Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKetahui Usia Pakai Wiper Mobil Jepang dan Eropa

    Ketahui Usia Pakai Wiper Mobil Jepang dan Eropa

    Rangka wiper mobil yang rusak atau bengkok dapat membuat kinerjanya tidak maksimal.

    News.OLX Wiper mobil memiliki fungsi sebagai pembersih kaca yang sangat memudahkan pengemudi, terutama dalam kondisi hujan dan berkabut. Tapi tahukah kamu jika wiper mobil juga memiliki usia pakai, sama seperti komponen lainnya. 

    Penggantian wiper mobil umumnya dilakukan bersamaan dengan perawatan berkala yakni 6 sampai 12 bulan sekali. Hal ini pun berlaku untuk mobil Jepang dan Eropa. 

    Mengutip laman resmi Toyota, dikatakan wiper mobil memiliki batas usia yang tergolong pendek lantaran kondisinya yang sering terpapar cuaca ekstrim di luar ruang. Dimana wiper mobil berhadapan langsung dengan cuaca panas, hujan hingga kotoran.

    Baca juga: Body Repair Untuk Mobil Bekas, Berapa Biayanya?

    Efeknya membuat karet wiper mobil menjadi lebih cepat mengeras dan tingkat kelenturannya akan berkurang.

    Jika dipaksakan, dikhawatirkan akan membuat baret pada kaca mobil jika tetap digunakan. Selain mengacu pada waktu, pergantian karet wiper mobil bisa terjadi karena:

    Karet rangka wiper mobil rusak

    Ketika karet wiper retak atau rusak, maka akan menimbulkan bunyi yang dihasilkan saat karet wiper bergesekan dengan kaca mobil. Sehingga mengakibatkan kaca mobil Kamu menjadi lecet-lecet.

    Baca juga: Dongkrak Tampilan Avanza Lama Kamu dengan Velg Ring 17!

    Sedangkan rangka wiper yang rusak atau bengkok dapat membuat kinerjanya tidak maksimal. Sehingga kaca tidak akan bersih sepenuhnya, karena akan ada beberapa bagian dari permukaan kaca mobil yang tidak mampu dibersihkan oleh wiper.

    Untuk melihat rangka wiper rusak atau bengkok, Kamu bisa nyalakan wiper dengan kecepatan yang paling rendah. Jika wiper bengkok maka akan ada permukaan kaca mobil yang tidak dibersihkan sama sekali.

    wiper mobil (3)

    Karet retak dan getas

    Penyebab karet mobil harus diganti lainnya adalah karena getas dan retak. Sehingga penting untuk langsung mengganti komponen karet ini, supaya performa wiper mobil lebih optimal.

    Hasil sapuan sudah tidak bersih

    Wiper bertugas untuk membersihkan kaca dari air atau kotoran yang menempel. Jika pada praktiknya proses penyekaan ini tampak tidak bersih, maka hal tersebut menandakan wiper sudah harus dicek dan diganti komponennya jika diperlukan.

    Muncul bunyi tidak Normal

    Pada umumnya, saat wiper bekerja membersihkan kaca mobil akan ada suara khas motor bekerja atau suara dari karet yang menyeka kaca. 

    Baca juga: Tidak Punya SIM, Berapa Denda yang Dikenakan?

    Namun jika ada suara tidak normal seperti suara gesekan, menurut Hyundai bisa jadi karet sudah tidak melakukan kontak secara optimal.

    Timbul garis air di kaca mobil

    Tanda wiper mobil harus diganti selanjutnya yaitu jika sudah timbul garis air. Hal ini bisa diketahui ketika wiper sedang dinyalakan. 

    Apabila kinerja wiper malah menimbulkan garis air, maka kamu harus waspada. Karena efeknya, penglihatan kamu akan cenderung lebih sulit karena terhalang oleh garis air tersebut.

    Baca juga: Ini Alasan Mobil Bekas Tidak Pernah Sepi Peminat

    Jangan sampai pandangan terganggu ketika sedang membawa mobil. Dengan mengganti karet, maka Kamu tetap bisa fokus dalam melihat jalanan ketika sedang hujan.

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait