    Mobil hybrid 2 (1)

    Beberapa contoh mobil hybrid yang dipasarkan di Indonesia 

    Di Indonesia sudah banyak tersedia pilihan mobil hybrid dari berbagai merek dan model. Pilihan harganya pun juga bervariasi, mulai Rp 200 jutaan seperti Suzuki Ertiga, dan yang tertinggi menyentuh Rp 1,3 miliar seperti Mitsubishi Outlander PHEV.

    Berikut beragam merek mobil hybrid di Indonesia: 

    • Toyota Corolla Cross Hybrid 
    • Toyota Corolla Altis Hybrid 
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid
    • Toyota Camry Hybrid
    • Nissan Kicks
    • Wuling Almaz Hybrid
    • Suzuki Ertiga Hybrid
    • Suzuki XL7 Hybrid
    • Suzuki Grand Vitara Hybrid
    • Toyota Yaris Cross Hybrid
    • Mitsubishi Outlander PHEV
    • Toyota All New Alphard HEV

    Baca juga: Review Toyota Innova Zenix Hybrid EV, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

    Demikian ulasan terkait keunggulan mobil hybrid. Cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait