Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    MobilSebelum Beli, Cek Dulu Keunggulan dan Kekurangan Suzuki Splash

    Sebelum Beli, Cek Dulu Keunggulan dan Kekurangan Suzuki Splash

    Irit BBM menjadi salah satu keunggulan Suzuki Splash.

    News.OLX – Bagi kamu yang tengah mempertimbangkan untuk membeli Suzuki Splash bekas, tidak ada salahnya memahami keuntungan dan kekurangan mobil ini. 

    Suzuki Splash, mobil yang pertama kali memasuki pasar otomotif Indonesia pada tahun 2010. Awalnya model ini hadir hanya memiliki dua model yakni tipe standar dan GL. 

    Suzuki Splash memiliki fitur keselamatan standar seperti ABS, EBD, dan child lock.

    Hingga pada tahun 2016 sebelum Suzuki menghentikan penjualan Splash, mobil ini sudah memiliki empat varian, yakni Suzuki Splash AT, Suzuki Splash GL, Suzuki Splash GL A/T, dan Suzuki Splash M/T. 

    Baca juga: Mudah, Begini Cara Bawa Mobil Matic Buat yang Baru Belajar Nyetir

    Nah untuk kamu yang penasaran dengan keunggulan dan kekurangan Suzuki Splash, berikut ulasan lengkapnya.

    Keunggulan Suzuki Splash

    Suzuki Splash memiliki keunggulan yang patut dijadikan bahan pertimbangan dalam membeli. Apa saja itu?

    Konsumsi BBM irit

    Salah satu keunggulan Suzuki Splash adalah efisiensi bahan bakarnya. Teknologi drive-by-wire dan sistem sensor ECM (electronic control module) memainkan peran penting dalam mengoptimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada mobil ini. 

    Baca juga: Awas Salah Hitung! Segini Ukuran Untuk Garasi Mobil

    Misal pada Suzuki Splash keluaran 2011, dengan mesin 1.197 cc 4 silinder dengan tenaga sebesar 85 ps dan torsi 113 Nm. Suzuki Splash yang juga tersedia dalam dua pilihan transmisi, otomatis dan manual memiliki konsumsi BBM 19-22 km/liter.

    Harga bekas murah

    Selain itu, harganya yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri Untuk Suzuki Splash. . Misal pada Suzuki Spalsh varian GL tahun 2011 dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 60 – 80 jutaan, menjadikannya pilihan yang ekonomis bagi banyak calon pembeli.

    Interior lapang

    Keunggulan Suzuki Spash lainnya adalah interiornya yang lapang. Meskipun terlihat kompak dari luar, Suzuki Splash memiliki interior yang lapang di kelasnya. Ketinggian atap memberikan kesan lega dan kabin yang cukup luas untuk menampung penumpang dengan nyaman. 

    Suzuki Splash memiliki kapasitas bagasi 178 liter yang dapat diperluas menjadi 573 liter apabila kursi belakang dilipat.

    suzuki splash (1)

    Sparepart berlimpah

    Poin penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan berlimpah. Hal ini lantaran Suzuki memiliki jaringan diler dan bengkel resmi yang luas di seluruh Indonesia, jadi memudahkan perawatan dan penggantian suku cadang mobil. 

    Berbagai pilihan kualitas sparepart, mulai dari genuine hingga KW, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, seperti halnya setiap mobil, Suzuki Splash juga memiliki beberapa kekurangan. 

    Kekurangan Suzuki Splash

    Selain menawarkan berbagai keunggulan, Suzuki Splash juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut diantaranya.

    Jok kurang nyaman

    Kenyamanan jok Suzuki Splash kurang nyaman lantaran sedikit keras. Hal ini tentunya akan mempengaruhi perjalanan atau berkendara, terlebih dalam kondisi lama.

    Tapi kondisi ini dapat diperbaiki dengan modifikasi sederhana, seperti penambahan busa jok. 

    Fitur hiburan dan keselamatan seadanya

    Pada tahun-tahun awal kemunculannya system hiburan Suzuki Splash terbilang minim. Hanya terdapat radio, pemutar musik CD atau USB, dan AUX. 

    Baca juga: Hadiah Jimny Diserahkan ke Pemenang Suzuki Triple Surprise

    Tidak ada pilihan head unit double din berlayar touchscreen yang bisa membuat mobil terasa menarik. Bahkan pada MID, baru menggunakan layar digital pada model-model akhir.

    Beberapa kekurangan lainnya meliputi tidak adanya wiper belakang dan defogger, serta minimnya fitur keselamatan seperti airbag untuk mobil dengan model keluaran tahun 2010 ke atas.

    Bagaimana? Kamu tertarik untuk memiliki mobil ini? Pastikan untuk mempertimbangkannya dengan matang, ya!

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait