Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Oli Gardan Mobil, Cara Mengecek dan Menggantinya Secara Mandiri

    Mengenal Oli Gardan Mobil, Cara Mengecek dan Menggantinya Secara Mandiri

    News.OLX – Setiap kendaraan bermotor, pasti membutuhkan oli. Tidak hanya oli mesin yang tentu sudah banyak diketahui masyarakat umum. Namun ada pula oli gardan yang yang sangat dibutuhkan oleh mobil untuk menunjangnya saat berkendara. 

    Perlu diketahui bahwa setiap mobil pasti memiliki gardan. Gardan ini memiliki fungsi mengatur kecepatan roda saat berbelok. Karena umumnya saat berbelok kecepatan roda kanan dan kiri memiliki kecepatan berbeda.

    Disinilah oli gardan berperan penting agar kinerja dari gardan ini tidak berat dengan cara melumasinya. Karena dengan adanya oli, gardan menjadi tidak macet dan saat berbelok terasa ringan.

    Selain itu, oli gardan sendiri juga kerap disebut sebagai oli transmisi. Nah, untuk menambah pengetahuan Anda mengenai oli gardan, silahkan menyimak artikel di bawah ini

    Fungsi oli gardan

    Fungsi oli gardan mobil

    Seperti yang disebutkan di atas, oli gardan ini berfungsi untuk melumasi bagian gardan mobil yang membuat komponen di dalamnya tetap awet, tidak macet khususnya bagian transmisi.

    Selain itu dengan adanya oli gardan yang tetap menjaga komponen di dalam gardan ini akan membuat mobil Anda semakin nyaman saat digunakan dalam berkendara. Meski terkadang dianggap sepele, fungsi dari oli gardan ini sangat vital. Berikut fungsi dari oli gardan:

    • Melumasi transmisi

    Transmisi atau gear ratio merupakan salah satu komponen penting yang harus mendapatkan pelumas agar tidak macet. Karena diberi pelumas, komponen ini akan lebih awet dan bekerja lebih mulus saat mobil dikendarai.

    • Mengurangi gesekan antar komponen

    Sebagai fungsi utama oli gardan adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen, dengan adanya oli gardan ini akan membuat komponen lebih awet dan tidak cepat rusak.

    Biasanya gesekan antar komponen yang tidak diberi oli akan membuat gesekannya menjadi lebih keras sehingga bisa membuat komponen ini rusak hingga patah.

    • Mengurangi suara bising mesin

    Gesekan yang terjadi antar komponen biasanya akan menimbulkan suara bising pada mesin saat dinyalakan. Namun dengan adanya oli gardan, suara ini akan diminimalisir, sehingga tidak timbul suara kasar maupun berisik.

    • Mencegah over heat

    Salah satu fungsi utama oli gardan adalah untuk mencegah panas berlebih yang dihasilkan saat komponen ini bekerja. Gesekan dari komponen yang berada di dalam gardan ini berupa gear ratio atau yang disebut transmisi. 

    Saat mobil dikendarai, gear ratio ini akan berputar sangat cepat sehingga membutuhkan pelumas yaitu oli gardan agar tidak terjadi panas yang berlebih.

    Cara mengganti oli gardan mobil

    Cara mengganti oli gardan sangatlah mudah. Asalkan Anda memiliki beberapa kunci yang cocok untuk membuka bautnya, pasti Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

    Berikut cara mengganti oli gardan:

    1. Siapkan oli gardan pengganti yang baru, beserta wadah penampung oli dan kunci perlengkapan.
    2. Pastikan mobil dalam keadaan mati dan mesin yang dingin.
    3. Letakan wadah penampung oli bekas di bawah lubang baut pembuangan.
    4. Lepaskan baut penguras dengan kunci shock maupun ring.
    5. Lalu lepaskan baut pengisian.
    6. Tampun oli gardan bekas dari dalam gardan dan tunggu sampai terkuras habis.
    7. Pasang kembali baut penguras dan kencangkan.
    8. Masukan oli gardan baru pada lubang baut pengisian sesuai takaran dan kencangkan baut.

    Cara mengecek oli gardan mobil

    Tidak seperti oli mesin yang memiliki alat untuk mengeceknya, oli gardan sendiri bisa diganti dengan jarak yang sudah ditempuh sampai 40.000 Km. 

    Sejauh jarak tersebut, oli gardan harus diganti atau kurang lebih dua tahun. Lebih baik tetap teratur mengganti oli gardan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

    Namun selain mengganti sesuai dengan jarak yang ditempuh maupun jangka waktu tertentu. Oli gardan bisa Anda ganti bila terjadi gejala demikian:

    • Timbul getaran kencang

    Pertanda bahwa oli gardan harus diganti adalah saat timbul getaran kencang pada mobil saat melakukan manuver. Ketika hal ini terjadi tentu mobil akan sulit untuk dikendalikan.

    • Muncul suara bising

    Dampak dari oli gardan yang kualitasnya sudah menurun bisa diketahui melalui suara dari komponen yang bergesekan hingga menimbulkan suara bising.

    Apabila kejadian ini dibiarkan bisa berakibat pada kerusakan transmisi pada mobil.

    • Mobil berjalan tidak stabil

    Dari sebuah oli yang sudah jelek, bisa mengakibatkan gesekan keras antar komponen di dalam gardan. Sehingga menyebabkan kemudi sulit untuk dikendalikan.

    • Roda sulit dikendalikan

    Fungsi dari gardan sendiri adalah untuk mengatur roda kanan dan kiri ketika bermanuver. Apabila oli ini bermasalah, tentu manuver saat menggerakan roda untuk berbelok menjadi lebih sulit dari biasanya.

    • Gear ratio tidak berfungsi normal

    Salah satu akibat fatal dari oli gardan yang sangat lama tidak diganti adalah gear ratio atau transmisi tidak bekerja dengan semestinya. Bisa jadi gear rasio di dalam gardan ini patah karena terus terjadi gesekan yang keras.

    • Muncul aroma seperti terbakar

    Karena kualitas oli gardan yang sudah jelek, baik itu encer dan berubah warna. Tentu akan mempengaruhi kinerjanya dalam melumasi berbagai komponen di dalam gardan. 

    Akibatnya berbagai komponen di dalam gardan ini akan menjadi panas sehingga muncul aroma seperti terbakar.

    Nah, setelah menyimak mengenai ulasan oli gardan, sedikit banyak Anda pasti sudah mengetahui betapa pentingnya untuk mengganti oli gardan secara berkala. Selalu jaga kondisi kendaraan Anda agar dalam kondisi prima. Sehingga saat mobil dijual, harganya tetap stabil dan tidak turun.

    Soal menjual mobil, pastikan untuk memilih di dealer OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan tanpa disertai hidden fee.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait