Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MobilSuzuki S-Presso, City Car Mungil Bergaya SUV Sporty

    Suzuki S-Presso, City Car Mungil Bergaya SUV Sporty

    Suzuki Indonesia baru saja mendatangkan Suzuki S-Presso, city car baru yang diproduksi oleh Suzuki India. Pabrikan asal negeri Sakura memberikan kesan baru terhadap city car satu ini tampil kekinian dan desainnya cocok untuk anak muda. 

    JAKARTA – Baru resmi dirilis di Indonesia pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu. Saat ini Suzuki S-Presso sudah dapat dinikmati oleh pecinta otomotif merek Suzuki. Memiliki desain yang menarik dengan ukuran yang kecil, membuat mobil ini menarik banyak minat pecinta otomotif khususnya segmen anak muda.

    Selain itu mobil yang memiliki gaya seperti mobil SUV ini sangat cocok digunakan di jalanan perkotaan dengan ukurannya yang kecil. Tentu untuk melibas jalanan macet, mobil ini bisa melalui kondisi jalan yang terbilang cukup sempit bila dilalui oleh MPV. 

    Ditawarkan dengan dua varian transmisi berupa manual dan AGS, keduanya memiliki sedikit perbedaan harga. Untuk transmisi AGS sendiri, merupakan transmisi otomatis yang menggantikan peda kopling dengan hidrolik yang diatur sepenuhnya oleh transmission control module (TCM). TCM ini nantinya akan bekerja dengan ECU untuk menambah dan mengurangi gigi saat digunakan dalam berkendara.

    Sistem pengurangan dan penambahan gigi ini nantinya mengandalkan sensor saat menentukan waktu perpindahannya dengan bacaan putaran mesin. 

    Baca juga: Suzuki Swift Masih Banyak Diburu Pembeli Mobil Bekas, Apa Keistimewaannya?

    Nah, bagi Anda yang berminat untuk memiliki Suzuki S-Presso, sebelumnya bisa menyimak terlebih dahulu mengenai review mobil satu ini.

    Spesifikasi Suzuki S-Presso

    Suzuki S-Presso

    Memiliki dimensi yang kecil, mobil ini ini memiliki Panjang X Lebar X Tinggi, 3.565 mm X 1.520 mm X 1.565 mm. Selain itu jarak antar sumbu pada mobil ini ialah 2.380 mm dengan ground clearance 180mm yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar sampai 27 liter.

    Pada mobil bergaya SUV ini menggunakan mesin milik Suzuki Karimun Wagon R yaitu mesin K10B dengan kapasitas 998 cc dengan teknologi DOHC tiga silinder 12 katup. Mobil ini dipasok bahan bakarnya menggunakan Electronic Fuel Injection.

    Pada kinerjanya mobil ini mampu memuntahkan tenaga torsi hingga 90 Nm pada putaran 3.500 rpm dan tenaga maksimum pada 73.7 HP pada putaran 5.500 rpm. Memiliki transmisi manual dan AGS, mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

    Melihat dari spesifikasi mesinnya mobil ini termasuk dalam kategori mobil yang irit bahan bakar dengan perbandingan 21,1 Km/liter untuk penggunaan di dalam kota.  

    Baca juga: Suzuki Splash, City Car Mungil dan Unik, Segini Harga Bekasnya

    Interior Suzuki S-Presso

    Interior mobil Suzuki S-Presso

    Masuk ke dalam kabin milik Suzuki S-Presso pasti Anda akan langsung merasa bahwa mobil ini memiliki ukuran yang minimalis. Namun didalamnya terdapat desain dashboard yang keren dan dengan gaya bulat yang difokuskan pada bagian tengah.

    Segala instrumen tombol pada mobil ini yang berada di tengah ini pun terasa terfokus pada satu tempat yang disusun secara rapi. Memiliki aksen silver yang melingkari bagian speedometer dan head unit, kesan modern semakin terasa pada desain dasbor mobil ini. 

    Meski demikian, kualitas dari material di dalam interiornya ini bisa dibilang cukup sederhana karena terbuat dari plastik keras. Saat diraba, kualitas dari dasbornya ini cukup standar. 

    Memiliki ukuran kecil, kapasitas dari bagasi Suzuki S-Presso ini cukup lega. Namun saat pengguna ingin menambahkan kapasitasnya, hal ini tidak dimungkinkan karena kursi bagian belakang sendiri tidak dapat dilipat. 

    Beberapa yang perlu diperhatikan bahwa saat berada di dalam kabin, ruang kepala pada mobil ini cukup sempit karena jok depan yang cukup tinggi. Namun dengan jok yang tinggi dapat memberikan visibilitas lebih baik.

    Bila postur badan yang menggunakan mobil ini cukup besar dan tinggi tentu akan kesulitan saat keluar masuk dan sesak saat berada di dalam kabin.

    Nah, bagi penumpang di baris kursi belakang jangan sampai kaget saat menemukan bahwa pengaturan jendela bagian belakang masih manual. Saat semua jendela pada setiap mobil sudah diatur secara otomatis, jendela belakang pada mobil ini masih menggunakan engkol. 

    Eksterior Suzuki S-Presso

    Kesan sebagai city car bergaya SUV sangat kental saat melihat mobil Suzuki S-Presso. Sebagai city car, mobil ini memiliki penampilan yang keren dan langsung banyak disukai. Hal ini terlihat jelas dengan desain grill kotak-kotak pada bagian depan yang mempertegas kesan gaya SUV pada mobil ini seperti Suzuki Jimny.

    Pada bagian bawah grill terdapat kisi-kisi udara yang besar dengan warna hitam yang memberi kesan maskulin. Untuk penerangannya, mobil ini masih menggunakan bohlam biasa.

    Untuk bagian samping, pada mobil ini disematkan cladding berwarna hitam di atas fender depan dan belakang. Warna spion yang disesuaikan dengan bodi ini masih diatur secara manual.

    Pada bagian belakang, mobil ini belum dibekali oleh wiper. Sehingga saat hujan deras bagian belakang nantinya akan terlihat tidak jelas saat diguyur air hujan. Meski tidak ada wiper, pada bagian belakang ini sudah disematkan defogger agar tidak berembun. 

    Untuk membuka pintu belakang atau bagasi, tidak ada handle di bagian luarnya. Sehingga untuk membuka pintu ini terkesan tidak praktis.

    Eksterior Suzuki S-Presso

    Fitur Suzuki S-Presso

    Salah satu yang menjadi penarik minat pada mobil ini adalah fitur yang disematkan cukup oke. Beberapa fitur yang ada pada mobil ini antara lain adalah power steering yang meringankan pengemudi dalam memutar setir. Meski begitu bagian kemudi ini tidak bisa diatur jarak tinggi dan rendahnya.

    Lalu ada fitur untuk pengaturan heater pada AC, socket pengisian daya. Selain itu ada fitur defogger yang menambal kekurangan dari wiper yang tidak disematkan pada belakang mobil ini. 

    Pada fitur kemananannya mobil ini sudah dibekali dengan SRS dengan dual airbag, parkir sensor belakang, rem ABS, childproof rear door lock, dan kunci immobilizer. 

    Baca juga: Cari Crossover Bergaya Elegan? Suzuki SX4 S-Cross Paling Direkomendasikan

    Harga Suzuki S-Presso Baru

    Suzuki S-Presso yang belum lama ini dirilis oleh Suzuki Indonesia pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin. Keluaran terbaru untuk mobil ini pun dibanderol dengan harga yang terbilang terjangkau. 

    Terdapat dua varian yang ditawarkan yaitu bertransmisi manual dan AGS. Untuk harganya sendiri mobil Suzuki S-Presso MT Rp 155 juta dan varian AGS Rp 164 juta (OTR Jakarta).

    Harga Suzuki S-Presso Bekas

    Nah, untuk mobil bekasnya sendiri mobil ini belum banyak beredar di dealer maupun showroom mobil bekas. Namun bila Anda mencari mobil bekas, jangan lupa untuk memilih dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan garansi pada unit yang Anda beli, salah satunya ialah OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya.  #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait