Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriIni Spesifikasi dan Harga Toyota GR 86, Mobil Sport dengan Mesin Lebih...

    Ini Spesifikasi dan Harga Toyota GR 86, Mobil Sport dengan Mesin Lebih Bertenaga

    Toyota GR 86 menjadi salah satu mobil sport coupe idaman yang cocok untuk memenuhi hasrat hobi berkendara dengan gaya yang keren.

    JAKARTAMobil yang pertama kali dirilis tahun 2012 ini merupakan kolaborasi Toyota dan Subaru yang diberi nama Toyota 86.

    Selain di Indonesia, mobil ini memiliki nama lain Toyota GT-86 untuk Eropa dan Scion FR-s di Amerika Serikat. Lalu Subaru sendiri menjual mobil ini dengan nama Subaru BRZ.

    Mobil tipe sport ini menggunakan mesin Boxer 2.0 liter dengan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) yang terinspirasi dari Corolla Levin dan mobil ikonik Sprinter Trueno AE86 yang terkenal dengan sebutan Hachiroku yang ada pada serial Anime Initial-D.

    Baca juga: Kehebatan Subaru BRZ yang Ludes Dalam 1 Jam di GIIAS 2022

    Seperti inspirasinya, Trueno AE86 merupakan salah satu mobil drift terbaik pada masanya.

    Resmi muncul pada April 2021 kemarin, Toyota GR 86 ini nuansa sportnya semakin terasa dan memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai mobil tipe sport, Toyota GR 86 sengaja didesain untuk performa berkendara tingkat tinggi dengan tenaga besar serta konfigurasi mesin depan memakai penggerak roda belakang yang responsif.

    Sampai saat ini mobil yang banyak dimanfaatkan untuk mobil balap ini telah mencapai 200.000 unit penjualan sejak tahun 2012.

    Tidak hanya di pasar Indonesia, mobil ini pun memiliki penggemarnya tersendiri di seluruh dunia dengan penampilan serta performanya yang mumpuni.

    SpesifikSasi Toyota GR 86

    Pada 2021 lalu, Toyota GR 86 resmi diperkenalkan dengan performa mesin bertenaga dan tampilan yang semakin mewah. Mobil versi terbaru ini memang sudah memiliki penggemar tersendiri.

    Sebagai mobil tipe sport coupe, mobil ini menggendong mesin bertipe 4-cylinders, horizontally-opposed, berteknologi DOHC, 16-valves. Memiliki kapasitas mesin  2.387 cc dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 235 PS pada putaran 7.000 rpm.

    Untuk torsi maksimum yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 250 Nm pada putaran 3.700 rpm dengan menggunakan bahan bakar kandungan oktane RON 98 atau lebih. Kapasitas tangki Toyota GR 86 ini mampu menampung bahan bakar hingga 50 liter.

    Konsumsi bahan bakar untuk dalam kota 9,3 km per liter, kalau luar kota 12,75 km per liter. Mobil ini pun mampu melesat dengan kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,3 detik, lebih cepat dari model sebelumnya yang mencatat waktu 7,4 detik.

    Dari sisi dimensi Toyota GR 86 hadir dengan panjang 4.265 mm, lebar 86 1.775 mm dan tinggi adalah 1.310 mm. Mobil ini memiliki jarak poros sebesar 2.575 mm dengan Ground Clearance 130 mm.

    Baca juga: All New Toyota GR86 Mobil Sport Sangar di GIIAS 2022

    Bagian interior Toyota GR 86
    Interior dalam Toyota GR 86

    Interior 

    Sebagai mobil tipe sport coupe, Toyota GR 86 kenyamanan interiornya tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Kenyamanan dan kemewahan berpadu menjadi satu dengan kesan sporty yang terlihat pada bagian dasbor yang terpasang.

    Beberapa fitur canggih pun disematkan pada Toyota GR 86 layaknya mobil balap pada umumnya. Saat memasuki kabin, kamu disuguhkan perpaduan dua warna di dalam mobil ini yang menjadikan lebih berkesan dan semakin menarik.

    Bahkan pada bagian audionya juga disematkan premium speaker JBL yang menghasilkan kualitas suara terbaik. Maka dari itu, Anda yang memiliki mobil ini sebenarnya sudah tidak perlu memodifikasi bagian audionya.

    Pada sisi entertainment sudah disematkan 8″ Head Unit with Smartphone Connectivity yang akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan karena hadirnya fitur multimedia yang satu ini.

    Berbeda dengan fitur pada mobil biasanya, pada Toyota GR 86 ini ada fitur Air Purifier yang akan menjaga kualitas udara di dalam kabin.

    Baca juga: Spesifikasi Toyota Supra MK4, Mobil Ikonik dalam Film Fast and Furious

    Eksterior Toyota GR 86
    Tampilan Toyota GR 86

    Eksterior

    Pada bagian eksteriornya, Toyota GR 86 ini memiliki daya tarik utama ketika dilihat pertama kali. Setidaknya ada 7 warna pilihan yang ditawarkan pada varian Toyota GR 86 ini. Ditambah lagi penampilan aerodinamis dengan gaya modern, Toyota GR 86 bakal langsung menjadi perhatian saat di jalanan.

    Pada bagian depan, mobil langsung menarik perhatian dengan Prominent Front Bumper Spoiler & Grille membuat tampilan depan mobil ini terlihat mewah. Terlihat pada sisi depan terdapat Exquisite LED Headlamp yang membuat semakin stylish dan modern.

    Selain itu bumper dan grille Toyota GR 86 ini ternyata bukan hanya sebagai hiasan namun menjadi salah satu fungsi pada mobil yang memengaruhi desain aerodinamis-nya. Pada bagian depan ini juga tidak lupa terpasang logo GR Sport sebagai pelengkap.

    Bukan hanya bagian depan, pada bagian belakang pun didesain sangat menarik dan fungsional untuk meningkatkan performa, salah satunya dengan terpasangnya Powerful GR Rear bumper Spoiler.

    Tidak kalah penting dan cukup banyak menjadi penarik perhatian, mobil ini sudah menggunakan velg Black Matte 18″ Alloy Wheel sehingga Anda tidak perlu memodifikasinya atau menggantinya dengan velg mewah lain. 

    Baca juga: 6 Mobil Sport Jepang yang Jarang Diketahui Banyak Orang

    Fitur mobil Toyota GR 86

    Fitur keamanan yang disematkan pada Toyota GR 86 patut diacungi jempol. Sebagai mobil sport, keamanan dalam berkendara tentu menjadikan kenyamanan bagi para pengemudi.

    Di dalam mobil ini telah disematkan fitur Automatic High Beam (AHB) yang mendeteksi lampu depan dan belakang dari kendaraan yang berada di depan serta belakang mobil. Selain itu juga berfungsi untuk memberikan deteksi dini sebelum terjadi tabrakan. 

    Mobil ini memiliki desain yang memaksimalkan aliran udara dari depan ke kebelakang untuk memperkuat down force. Hal ini akan memudahkan pengendalian saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

    Selain itu untuk fitur keamanan mobil saat ditinggalkan, Toyota GR 86 ini bisa terkoneksi dengan Toyota, sebuah aplikasi yang memberikan kenyamanan kepada Anda agar mudah untuk menemukan mobil, informasi mobil, bahkan keamanan saat mobil dicuri. Tentunya Anda dapat meninggalkan mobil sport ini dengan pikiran tenang.

    Baca juga: 9 Mobil Tercepat Buatan Jepang yang Bikin Semakin Diperhitungkan Dunia

    Harga Toyota GR 86 Baru dan Bekas

    Untuk saat ini Toyota GR 86 baru bisa Anda dapatkan dengan harga Rp922.000.000 untuk pilihan transmisi M/T dan untuk tipe transmisi A/T harga Toyota GR 86 ini dibanderol dengan harga Rp938.500.000.

    Toyota GR 86 ini menjadi mobil dengan harga jual yang stabil. Bahkan menjadi mobil yang tidak “jatuh” harga jualnya karena memang layak menjadi mobil untuk dikoleksi. 

    Untuk mobil bekasnya dengan tahun pembuatan lebih lama, seperti tahun 2019 memiliki rentang harga sebagai berikut:

    • Toyota 86 2.0 2019 : Rp475 jutaan – Rp650 jutaan.
    • Toyota 86 TRD 2019 : Rp500 jutaan – Rp700 jutaan.

    #PilihYangPasti, tentunya mobil ini pun bisa didapatkan melalui OLX Autos. Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. 

    Semua unit mobil tersebut memiliki kondisi yang prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait