Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriKecil Imut dan Ceria, Begini Spesifikasi dan Harga Bekas Daihatsu Ceria

    Kecil Imut dan Ceria, Begini Spesifikasi dan Harga Bekas Daihatsu Ceria

    JAKARTA – Bagi penggemar otomotif, tentu sudah familiar dengan city car mini dari Daihatsu yang bernama Ceria. Mobil Daihatsu Ceria ini terlebih dulu dijual di Malaysia dengan nama Perodua Kancil. Mobil tersebut pertama kali dijual di Negeri Jiran pada 1994, dan terus dijual hingga 2009.

    Untuk di Indonesia sendiri, mobil Daihatsu Ceria mulai dipasarkan pada tahun 2001. Mobil ini pun langsung mendapatkan banyak minat dari pecinta otomotif yang kala itu menyukai bentuknya yang mini. Meski memiliki bentuk yang mini, mobil ini dapat menampung 5 penumpang.

    Namun, dalam perjalanannya, Daihatsu Ceria ini tidak terlalu berumur panjang di pasaran Indonesia. Pasalnya pada tahun 2006, mobil ini resmi tidak diproduksi lagi. Salah satu penyebabnya adalah trend mobil yang terus berganti dan mulai banyak konsumen yang memilih mobil MPV dengan kapasitas lebih banyak.

    Meski demikian, mobil bekas Daihatsu Ceria pun masih dapat Anda temukan di pasaran mobil bekas. Apalagi mobil yang dirilis pada tahun 2001 ini memiliki harga terjangkau. Bahkan bisa dikatakan kalau harga mobil bekas Daihatsu Ceria ini sepadan dengan harga motor baru.

    Selain itu Daihatsu Ceria bisa menjadi sebuah kendaraan praktis untuk menunjang aktivitas sehari-hari dalam perjalanan di dalam kota. Memiliki bentuk yang mini tentu dapat dengan mudah melalui gang-gang sempit atau menyusuri jalanan macet.

    Spesifikasi Mobil Daihatsu Ceria

    Mobil Daihatsu Ceria termasuk salah satu mobil lama yang saat ini sudah berusia 20 tahun lebih. Mesin pada mobil ini pun berkapasitas kecil yaitu 850 cc dengan 3 silinder segaris, ED-10, 6 katup, dengan teknologi SOHC. Mesin yang digunakan oleh Daihatsu Ceria ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 35 Hp/5.500 RPM, serta torsi maksimum sebesar 63 Nm/3.200 RPM.

    Memiliki kapasitas mesin yang kecil, mobil ini tentu sangat hemat bahan bakar. Mesin ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 135 km/jam. Sebuah kecepatan yang cukup tinggi bagi mobil kecil seperti Daihatsu Ceria.

    Sebagai mobil mini, Daihatsu Ceria memiliki bobot 1.040 kg. Meski cukup ringan mobil ini tidak akan melayang walaupun dikendarai dengan kecepatan 135 km/jam.

    Pada bagian rem depan menggunakan Disc dan Drum untuk bagian depan, sementara bagian ban memakai 145/80R13.

    Interior Mobil Daihatsu Ceria

    Jangan terlalu berharap banyak dari interior yang dimiliki oleh Daihatsu Ceria. Sebagai mobil keluaran tahun 2000 awal, tentu bila dibandingkan dengan interior mobil zaman sekarang cukup ketinggalan.

    Kesan dari interior pada Daihatsu Ceria ini masih kental dengan mobil era tahun 90-an. Pada bagian dashboard, warna interior dan bagian setir mobil memiliki desain yang sederhana.

    Interior Daihatsu Ceria juga dilengkapi beberapa macam fitur. Semisal pita radio, AC, central lock, dan power window. Namun dari mobil bekasnya yang ditemui di pasaran, tidak jarang pemilik kendaraan sudah memodifikasi perangkat audionya.

    Memiliki dimensi yang mini, Daihatsu Ceria ini dapat menampung lima orang penumpang di dalam kabin. Meski terbatas, namun bila hanya untuk penumpang masih cukup nyaman. 

    Untuk setir pada mobil Daihatsu Ceria ini dianggap cukup ringan dipakai saat bermanuver. Pasalnya setir mobil ini belum dipasangi power steering seperti mobil yang lebih modern.

    Eksterior Mobil Daihatsu Ceria

    Bagian eksterior dari mobil Daihatsu Ceria ini memiliki desain yang cukup ketinggalan dengan city car pada zaman sekarang. Namun dari kesederhanaannya ini masih cukup banyak yang menyukainya.  

    Mobil city car Daihatsu ini memiliki dimensi panjang 3.365mm, lebar 1.405mm, dan tinggi 1.200mm.  Pada bagian depan mobil ini terdapat grill berdesain Kidney Grille seperti BMW. Bagian lampu pada mobil ini pun memiliki desain bulat. Pada lampun bagian belakang nampak kecil dan membulat.

    Daihatsu Ceria

    Fitur Mobil Daihatsu Ceria

    Daihatsu Ceria ini memiliki beberapa fitur. Untuk sarana hiburannya tersendiri yang masih asli dari bawaan adalah perangkat audio berupa pita radio dan tape.

    Mobil keluaran tahun 2001 ini pun sudah dilengkapi dengan AC yang bila tetap dirawat dengan baik, tentu dapat memberikan kesejukan pada kabin mobil.

    Pada bagian kaki kakinya mobil ini sudah menggunakan suspensi MacPherson Strut Independent Coil Spring. Fitur itu telah dipadupadankan dengan stabilizer yang ada di bagian suspensi depan.

    Pada bagian belakang terdapat fitur berupa Semi Trailing Independent Coil Spring yang membuat semakin nyaman dalam berkendara. Bagi yang sudah biasa menggunakan mobil keluaran baru, tentu fitur yang dimiliki mobil Daihatsu Ceria cukup ketinggalan.

    Harga Baru Mobil Daihatsu Ceria

    Sebagai mobil keluaran lama, yaitu pada tahun 2001 dan berhenti diproduksi pada tahun 2006. Tentunya saat ini sudah tidak ada unit baru yang ditawarkan oleh Daihatsu pada tipe Daihatsu Ceria ini. 

    Harga Bekas Mobil Daihatsu Ceria

    Mobil Daihatsu Ceria bekas masih bisa Anda temukan di berbagai pasar mobil bekas seperti dealer maupun showroom mobil bekas di berbagai kota. Untuk kisaran dari harga mobil bekas Daihatsu Ceria ini cukup beragam dan sangat terjangkau. 

    Bisa dikatakan bahwa harga mobil bekas Daihatsu Ceria ini bisa disamakan dengan motor keluaran terbaru. Berikut harga mobil bekas Daihatsu Ceria di pasaran mobil bekas:

    • Daihatsu Ceria Bekas Tahun 2000 Rp28 juta
    • Daihatsu Ceria Bekas Tahun 2001 Rp33 juta
    • Daihatsu Ceria Bekas Tahun 2003 Rp 35 juta
    • Daihatsu Ceria Bekas Tahun 2004 Rp 38 juta
    • Daihatsu Ceria Bekas Tahun 2006 Rp 40 juta

    Bagi Anda yang berminat untuk memiliki Daihatsu Ceria, bisa dipastikan untuk memilih dealer maupun showroom terpercaya agar mendapat penawaran terbaik. Salah satunya ialah OLX Autos yang memberikan garansi pada unit yang Anda beli. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait