Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MotorSeperti Apa Suzuki Saluto 125? Yuk Cek Harga dan Spesifikasinya

    Seperti Apa Suzuki Saluto 125? Yuk Cek Harga dan Spesifikasinya

    Apakah Anda salah satu yang sudah pernah mendengar tentang Suzuki Saluto 125? Yap, salah satu motor produksi Jepang ini, cukup menarik perhatian karena desainnya yang mirip dengan Vespa dan Lambretta. Dua motor dengan desain klasik modern didukung fitur canggih, tentu menjadi dambaan setiap orang.

    Pertama kali motor ini rilis pada akhir 2019 di Taiwan dengan harga sekitar 40 jutaan dalam mata uang rupiah. Nah, sampai saat ini, motor yang satu ini belum masuk ke Indonesia karena beberapa pertimbangan, salah satunya harga.

    Tapi, penasaran nggak sih, semenarik apa motor matic yang ciamik ini? Yuk kita kupas tuntas spesifikasi dan harga Suzuki Saluto 125. 

    Desain Suzuki Saluto 125

    Oke, kita mulai dari desainnya. Motor asal Jepang yang didesain oleh desainer asal Italia bernama Massimo Tartarini ini, memang mirip dengan desain Vespa dan Lambretta, hampir di setiap sisi bodinya. 

    Anda bisa lihat dari bagian depan Suzuki Saluto 125. Sisi depannya telah dibekali dengan LED headlight dengan frame krom, kemudian terdapat LED DRL, dan juga lampu sein yang seluruhnya didesain ala klasik modern.

    Tidak hanya pada bagian depannya saja, bagian belakang pun juga sama. Nuansa motor ala Eropa begitu kental menempel di motor ini. Kenapa begitu? Karena bodi rectangular Suzuki Saluto 125, dipadukan dengan LED taillight U-space. Satu hal lagi yang menarik, behel belakangnya tampak sederhana dengan balutan krom.

    Baca juga: Siap Saingi Kelincahan Honda BeAT, Suzuki Jual Avenis 125 di Indonesia

    Desain bagian depan dan bagian belakang sudah, selanjutnya kita bergeser ke bagian bawah, alias kaki-kakinya. Untuk bagian bawah Suzuki Saluto ini, menggunakan ban gambot. Kemudian untuk peredam kejutnya, menggunakan suspensi teleskopik tapi di bagian depannya, nah untuk bagian belakang menggunakan dual-suspension. 

    Selanjutnya dalam upaya menunjang keselamatan, Suzuki membekali pengereman motor ini dengan rem cakram untuk area depan. Sedangkan untuk area belakang, motor ini masih menggunakan rem tromol.

    Meskipun salah satu bagiannya masih menggunakan tromol, tapi sistem pengeremannya telah menggunakan Anti-Lock Braking System (ABS). Tujuannya, agar pengendara merasa nyaman dan aman ketika berkendara.

    Bukan cuma sistem ABS saja, namun ada juga sistem CBS terpasang pada Saluto 125 ini. Fungsi dari CBS sendiri adalah untuk menyeimbangkan antara rem depan dan juga rem belakang.

    Eksterior Suzuki Saluto 125 

    Fitur Suzuki Saluto 125

    Setelah bahas desainnya, sekarang kita bahas fitur-fitur yang ada di motor ini. Nah, Suzuki menyematkan remote keyless yang dapat digunakan untuk menyalakan motor, kemudian membuka tutup tangki, juga membuka jok pada Saluto. Kerennya lagi, remote keyless ini bisa diaktifkan ketika jarak motor dengan penggunanya sejauh 1,5 meter lhoo.

    Kemudian untuk bagian depan ada dasbor yang tampil dengan berbagai fitur. Salah satu fitur yang bisa Anda nikmati adalah kenop, yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin, kemudian ada juga colokan USB 5V2A untuk fast charging, tentu memudahkan mobilitas penggunaan gadget Anda.

    Untuk panel Instrumennya, di motor ini hadir dengan logo S ala Suzuki di bagian tengah. Panel ini berisi beberapa informasi terkait berkendara, mulai dari, jarak tempuh (odometer), jam, lampu sein, kecepatan kendaraan (speedometer), sampai volume bahan bakar.

    Nah, jika Anda ingin mengatur panel tersebut, Suzuki sudah menyediakan tombolnya di bagian kanan setang. Selain itu, terdapat juga gantungan barang untuk memudahkan aktivitas harian Anda.

    Baca juga: Suzuki GSX-R150 Kini Punya Livery Edisi MotoGP 2020, Ini Harganya

    Spesifikasi Suzuki Saluto 125

    Selanjutnya adalah bagian mesin. Seberapa menarik kah mesin dari Suzuki Saluto 125 ini? Soalnya, ketika kemunculannya, nama Suzuki Saluto 125 bisa langsung melambung tinggi. Banyak yang bilang kalau motor ini akan mampu mematahkan dominasi dari skuter klasik modern besutan Honda yaitu Scoopy.

    Mari kita bedah. Untuk jantung pacunya, Suzuki Saluto 125 menggunakan mesin 1-silinder berkubikasi 124cc. Nah, dari mesin tersebut, motor ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 9.4 Ps dan torsi 10 Nm. Menarik bukan? 

    Untuk spesifikasinya, motor ini memiliki dimensi; 

    • Panjang 1.805 mm, 
    • Lebar 690 mm, 
    • Tinggi 1.090 mm, 
    • Jarak sumbu roda 1.250 mm, 
    • Tinggi tempat duduk 760 mm, 
    • Berat motor 114 kg.

    Untuk spesifikasi mesinnya, sebagai berikut;

    • Mesin: 1-silinder 124 cc SOHC berpendingin udara
    • Performa: 9,4 Ps/7.000 rpm (tenaga), 10 Nm/6.000 rpm (torsi)
    • Ukuran Ban: 100/90-10 56J (depan/belakang)
    • Rem: Rem Cakram Hidrolik Tunggal (depan), Rem drum mekanis (belakang)
    • Tangki: 5.5 liter

    Baca juga: Kapan Motor Trail Suzuki DR150 Meluncur ke Indonesia?

    Harga Suzuki Saluto 125

    Jika membicarakan harga, tentu motor ini tidak akan bersaing dengan Vespa dan Lambretta, mengingat desainnya yang cukup mirip, tapi Suzuki Saluto akan bersaing dengan motor-motor retro besutan Yamaha dan Honda, seperti Fino dan Scoopy.

    Tapi, hal tentu kalau melihat dari harga yang sudah rilis di Taiwan, Suzuki Saluto tentu lebih mahal dibanding keduanya. Oke, berikut daftar harganya: 

    • Suzuki Saluto Klasik (80.000 TWD/Rp 41.200.000)
    • Suzuki Saluto Luca Green/Genoa Red (83.800 TWD/Rp 43.100.000)
    • Suzuki Saluto Bologna Rose Gold/Naples Dark Blue (81.000 TWD/Rp 41.700.000)

    Gimana, cukup mahal bukan?

    Untuk kelebihannya, Suzuki Saluto memiliki tampilan yang unik, lucu, dan juga tidak membosankan. Kemudian fitur yang lengkap dengan penggunaan ABS dan CBS, membuat motor ini akan memiliki banyak peminat. 

    Nah untuk kekurangannya, jika di Taiwan saja harganya sudah mencapai 40 jutaan, ketika masuk ke Indonesia jadi berapa yaa? Hmm, harga segitu tentu saja harga yang cukup mahal. So, dengan spesifikasi Suzuki Saluto 125 ini, Anda bisa menentukan sendiri yaa, apakah oke untuk dibeli nantinya, atau tidak.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait