Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWaspadai Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

    Waspadai Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

    Getaran yang terasa pada setir mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi bukanlah pengalaman yang menyenangkan.  

    News.OLX – Hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada kendaraan, dan penting bagi pengemudi untuk memahami penyebabnya serta langkah yang harus diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

    Lantas apa saja penyebab getaran yang terasa pada setir mobil? Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa faktor yang bisa menyebabkan getaran pada setir mobil saat melaju cepat serta tindakan yang perlu diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

    1. Ban yang tidak seimbang

    Salah satu penyebab paling umum dari getaran pada setir mobil saat kecepatan tinggi adalah ketidakseimbangan pada ban. 

    Ketidakseimbangan terjadi ketika berat ban tidak didistribusikan dengan baik, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pemasangan ban yang tidak benar, keausan ban yang tidak merata, atau perubahan bentuk ban. 

    Baca juga: CEK FAKTA! Ban Eco Bisa Bikin Irit BBM?

    Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan getaran yang terasa pada setir. Hal ini kemungkinan besar akan semakin terasa saat kecepatan kendaraan meningkat.

    Namun, jangan khawatir. Jika kamu mengalami getaran yang signifikan pada setir mobil kamu, disarankan untuk segera memeriksakan kondisi ban kamu ke bengkel yang kompeten. 

    Proses balancing ban yang dilakukan oleh teknisi profesional dapat mengatasi masalah ketidakseimbangan ini dan mengembalikan keseimbangan pada ban, sehingga mengurangi atau menghilangkan getaran.

    2. Masalah pada suspensi

    Sistem suspensi yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menjadi penyebab getaran pada setir mobil. Suspensi yang aus, kendor, atau rusak dapat menghasilkan getaran yang ditransmisikan ke setir, terutama saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. 

    Komponen suspensi yang perlu diperiksa meliputi per, stabilizer bar, bantalan suspensi, atau pegas.

    Baca juga: 8 Kiat Mengemudi Ini Bisa Bikin Mobil Irit BBM

    Jika kamu mencurigai adanya masalah pada sistem suspensi kendaraan kamu, sangat penting untuk segera memeriksakan kendaraan ke bengkel yang dapat melakukan pemeriksaan mendalam dan perbaikan yang diperlukan pada suspensi. Memperbaiki masalah suspensi dapat mengembalikan kenyamanan dan stabilitas kendaraan kamu.

    setir mobil 2

    3. Roda yang tidak seimbang atau rusak

    Salah satu roda kendaraan yang tidak seimbang atau rusak juga dapat menyebabkan getaran pada setir saat kecepatan tinggi. 

    Penyebab umum meliputi roda yang tidak seimbang setelah terkena benturan, roda yang bergesekan pada rem yang aus, atau roda yang bengkok atau retak akibat kecelakaan atau kerusakan lainnya.

    Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Penting untuk secara berkala memeriksa kondisi roda kamu, termasuk pemeriksaan keseimbangan dan kerusakan pada velg. Jika kamu mencurigai adanya masalah pada roda atau velg, segera lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan.

    4. Masalah pada sistem rem

    Sistem rem yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menjadi penyebab getaran pada setir mobil saat kecepatan tinggi. Ketika komponen rem, seperti cakram atau drum, aus atau tidak rata, getaran dapat ditransmisikan melalui setir, terutama saat mengerem pada kecepatan tinggi.

    Baca juga: Mobil Hybrid vs Turbo, Mana yang Lebih Irit BBM?

    Jika kamu mengalami getaran saat mengerem, segera periksakan sistem rem kendaraan kamu ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki. Pastikan untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen rem sesuai dengan panduan produsen kendaraan kamu.

    5. Komponen steering yang aus atau rusak

    Komponen-komponen di sistem kemudi yang aus atau rusak, seperti tie rod atau ball joint, juga dapat menyebabkan setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Ketidaksempurnaan pada komponen-komponen ini dapat mengganggu keseimbangan dan stabilitas setir, sehingga menghasilkan getaran.

    Untuk mengatasinya, pastikan untuk secara berkala memeriksa dan merawat komponen-komponen dalam sistem kemudi kamu. Jika ditemukan masalah pada komponen ini, segera lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan untuk menjaga kinerjanya.

    Baca juga: Melirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Itu adalah beberapa hal yang menjadi penyebab setir mobil bergetar. Penting untuk diingat bahwa getaran pada setir mobil saat kecepatan tinggi bukanlah masalah yang sepele. 

    Getaran ini dapat menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius dengan kendaraan kamu. Jika getaran berlanjut atau semakin parah, segera memeriksakan kendaraan kamu ke bengkel yang kompeten untuk diperiksa dan diperbaiki.

    Selain itu, melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada kendaraan kamu secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya masalah ini. Dengan menjaga kendaraan dalam kondisi yang baik, kamu dapat menghindari gangguan dan meningkatkan keselamatan dalam berkendara. 

    Dapatkan berbagai informasi menarik seputar dunia otomotif, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat hanya di OLX Member of ASTRA.

    Cari mobil bekas berkualitas incaranmu hanya di OLX dengan mengaksesnya lewat aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait