Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Dorong Mobil Manual yang Tidak Bisa Distarter

    Cara Dorong Mobil Manual yang Tidak Bisa Distarter

    Mobil manual mogok adalah situasi yang tidak diinginkan dan dapat terjadi secara mendadak. Salah satu penyebabnya adalah karena aki lemah lantaran sistem pengisian yang tidak berfungsi dengan baik. 

    News.OLX – Tidak hanya itu, mobil mogok juga bisa terjadi karena beberapa hal lainnya seperti kehabisan bahan bakar, aki sudah mati karena usia pakai, atau bahkan karena dinamo starter dan system pengapian bermasalah.

    Meski begitu, mobil mogok bukan berarti tidak bisa starter kembali. Adapun tindakan yang kerap dilakukan dalam keadaan darurat adalah dengan cara mendorongnya.

    Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

    Karena mendorong mobil adalah seni dari sebuah solusi sementara, dalam mengatasi mati mesin kendaraan. Dengan mengandalkan daya dorong ini memungkinkan kamu bisa kembali membawa mobil ke tempat yang lebih aman atau bengkel terdekat untuk perbaikan lebih lanjut.

    Menurut Adnan, dari bengkel Sumber Jaya di bilangan Asem Baris, Kebon Baru Jakarta Selatan, tujuan utama mendorong mobil adalah untuk memutar kruk ass dan menghidupkan mesin, dimana tugas ini sebelumnya dilakukan oleh dinamo starter.

    “Setelah mesin menyala waktu setelah mesin menyala memungkinkan alternator untuk mengisi daya aki. Proses mendorong juga membantu dalam mengaktifkan sistem pengapian mobil, yang bisa dicapai dari  putaran mesin,” kata Adnan.

    Pada mobil transmisi manual, salah satu teknik untuk mengatasi mobil mogok adalah dengan cara didorong. Tapi proses dorong mobil ini tidak bisa dilakukan sembarang, karena jika salah teknik mobil tetap akan sulit menyala.

    Baca juga: Mau Bikin BBM Mobil Manual Irit? Ikuti Langkah Berikut!

    Setidaknya kamu, saat mendorong mobil kamu perlu bantuan dua orang dewasa untuk melakukan dorongan. 

    Mobil manual 2

    Berikut teknik mendorong mobil manual yang mogok:

    1. Pastikan terdapat jalan lurus yang cukup panjang agar mobil dapat didorong dengan baik.
    2. Masukkan transmisi ke gigi dua dan injak pedal kopling. Alternatifnya, gigi satu juga dapat digunakan, namun, ini akan membuat mobil lebih sulit didorong.
    3. Biarkan mobil didorong hingga mencapai kecepatan yang cukup, kemudian lepaskan pedal kopling hingga mesin mobil hidup kembali.
    4. Jika mesin belum menyala, terus dorong mobil dengan lebih cepat hingga mencapai kecepatan yang cukup untuk menghidupkan mesin. Ulangi langkah di atas hingga berhasil.
    5. Setelah mesin hidup, biarkan mobil menyala selama sekitar 20 menit agar alternator dapat mengisi ulang daya aki.

    Metode mendorong mobil manual mogok ini relatif mudah, baik untuk maju maupun mundur. Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak dapat melakukannya sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. 

    Baca juga: Tiap Berapa Kilometer Harus Ganti Oli Mobil? Ini Idealnya untuk Mobil Otomatis dan Manual

    Minta bantuan penumpang atau orang di sekitar lokasi mobil mogok untuk membantu melakukan dorongan. Dengan langkah ini, kamu dapat mengatasi situasi mogok dengan lebih baik sebelum mencari bantuan lebih lanjut di bengkel.

    Download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait