Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Daihatsu Xenia, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya

    Review Mobil Daihatsu Xenia, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya

    Sejak dirilis untuk pertama kali, sampai saat ini Daihatsu Xenia sudah hadir dalam tiga generasi. Untuk keluaran paling barunya saat ini diberi nama All New Xenia dengan tampilan lebih futuristik dan moderen.

    JAKARTA – Daihatsu Xenia merupakan MPV yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor sejak awal tahun 2004, mobil ini diterima dengan sangat baik oleh konsumen Indonesia.

    Selain itu mobil ini juga memiliki julukan sebagai mobil sejuta umat. Karena memang berhasil mencapai penjualan yang sangat tinggi sejak resmi dirilis di Indonesia pada 12 Januari 2004.

    Menerapkan Platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture ini memfokuskan desain pada kualitas performa mobil yang tinggi diimbangi dengan harga yang terjangkau dan membekali mobil dengan teknologi terbaru sehingga lebih efisien dalam penggunaannya.

    Sebagai mobil MPV, Daihatsu Xenia bisa menjadi mobil keluarga terbaik dengan kapasitasnya kabin yang lega. Menjadikannya mobil Daihatsu Xenia sebagai mobil keluarga merupakan pilihan tepat karena spare partnya yang mudah dan biaya perawatannya yang relatif murah.

    Baca juga: 7 Keunggulan Daihatsu Xenia Dibanding MPV Lainnya!

    Berikut ulasan mengenai review mobil Daihatsu Xenia:

    Spesifikasi Daihatsu Xenia

    Spesifikasi mobil Daihatsu Xenia

    Daihatsu Xenia terbaru, atau All New Daihatsu Xenia dibekali dengan dua pilihan mesin dan dua tipe transmisi manual dan otomatis. Kedua tipe mesin tersebut adalah berpasitas 1.3 L dan 1.5 L.

    Pada tipe 1.3 L dibekali mesin berkode 1NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang mampu menghasilkan daya sebesar 97.9 Ps pada putaran 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal sebesar 121 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Sedangkan untuk tipe 1.5 L dibekali mesin dengan kode 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 106 Ps pada putaran 6.000 rpm dengan capaian torsi maksimal sebesar 137 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Sudah menggunakan platform baru dari DNGA membuat mobil Daihatsu Xenia ini lebih nyaman saat melakukan belokan, apalagi belokan patah, dan bermanuver yang presisi sekalipun di jalanan sempit seperti jalan perkotaan.

    Mobil ini pun diklaim irit bahan bakar dengan konsumsi yang mencapai 13,2 km/liter. Untuk dimensi Daihatsu Xenia hadir dengan panjang 4395 mm, lebar 1730 mm, dan tinggi 1700 mm dan ground clearance 205 mm.

    Baca juga: Daihatsu Xenia Generasi Ketiga: Harga dan Spesifikasinya!

    Interior Daihatsu Xenia

    Interior mobil Daihatsu Xenia

    Masuk ke dalam kabin langsung merasakan desan interior yang mewah dan lega. Pada bagian dashboardnya terdapat upper air vent, berfungsi memberikan udara dingin ke blower belakang. AC double blower ini terdapat pada tipe X dan R.

    Pada bagian dashboardnya menggunakan konsep Black Full Flat Center Cluster dan sudah disematkan head unit 2 DIN touchscreen. Layar sentuh ini memiliki berbagai fitur hiburan seperti DVD Player, MP3 dan dapat dikoneksikan untuk iPod, iPhone, Android dan USB.

    Untuk sistem audio ini pun bisa dioperasikan melalui stir pengemudi dengan berbagai tombol yang tersemat di sisi setir. Sehingga pengemudi dengan mudah untuk mengoperasikannya.

    Pada bagian kursi baris kedua dan ketiga pun dapat dilipat sehingga menambah kapasitas dari bagasi mobil init. 

    Eksterior Daihatsu Xenia

    Eksterior mobil Daihatsu Xenia

    Memiliki desain yang futuristik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. All New Daihatsu Xenia ini memang semakin menarik minat pembeli. Desain yang kekinian dan moderen ini menjadikan tampilan dari Daihatsu Xenia semakin elegan.

    Pada bagian grill terlihat bahwa mobil ini menggunakan bumper baru. Ditambah bumper ini dikombinasikan dengan warna Black Matte Aerokit untuk tipe Deluxe. Sedangkan untuk tipe R-Dark Grey mobil ini memiliki grill dengan aksen chrome.

    Bagian lampu memiliki bentuk yang menyipit dan sudah menggunakan teknologi LED. Pada bagian belakangnya, stoplamp mobil ini tampil semakin kekinian.

    Selain itu sudah disematkan spoiler bergaya HMSL yang menambah kesan stylish. 

    Baca juga: Harga Mobil Xenia Bekas Turun, Ini Rincian Harga & Tipenya!

    Fitur Daihatsu Xenia

    Fitur mobil Daihatsu Xenia

    Pada Daihatsu Xenia terbaru ini disematkan beberapa fitur yang semakin menunjang kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya ialah fitur pada bagian hiburan dengan 2DIN touchscreen yang sudah terkoneksi dengan smartphone. 

    Ada pula fitur Window Jam Protection yang disematkan pada bagian jendela depan. Kursi pada Daihatsu Xenia ini pun mudah untuk digeser dan diatur sesuai kenyamanan. Apalagi baris kedua dan ketiga pun dapat dilipat untuk memperluas kapasitas bagasi.

    Untuk fitur keselamatan pun sudah dibekali dengan sensor parkir, Dual SRS airbag. Pada bagian AC sendiri dioperasikan dengan teknologi digital.

    Harga Daihatsu Xenia Terupdate 2023

    Baru

    Mobil Daihatsu Xenia saat ini ditawarkan dengan beberapa tipe. Dari banyaknya tipe yang ditawarkan tersebut, ia memiliki dua pilihan mesin yaitu 1.3 L dan 1.5 L. 

    Pada bagian transmisi pun ditawarkan dengan dua pilihan yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Dari varian serta tipe ini nantinya akan menentukan harga baru dari Daihatsu Xenia.

    Untuk rentang harga dari unit baru Daihatsu Xenia ini ditawarkan dari harga Rp216 juta hingga Rp 274 juta.

    Bekas

    Sebagai mobil yang sudah lama muncul di Indonesia sejak tahun 2004. Pasaran mobil bekas Daihatsu Xenia ini cukup banyak. Meski banyak, mobil bekas dari Daihatsu Xenia ini memiliki banyak peminat.

    Apalagi mobil ini kerap menjadi mobil keluarga yang setia dalam menemani di perjalanan jauh. Harga jual kembali dari mobil ini yang tetap stabil pun membuat banyak orang berminat untuk membeli mobil bekas ini.

    Kisaran harga dari mobil bekas Daihatsu Xenia pun cukup beragam.

    • Daihatsu Xenia tahun 2009 – 2012 kisaran Rp80 sampai Rp100 jutaan.
    • Daihatsu Xenia tahun 2013 – 2017 kisaran Rp100 sampai Rp150 jutaan.
    • Daihatsu Xenia tahun 2018 – 2022 kisaran Rp150 sampai Rp210 jutaan.

    Nah, bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas ini pastikan untuk membeli melalui mitra terpercaya seperti OLX Autos yang memberi kenyamanan serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait