Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Informasi5 Fungsi Camshaft pada Mesin Mobil Serta Cara Kerjanya

    5 Fungsi Camshaft pada Mesin Mobil Serta Cara Kerjanya

    Camshaft mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan.

    News.OLX – Mengenal fungsi camshaft jadi salah satu hal wajib bagi pemilik mobil. Hal ini karena, dalam dunia otomotif, setiap komponen yang menyusun kendaraan memiliki peran khususnya.

    Dengan mengetahui fungsi, peran hingga cara kerjanya, pemilik mobil bisa melakukan perawatan dengan tepat dan apabila terjadi masalah segera melakukan langkah perbaikan.

    Lantas kira-kira apa sih fungsi camshaft pada mesin mobil?

    Mengacu pada laman Hyundai, fungsi camshaft adalah untuk membuka dan menutup jalur klep mesin pada bagian pengapian. 

    Fungsi Camshaft

    Fungsi camshaft juga bertindak sebagai penggerak poros distributor dan memompa fuel pump tipe mekanik. Selain itu, fungsi-fungsi lainnya adalah:

    1. Mengendalikan aliran udara dan bahan bakar

    Camshaft digunakan untuk membuka dan menutup katup masuk dan buang. Ketika katup masuk terbuka, campuran udara dan bahan bakar dapat masuk ke ruang bakar, sedangkan saat katup buang terbuka, gas buang dapat keluar dari ruang bakar. 

    Camshaft memastikan bahwa katup terbuka dan ditutup pada waktu yang tepat dan dengan durasi yang tepat.

    2. Meningkatkan efisiensi bahan bakar

    Camshaft yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan meningkatkan kecepatan dan jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

    3. Menghasilkan tenaga

    Camshaft memainkan peran penting dalam menghasilkan tenaga pada mesin. Dengan membuka dan menutup katup pada waktu yang tepat, camshaft memungkinkan bahan bakar dan udara yang terbakar untuk menghasilkan tenaga dan daya dorong yang dibutuhkan oleh kendaraan.

    4. Memastikan kinerja mesin yang optimal

    Camshaft membantu memastikan bahwa mesin bekerja dengan kinerja optimal. Ketika katup terbuka dan ditutup pada waktu yang tepat, mesin dapat bekerja dengan lancar dan efisien.

    5. Memperpanjang masa pakai mesin

    Camshaft yang dirawat dan digunakan dengan benar dapat membantu memperpanjang masa pakai mesin. Dengan memastikan bahwa katup terbuka dan ditutup pada waktu yang tepat dan dengan durasi yang tepat, camshaft dapat membantu mengurangi keausan pada komponen mesin dan memastikan kinerja mesin yang optimal.

    Cara kerja camshaft pada mobil

    Selain mengetahui fungsi camshaft, kamu kamu juga perlu memahami cara kerjanya, Camshaft mobil bekerja secara sederhana namun efektif. 

    Untuk pemilik kendaraan, memahami sistem dan cara kerja camshaft menjadi penting agar dapat mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan pada komponen tersebut. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja camshaft pada mobil:

    1. Ketika posisi menekan: pada tipe DOHC dan SOHC, poros nok atau camshaft bekerja bersama rocker arm untuk membuka jalur pengapian melalui cam lobe. Cam lobe akan mendorong katup valve pada mesin menggunakan tekanan yang cukup kuat.
    2. Ketika posisi menarik atau tidak menekan: saat camshaft tidak menekan, cam lobe tidak akan mempengaruhi rocker arm, menjaga jalur pada poros nok tetap tertutup. 

    Camshaft bekerja terus menerus, membantu putaran mesin, dan perlu diperhatikan agar sistem pelumasan pada camshaft tetap optimal.

    Fungsi Camshaft (1)

    Komponen pada camshaft mobil

    Camshaft mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan, memastikan kinerja optimal. Komponen-komponen tersebut termasuk:

    1. Intake: komponen ini, juga dikenal sebagai noken as intake, terletak di ujung poros nok. Bentuknya yang lonjong membantu menggerakkan katup untuk membuka.
    2. Exhaust: exhaust berfungsi menutup katup buang, mendorong katup yang terbuka sehingga gas sisa pembakaran dapat keluar.
    3. Bearing Journal: Bearing journal pada camshaft memaksimalkan kinerjanya dalam hal penekanan, mengurangi gesekan dan menghindari keausan mesin.
    4. Timing pulley: Timing pulley mengatur ritme putaran poros nok agar sesuai dengan tempo, memastikan mesin bekerja sesuai dengan urutan firing order.
    5. Driver gear: Driver gear memutar bagian camshaft sesuai dengan ritme putaran, bekerja saat camshaft menekan atau tidak menekan.
    6. Gigi sentrik: Gigi sentrik menghubungkan distributor pengapian dengan camshaft secara langsung, memastikan keduanya bekerja bersamaan.
    7. Fuel pump cam drive: Komponen ini menambah energi dari pergerakan fuel pump bahan bakar saat poros nok atau camshaft diputar.

    Dengan pemahaman mendalam tentang camshaft, pemilik kendaraan dapat lebih menghargai peran krusialnya dalam menjaga performa mesin.

    Perawatan yang tepat akan memastikan camshaft terus mendukung kinerja mesin secara optimal, menjadikan pengalaman berkendara lebih aman dan nyaman.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait