Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMesin Mobil Mati Tiba-tiba di Rel Kereta Api, Apa Penyebabnya?

    Mesin Mobil Mati Tiba-tiba di Rel Kereta Api, Apa Penyebabnya?

    Lakukan ini kalau mesin mobil kamu mati di rel kereta api!

    News.OLX – Mesin mobil mati mendadak saat melintasi rel kereta api adalah pengalaman yang menakutkan dan berbahaya. Terlebih jika ada kereta yang hendak melintas dengan laju yang sangat cepat mendekati kendaraan.

    Keadaan ini bisa menjadi ancaman serius bagi keselamatan pengemudi, penumpang, dan juga para penumpang kereta api. Apalagi sistem pengereman kereta tidak membuatnya bisa berhenti dengan instan. Alhasil ini rentan mengakibatkan tabrakan yang tidak bisa dihindarkan.

    Jika ditelaah, mesin kendaraan yang mendadak mati di perlintasan kereta api ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Lantas apa saja penyebabnya?

    1. Emisi elektromagnetik

    Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia) menjelaskan bahwa rel kereta api menghasilkan emisi elektromagnetik akibat adanya kabel penghantar arus listrik. Sayangnya, kabel ini sering tidak kompatibel dengan mesin mobil. 

    Baca juga: 6 Kemungkinan Mobil Mogok Karena Tak Bisa Distarter Sampai Mesin Mati

    Saat kereta api mendekat, arus listrik ini menciptakan medan magnet yang tinggi, yang dapat mengganggu sistem elektronik kendaraan. Akibatnya, Electronic Control Unit (ECU), yang menggerakkan mobil, bisa berhenti bekerja, menyebabkan mesin mati.

    2. Medan magnet dari lokomotif

    Menurut PT KAI (Kereta Api Indonesia), mesin mobil yang mati di atas rel kereta bisa disebabkan oleh medan magnet yang dihasilkan oleh dinamo lokomotif. Medan magnet ini bisa mempengaruhi kendaraan dalam radius satu kilometer. 

    Oleh karena itu, petugas menutup palang pintu bahkan sebelum kereta terlihat. Biasanya, kendaraan melintas di atas rel dengan kecepatan rendah. 

    Jika pengemudi tidak memindahkan gigi mesin ke putaran yang lebih rendah, putaran mesin dinamo dan koil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif.

    mesin mobil (4)

    3. Faktor psikis pengemudi

    Faktor lain yang dapat membuat mobil mati saat melintasi rel kereta adalah faktor psikis. Dengan banyaknya kasus tabrakan yang terjadi, serta kondisi mobil yang mati mendadak saat melintasi rel membuat sebagian pengemudi panik dan sulit untuk berpikir dengan jernih. 

    Baca juga: 4 Tips Mudah Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

    Alhasil, ini dapat mengakibatkan perpindahan kopling dan gas yang tidak stabil, yang akhirnya membuat mesin mobil mati. Sebab itu, kemampuan berpikir tenang dan matang saat mengemudi sangat dianjurkan untuk dimiliki oleh setiap pengemudi.

    Cara mengatasi mesin mobil yang mati di perlintasan rel kereta

    Jika mesin mobil kamu mati di tengah rel kereta, pertama-tama, usahakan untuk tetap tenang. Panik hanya akan memperburuk situasi. Setelah itu, kamu bisa lanjutkan dengan beberapa langkah pendukung lainnya.

    1. Teruskan klakson dan starter mobil

    Membunyikan klakson dan mencoba menghidupkan ulang mesin adalah tindakan pertama yang perlu kamu lakukan. Ini dapat membantu memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitar kendaraan. 

    Baca juga: Alasan Mobil Transmisi Otomatis Mogok Wajib Gendong Towing atau Derek

    Namun, ini juga tergantung dari situasi. Jika situasinya darurat dan tidak ada kemungkinan untuk menghidupkan kembali mesin, lebih baik meninggalkan kendaraan dan menjauh dari jalur kereta untuk keselamatan kamu dan penumpang.

    2. Patuhi rambu lalu lintas

    Jika hendak melintasi rel kereta, penting untuk selalu menghormati rambu-rambu lalu lintas yang ada. Jangan pernah mencoba menerobos palang pintu atau mengabaikan peringatan kereta. 

    Untuk itu, kamu wajib sabar menunggu kereta yang lewat hingga keadaan aman dan palang pintu kereta dibuka.

    3. Gunakan kecepatan rendah

    Saat kamu melintasi rel kereta, pastikan kamu berkendara dengan kecepatan rendah. Ini dapat membantu mengurangi risiko gangguan pada sistem elektronik kendaraan akibat medan magnet.

    4. Jaga jarak aman

    Selalu berikan jarak yang cukup dengan kereta saat kamu berada di perlintasan rel kereta. Bersabarlah sedikit saat menunggu kereta api melintas sampai sirine palang pintu dimatikan.

    Baca juga: Ini Dia Komponen Mobil Penyebab Sulit Distarter dan Sering Mogok

    Itu adalah alasan serta tips dalam mengatasi mesin mobil yang mati saat melintasi rel kereta. Hal ini penting dipahami agar kita bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

    Dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menjaga kendaraan kamu dalam kondisi baik, kamu dapat mengurangi risiko mengalami masalah di perlintasan kereta.

    Yang terpenting, tetaplah tenang saat menghadapi situasi darurat sehingga kamu dapat mengambil tindakan yang tepat.

    Temukan informasi, tips, dan berita seputar otomotif hanya di OLX Member of ASTRA. Cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait