OLX News – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali menegaskan komitmennya dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi melalui penerapan prinsip Built-in Quality yang berlandaskan Customer Voice, dalam rangkaian acara Customer Month 2025 yang digelar di Plant 1 TMMIN, Karawang.
Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan distributor dari Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, hingga Amerika Utara, serta jajaran manajemen Toyota Motor Corporation (TMC), PT Toyota-Astra Motor (TAM), dan para mitra strategis lainnya.
“Customer Month merupakan bentuk nyata komitmen Toyota dalam menjaga kualitas produksi dan layanan kepada pelanggan global. Kami mengedepankan prinsip 100% Quality Assurance untuk menjamin kenyamanan, keselamatan, dan kemudahan layanan,” ujar Bob Azam, Wakil Presiden Direktur TMMIN dalam keterangan tertulis resmi, Selasa (10/6/2025).
Fokus pada Kualitas dan Tanggung Jawab

TMMIN mengusung prinsip 3M (Tidak Menerima Cacat, Tidak Membuat Cacat, Tidak Meneruskan Cacat) yang menjadi pondasi tanggung jawab kualitas di seluruh lini produksi.
Presiden Direktur TMMIN, Nandi Julyanto, menambahkan bahwa seluruh proses produksi Toyota dijalankan dengan sistem kendali mutu ketat untuk memastikan tidak ada kompromi terhadap standar kualitas.
“Kami menerapkan sistem transparan dan siap menangani isu kualitas dengan cepat. Kami ingin pelanggan merasa aman dan percaya,” ujarnya.
Pabrik Toyota di Indonesia ini juga menekankan pentingnya program jaminan pasca-penjualan, seperti Customer Service Campaign atau recall, sebagai bagian dari komitmen terhadap keselamatan konsumen.
“Kami melihat recall sebagai langkah bijak untuk menjaga kepercayaan pengguna,” tambah Bob Azam.
Pengembangan SDM Sebagai Pilar Kualitas

Dalam mendukung kualitas produk, TMMIN terus mengembangkan kompetensi karyawan melalui program berkelanjutan seperti Quality Control Circle (QCC), Suggestion System (SS), dan Quality Control Project (QCP) yang mengedepankan filosofi Kaizen (perbaikan berkelanjutan).
“Kami percaya, membentuk SDM yang unggul adalah kunci untuk menghasilkan produk unggulan. Filosofi ‘We Make People Before We Make Product’ menjadi fondasi pengembangan talenta di TMMIN,” jelas Bob Azam.
Melalui penerapan Built-in Quality dan semangat Continuous Improvement, TMMIN berkomitmen untuk terus berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif nasional serta menjawab tantangan pasar global dengan standar kualitas tertinggi. (Z)