Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Lainnya7 Rekomendasi Audio Mobil Terbaik, Jangan Salah Pilih

    7 Rekomendasi Audio Mobil Terbaik, Jangan Salah Pilih

    Salah satu modifikasi yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil adalah bagian audio. Meski perangkat audio mobil sudah cukup memberi hiburan, namun tidak jarang yang mengganti audio mobilnya dengan perangkat yang lebih baik.

    Semakin bagus kualitas dari perangkat audio, tentu akan memberikan sarana hiburan yang lebih nyaman saat mobil digunakan dalam berkendara jauh. Perasaan bosan saat menyetir mobil dengan jarak yang cukup jauh akan lebih menyenangkan bila ditemani oleh hiburan.

    Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, tidak jarang para pemilik mobil mengganti perangkat audionya dengan berbagai merek yang cukup populer. Tentu saja, perangkat audio yang semakin baik, tentu membutuhkan biaya lebih daripada perangkat audio standar.

    Baca juga: 5 Fitur Modern dan Mewah yang Cocok Dipasang di Mobil Klasik

    Namun hasil yang didapat tentu akan sepadan dan membuat sensasi perjalanan Anda semakin menyenangkan dengan adanya perangkat audio mobil baru. 

    Bahkan saat ini perangkat audio semakin canggih yang dapat diatur dengan mudah melalui layar head unit, smartphone atau dikoneksikan langsung melalui setir kemudi Anda. Berikut simak rekomendasi audio terbaik di bawah ini:

    7 rekomendasi audio mobil terbaik

    • JVC

    Sebagai sebuah merek perangkat audi, JVC sudah sangat populer di kalangan pecinta otomotif. Memiliki kualitas yang baik, harga dari perangkat audio ini pun masih wajar.

    Memiliki harga yang kompetitif, JVC ini pun cukup mudah dalam pemasangannya. Pastikan bahwa dashboard mobil Anda memiliki ruang yang cukup untuk memasang perangkat ini.

    Setelah terpasang pada dashboard, tinggal menyambungkan ke harness dan speaker. Karena pemasangannya yang cukup mudah, tidak perlu dilakukan oleh mekanik dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

    • Kenwood

    Merek yang tidak kalah dengan perangkat audio di atas. Kenwood sudah cukup banyak menjadi pilihan para pecinta otomotif untuk menjadi perangkat audionya. 

    Pada perangkat audio ini kebanyakan mengeluarkan tenaga sampai 500 Watt dan woofer yang dibuat dari polypropylene mica cone. Suara bass yang hasilnya pun sangat enak.

    Selain kelebihannya dalam menyediakan hiburan sebagai perangkat audi, unit speaker dari Kenwood ini tidak memancarkan panas sehingga tidak akan terjadi overheat.

    Di sisi harga sendiri memang cukup bervariatif, namun dibandingkan dengan perangkat audio yang memiliki bandrol harga mahal, kualitas yang dihasilkan oleh Kenwood ini tidak kalah sehingga bisa menjadi pilihan terbaik.

    Baca juga: Review Mobil Toyota Avanza G, MPV yang Jadi Pilihan Keluarga

    • Pioneer

    Kerap digunakan sebagai perangkat audio di rumah tangga, Pioneer juga populer untuk digunakan pada mobil. Kualitas suara yang dihasilkan pun sangat baik.

    Audio dari Pioneer ini bisa dijadikan sebagai subwoofer dan memiliki desain yang keren serta elegan. Audio ini pun memiliki 4 channel amplifier dengan fitur unggulan yang mengubah dua model channel dengan fitur berbeda.

    • Harman Kardon

    Merek Harman Kardon, sudah tidak asing lagi di dunia perangkat audio. Selain menjadi perangkat audio untuk rumah tangga, Harman Kardon pun cukup banyak digunakan untuk audio mobil.

    Memiliki desain perangkat dengan warna serba hitam, penampilan dari audio mobil ini terlihat elegan dan berkualitas. 

    • JBL GT-BassPro 12

    JBL menjadi salah satu merek audi yang sangat populer. Baik itu untuk rumah tangga maupun untuk mobil. Memiliki ukuran head speaker 12 inchi, frekuensi yang dimiliki oleh speaker ini bisa mencapai 35 sampai 120 Hz.

    Hasil dari dentuman bass pun sangat kuat meski dengan energi 450 Watt. Selain itu pemasangannya pun cukup simpel dengan mencolokan kabel RCA saja.

    • Sony MEX

    Memiliki konsep stereo DIN, audio mobil dengan merek Sony MEX ini memiliki desain dan kualitas terbaik. Dilengkapi dengan 4 channel speaker dengan daya 100 Watt. 

    Hasil bass yang dihasilkan pun cukup keras, namun ada kekurangan pada audio mobil ini yaitu belum bisa diakses melalui smartphone.

    Baca juga: Review Mobil Toyota Alphard X, Ini Spesifikasi dan Harganya

    • Kicker

    Sudah ada sejak tahun 1980, memiliki desain kotak klasik berwarna hitam. Keunggulan dari audio ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan bisa menghasilkan suara yang bagus dan energi yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

    Jenis-jenis audio mobil

    Ada beberapa jenis audio mobil yang perlu Anda ketahui sebelum memodifikasinya sebagai bahan pertimbangan. Agar nantinya mendapatkan perangkat audio sesuai dengan selera, berikut jenis-jenis audio mobil:

    • Sound Quality (SQ)

    Audio mobil memiliki karakteristik menghasilkan suara yang mirip dengan rekaman asli suara tersebut. Bukan hanya itu, ada juga kriteria lain yang digunakan sehingga suara yang dihasilkan oleh sebuah sistem bisa menjadi sangat berkualitas.

    • Sound Quality Loud (SQL)

    Sistem SQL banyak digunakan pada belakang mobil. Performa suara dari sistem ini akan lebih terasa pada mendengarkannya di kursi belakang atau membuka bagasinya.

    Biasanya sistem ini digunakan pada saat acara seperti perkenalan sebuah mobil atau car show off. 

    • Sound Pressure Level (SPL)

    Merupakan sistem audio yang dikombinasikan dari dua jenis audio mobil yakni sound quality dan sound pressure level. Apabila pergerakan suara dari subwoofernya semakin kencang, dorongan udara pada kabin akan semakin besar pula, sehingga desibel yang tercipta akan menjadi tinggi. 

    Biasanya yang menggunakan sound system ini adalah mereka yang melakukan kontes adu kencang audio.

    • Audio Car Theater

    Car theater atau sistem multimedia merupakan fasilitas yang digunakan untuk memainkan berbagai jenis format musik dari berbagai perangkat atau device. 

    Contohnya seperti USB dan sebagainya. Namun sistem ini lebih baik untuk digunakan saat menonton film karena kualitas suaranya setara dengan home theater atau bioskop yang kamu mainkan di dalam mobil .

    Tips memilih audio mobil

    Karena tersedia begitu banyak merek dari audio mobil, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

    • Cek fitur audio sesuai selera

    Setiap audio mobil pasti memiliki fitur yang berbeda-beda. Fitur yang dimiliki oleh setiap perangkat audio ini tentu harus Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

    Selain itu pastikan audio mobil tersebut memiliki fitur standar seperti  treble, fade, balance, fungsi bas, automatic level control, dan beberapa fitur pendukung lainnya seperti DVD, MP3, dan USB.

    Ditambah pastikan fungsi dari head unit sebagai perangkat untuk mengontrolnya. 

    • Uji hasil suara audio

    Salah satu yang tidak boleh ketinggalan sebelum membeli audio adalah mencoba suara yang dihasilkan. Tentunya saat membeli Anda bisa mengetes hasil suara dari audio mobil yang Anda pilih.

    Pastikan bahwa hasil suara tersebut sudah sesuai dengan keinginan dan selera Anda. 

    • Perhatikan proses instalasi

    Saat dilakukan pemasangan, pastikan untuk memperhatikan proses instalasi. Bila tidak memiliki kemampuan untuk memasangnya secara mandiri, pastikan bahwa teknisi yang memasangnya sudah ahli dan profesional.

    Sehingga tidak ada sambungan kabel yang sembarangan, terbalik maupun penempatan kabel yang kusut sehingga meminimalisir terjadinya konsleting.

    • Pilih merek berkualitas

    Memilih perangkat audio yang berkualitas biasanya akan mendapatkan kualitas yang bagus dan awet. Jangan sampai tergiur dengan kualitas yang murah namun dalam perjalanannya malah mudah rusak dan terjadi konsleting.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai audio mobil terbaik, sedikit banyak pasti Anda sudah memiliki gambaran untuk memodifikasi perangkat audio pada mobil Anda.

    Kalau soal urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih di dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait