Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSama-Sama Bahaya, Apa Beda Microsleep dan Automatic Behaviour Syndrome?

    Sama-Sama Bahaya, Apa Beda Microsleep dan Automatic Behaviour Syndrome?

    Sama berbahayanya, yuk kenali perbedaan Microsleep dan Automatic Behavior Syndrome serta cara mencegahnya!

    Saat berkendara dengan jarak yang jauh, hal yang sering terjadi pada pengendara mungkin juga kamu juga pernah alami adalah mengantuk saat di jalan. Dan yang perlu kamu tahu, ada beberapa gejala dari mengantuk yang membahayakan loh.

    Automatic Behavior Syndrome dan Microsleep adalah dua kondisi yang sering didapatkan oleh pengendara terkait dengan gangguan tidur dan kesadaran saat mengemudi, dan keduanya dapat memiliki konsekuensi serius.

    Kasus kecelakaan dan tabrakan yang sering kita dengar salah satu penyebabnya adalah mengantuk saat di jalan. Kedua gejala ini menjadi penyebab utama yang sering dialami juga oleh banyak pengendara di jalan ketika sedang lelah.

    Baca juga: Wuling Air ev Sukses Jalankan Misi di KTT ASEAN 2023

    Meskipun keduanya terkait dengan gangguan tidur, ada perbedaan utama antara keduanya dan kamu wajib memahami hal ini untuk bisa waspada selalu saat di jalan dan menghindari untuk tidak terjadi ketika mengemudi :

    Automatic Behavior Syndrome (ABS)

    Definisi dari ABS atau Automatic Behavior Syndrome adalah kondisi di mana seseorang melakukan tindakan-tindakan tertentu tanpa kesadaran penuh atau ingatan tentang tindakan tersebut.

    Penyebab ABS biasanya terjadi pada orang yang mengalami kekurangan tidur yang signifikan, kelelahan yang tidak terkontrol dan terganggunya pikiran seperti stress ketika menghadapi jalan raya atau pengemudi yang menyebalkan.

    Contoh yang sering ditemui adalah seseorang dengan ABS mungkin terlihat seperti melakukan berkendara dengan normal dan nampak biasa saja, tetapi tidak benar-benar sadar atau ingat ketika mereka melakukannya.

    Baca juga: Auto2000 Best People Contest 2023: Ajang Uji Kualitas Mekanik Berompetensi Toyota Global untuk Komitmen Memberikan Kepuasan Pelanggan

    Durasi pada seseorang yang mengalami ABS dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Yang sering ditakutkan oleh seseorang mengalami ABS adalah tempo yang didapatkan sering berulang dalam berkendara.

    Maka dari itu, bagi kamu yang ingin mengemudi dan melakukan perjalanan jarak jauh disarankan untuk makan yang cukup sebelum berkendara dan disarankan saat di jalan untuk menghindari kelelahan bisa langsung konsumsi air mineral untuk bisa fokus kembali.

    Microsleep

    Mengemudi mengantuk

    Penjelasan singkat mengenai Microsleep adalah kondisi di mana otak seseorang secara tiba-tiba “mati” untuk sebentar yang menyebabkan mereka tidur sejenak dalam durasi yang sangat singkat, biasanya beberapa detik bahkan hingga beberapa menit.

    Baca juga: Chery TIGGO 7 dan 8 Pro di China Raih Penghargaan J.D. Power APEAL

    Penyebab dari Microsleep yang seringkali ditemui adalah disebabkan oleh kekurangan tidur kronis, rasa kantuk yang berlebihan, atau kondisi medis tertentu. Ini adalah reaksi tubuh yang harus dihindari karena pengemudi akan mengalami kelelahan ekstrem.

    Kasus yang sering ditemukan yaitu seseorang akan mengalami Microsleep mungkin tampak seperti mereka masih terjaga, tetapi mereka sebenarnya sedang tidur sejenak, dan ini dapat sangat berbahaya jika terjadi saat mengemudi.

    Karena durasi Microsleep biasanya sangat singkat, beberapa detik hingga beberapa menit, gejala ini lebih berbahaya dibanding dengan Automatic Behavior Syndrome karena keadaan pengendara yang hilang kendali saat mengemudi.

    Cara mengatasinya

    Penting untuk mengatasi gangguan tidur dan menghindari kekurangan tidur untuk mencegah kondisi ini terjadi, terutama kamu melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan yang tinggi saat mengemudi.

    Sebaiknya,  jika ingin berkendara baik jauh maupun dekat, pastikan kamu telah mendapatkan tidur yang cukup sebelum, makan makanan yang cukup dan usahakan untuk tidak kekenyangan, lalu konsumsi air mineral yang cukup.

    Baca juga: TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Tuai Hasil Positif di Kejurnas Slalom 2023 Seri ke-5

    Tambahan juga agar kamu bisa fokus di jalan, kamu bisa sambil mendengarkan lagu atau radio favorit kamu, mengunyah permen, tetap tenang saat berkendara dan jangan mudah emosi ketika menghadapi jalan yang macet atau pengendara yang ugal-ugalan.

    Tetap selalu waspada di jalan ya dan fokus saat berkendara. Jangan terburu-buru dan selalu mengemudi dengan aman di jalan raya agar kamu bisa sampai ke titik tujuan dengan selamat.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait